5 Cara Cek Saldo Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan dengan Cepat & Mudah

Cek Saldo Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan – Sebagai pekerja, kita tentu sudah amat mengenal dengan yang namanya BPJS Ketenagakerjaan. Kita bahkan menjadi bagian sebagai peserta di dalamnya. Kita juga sudah amat mafhum jika tiap bulan gaji kita dipotong untuk membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Perlu diketahui bahwa BPJS Ketenagakerjaan merupakan ganti dari Jamsostek sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS. Program-program yang dulu diselenggarakan oleh Jamsostek dialihkan ke BPJS. Misalnya saja program Jaminan Hari Tua (JHT), program Jaminan Kematian (JKM), program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Pensiun (JP).

Khusus untuk program Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku besar iurannya adalah 5,7% dari total gaji pokok pekerja. Dimana iuran tersebut dibagi menjadi dua pemberi kerja menanggung 3,7 persen dan pekerja menanggung 2 persen.

Cek Saldo Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan

Nah setelah sekian lama membayar iuran JHT lewat gaji dipotong, tentu kamu penasaran sudah berapa saldo yang terkumpul sekarang ini. kira-kira sudah cukup untuk modal usaha atau belum ya? Untuk itu cobalah cek saldo jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan kamu sekarang juga.

Walaupun memang biasanya tiap setahun sekali pihak perusahaan memberi tahu saldo kamu. selain bisa lebih update, ini juga sebagai bentuk pengawasan pada perusahaan dimana kamu bekerja.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tidak lagi harus mendatangi kantor BPJS atau Jamsostek langsung. Melainkan ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. lewat tulisan ini, akan saya jelaskan beberapa cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS

Bisa dibilang bahwa cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS adalah cara yang paling mudah dan menjadi pilihan banyak peserta. Sebab cara ini bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja.

Sesuai dengan yang tertera pada Buku Panduan Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ada di website BPJS, maka untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS bisa kamu lakukan dengan:

  • Pertama-tama silakan buka hp kamu, tentu kamu harus memiliki pulsa untuk biaya SMS.
  • Lalu REG # No KPJ # Tanggal lahir # Nama ibu kandung, dan kirim ke 08111009696. Tujuanya adalah untuk mendapatkan nomor ID.
  • Silakan tunggu beberapa saat sampai kamu mendapatkan balasan dari operator BPJS. Setelah kamu mendapatkan balasan yang berisi nomor ID kamu, baru lakukan langkah selanjutnya. Bisanya hanya butuh beberapa menit saja untuk mendapatkan balasan. Setelah itu masukkan SALDO # Nomor ID kamu lalu kirim ke nomor yang sama.

Baru setelah itu, kamu akan mendapatkan balasan SMS berupa informasi mengenai jumlah saldo JHT Anda.

Nah khusus untuk kamu para pengguna setia GSM Telkoomsel, XL dan Indosat, selain menggunakan cara diatas, kamu bisa gunakan format SMS lainya yang lebih mudah untuk cek saldo BPJS kamu. caranya:

  • Ketik DAFTAR lalu kirimkan SMS ke 2757
  • Tunggu beberapa saat, kamu akan dapat balasan berisi beberapa menuyang bisa kamu pilih mulai dari cek saldo, ganti PIN, ganti hp, hingga status BPU.
  • Karena kamu ingin cek saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengirim SMS balasan dengan format: SALDO (spasi) NOMOR PESERTA, kirim ke nomor yang sama.
  • Dalam beberapa saat, kamu akan mendapatkan SMS balasan yang berisi informasi soal tanggal terakhir iuran, nilai upah kamu, dan posisi terakhir saldo.

Untuk lebih jelas, kamu bisa lihat gambar di bawah ini. Sekadar info saja, untuk cek saldo BPJS melalui SMS operator Telkomsel, XL dan Indosat, kamu akan dikenai tarif Rp 165 per SMS.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS

2. Melalui Website BPJS Ketenagakerjaan

Selain melalui SMS, kamu juga bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui website BPJS Ketenagakerjaan. Hanya saja sebelum kamu bisa cek saldo, kamu harus terlebih dahulu melakukan registrasi pada Website BPJS Ketenagakerjaan. Untuk melakukan registrasi, berikut caranya:

  • Silakan buka browser kamu terlebih dahulu, terserah kamu mau gunakan browser apapun. Bisa Mozilla, Chrome, UC Browser, Opera dan lain sebagainya. Yang penting terkoneksi dengan internet.
  • Baru setelah itu kamu buka website BPJS Ketenagakerjaan dengan alamat bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Begitu sudah masuk ke halaman depan website, silakan kamu ke bawah dan temukan menu layanan peserta. Pada bagian ini kamu klik menu masuk pada bagian Tenaga Kerja. Untuk lebih jelasnya, silakan kamu lihat gambar di bawah ini.cek saldo bpjs ketenagakerjaan online 2018
  • Setelah kamu klik akan muncul dilayar pilihan BPJSTKU dan Antrian Online. Pilih yang BPJSTKU, maka kamu akan diarahkan ke halaman baru.registrasi bpjs ketenagakerjaan
  • Dihalaman baru ini, karena kamu belum memiliki akun BPJSTKU, maka terlebih dahulu kamu harus buat akun. Caranya klik Buat Akun sebagaimana gambar dibawah ini.buat akun
  • Akan ada halaman baru yang berisi form pengisian data yang harus kamu isi. Data tersebut terdiri dari Nomor KPJ Aktif (terdapat pada kartu BPJS Ketenagakerjaan kamu, jadi silakan dilihat pada kartu), Nama sesuai KTP, Nomor e-KTP, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung kamu, Nomor Handphone kamu yang masih aktif, Email aktif, dan terakhir mengisi kode keamanan.isi data diri
  • Jika semua data yang diminta telah kamu isi dengan benar, janga lupa untuk centang “Ya, Saja Setuju”. Caranya klik kotak tersebut setelah membaca ketentuan di atasnya, maka kotak akan tercentang.syarat dan ketentuan
  • Baru setelah itu kamu klik “Submit” sebagai pernyataan bahwa kamu telah setuju untuk membuat akun BPJSTKU.
  • Setelah itu tunggulah beberapa saat, kamu akan mendapatkan pesan singkat dari BPJS yang berisi PIN (sebanyak 6 digit angka). Pin inilah yang akan kamu gunakan untuk verifikasi layanan BPJS Ketenagakerjaan. Itulah mengapa kamu harus memasukkan nomor aktif pada pengisian data di atas.
  • Selain melalui SMS yang dikirim ke nomor yang kamu daftarkan, PIN juga bakal dikirimkan ke email yang kamu daftarkan.

Jika proses registrasi telah kamu lakukan dengan benar, dan kini kamu telah memiliki akun BPJS Ketenagakerjaan, selanjutnya kamu bisa kamu dengan akun yang baru saja kamu buat.

Untuk masuk ke akun kamu, caranya:

  • Pertama-tama kamu silakan kamu login di website BPJSTKU atau klik link ini https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs
  • Silakan kamu masukkan User ID/ Email yang telah kamu daftarkan, jangan lupa masukkan pula Pin yang telah kamu terima sebelumnya.login akun BPJS online
  • Setelah itu masukkan juga Kode Pengaman sesuai yang tertera. Baru setelah itu klik Masuk. Pada halaman ini juga ada menu Lupa Akun yang bisa kamu gunakan bila kamu lupa akun kamu.
  • Begitu kamu selesai login, kamu akan langsung bisa melihat informasi mengenai akun kamu. Informasi ini terdiri dari Profil yang berisi profil kamu sebaga tenaga kerja, Cek Saldo JHT yang berisi soal saldo JHT kamu, JHT Tahunan yang berisi rincian saldo JHT tahunan kamu, Simulasi JHT yang berisi simulasi perhitungan saldo JHT kamu dan E-klaim JHT yang bisa kamu gunakan untuk melakukan klaim atas JHT kamu secara online.
  • Karena kamu ingin cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan kamu, maka pilihlah “Cek Saldo JHT”. Karena ini pertama kali kamu cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, maka kamu harus terlebih dahulu menambahkan Nomor KPJ kamu, caranya dengan klik “+ tambah KPJ” yang terletak di bagian kanan atas. Ingat, Nomor KPJ adalah nomor yang terdiri dari 11 digit angka, yang tertera pada Kartu BPJS kamu.

Setalah itu, maka kamu akan lihat hasilnya. Kamu akan melihat berapa saldo tabungan JHT BPJS Ketenagakerjaan kamu sampai dengan saat ini. Cukupkah buat buka usaha?

3. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU

Demi mempermudah para peserta BPJS ketenagakerjaan, BPJS telah melakukan inovasi baru yang mengikuti perkembangan jaman. Hadirlah BPJSTKU dalam bentuk aplikasi yang bisa digunakan pada berbagai platform. Mulai dari android, iOS maupun Blackberry.

Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah. Kamu cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Silakan kamu unduh aplikasi terlebih dahulu. Untuk pengguna iOS, bisa download di Appstore, sedang untuk pengguna android bisa download di Play Store. Aplikasi bisa kamu dapatkan secara gratis. Ukuran filenya sekitar 10 MB.Melalui Aplikasi BPJSTKU
  • Setelah download, kamu bisa lanjutkan dengan buka aplikasi BPJSTKU. Baru setelah itu kamu login. Hanya saja kalau kamu belum memiliki akun yang terdiri dari User ID/Email dan PIN, kamu harus terlebih dahulu buat akun. Cara membuat akunya sama dengan cara buat kamu di website BPJSTKU.
  • Saat registrasi kamu butuh nomor KPJ aktif, nomor e-KTP, tanggal lahir dan nama lengkap. Untuk lebih detailnya, kamu bisa lihat cara daftar BPJSTKU sebagaimana cara daftar BPJSTKU nomor 2 di atas.
  • Saya anggap kamu sudah punya User ID / email dan PIN yang bisa kamu gunakan untuk login di aplikasi BPJSTKU. Maka selanjutnya silakan login di BPJSKU.
  • Untuk login, silakan kamu klik Profil yang terletak di pojok kanan bawah. Seperti gambar di bawah inicek saldo jamsostek
  • Akan muncul informasi peringatan dari BPJSTKU berisi ketentuan layanan, silakan kamu klik lanjutkan.cek saldo jamsostek 2
  • Baru setelah itu kamu masukkan Email sebagai akun kamu dan PIN kamu. setelah itu klik Login. Pada menu ini, kamu bisa juga klik Lupa akun bila kamu lupa akun kamu dan buat akun untuk yang pertama kali menggunakan BPJSTKU.Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM BNI
  • Selanjutnya pilih menu cek saldo JHT, maka kamu akan lihat nilai saldo tertera di layar smartphone kamu.

Selain bisa kamu gunakan untuk cek saldo, aplikasi BPJSTKU juga bsia kamu gunakan untuk e-claim, simulasi JHT, cek profil, dan berbagai informasi lain tentang BPJS Ketenagakerjaan kamu.

4. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM BNI

Selain cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di atas, khusus buat kamu nasabah bank BNI, kamu punya layanan khusus. Kamu bisa gunakan ATM BNI untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu. Caranya sangat gampang:

  • Silakan datang ke ATM BNI
  • Masuk sebagaimana biasanya
  • Setelah itu pilih menu cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Gampang bukan? Tapi ini hanya buat nasabah BNI ya. Semoga bank lainya ada layanan serupa juga.

5. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Kalau semua cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di atas tidak ada yang bisa kamu gunakan karena sebab tertentu. Maka satu-satunya cara yang bisa kamu gunakan adalah dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Kamu bisa berkunjung ke kantor BPJS manapun yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang paling dekat dengan kamu.

Kamu bisa datang pasa jam kerja. Walaupun memang terkadang kamu harus antri terlebih dahulu. Tapi biasanya kantor BPJS sudah cukup nyaman kog. Minimal kamu bisa mendapatkan WiFi dan minuman gratis. hanya saja biasanya banyak orang datang ke BPJS itu untuk mengurus pencairan dana JHT.

Kalau kamu malas datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dan tidak punya akses SMS atau Internet untuk cek saldo BPJS kamu, maka tak ada cara lain selain menunggu informasi dari perusahaan yang biasanya diberikan sekali dalam setahun.

Ada pertanyaan atau komentar?