Cara Backup Obrolan (Chatting) BBM Android Tanpa Root

Cara Backup Obrolan (Chatting) BBM Android Tanpa Root, Blackberry Messenger atau yang akrab disebut dengan akronim BBM adalah aplikasi media sosial yang pernah menjadi primadona di masa lalu. Aplikasi yang akrab digunakan sebagai pengirim pesan dalam bentuk chat ini, menyediakan beberapa fitur terbaik.

Beberapa fitur terbaik itu misalnya mengakomodasi kebutuhan pengguna untuk melindungi privasinya, eksis dalam komunikasi melalui chat, voice call dan video call, melindungi pesan (chat) untuk tetap tersimpan di BBM sekalipun telah dihapus dari aplikasi dan lain sebagainya.

Semua bertujuan untuk menjamin bahwa setiap kebutuhan pengguna BBM terpenuhi tanpa terkecuali. Apalagi memang tingkat persaingan antar aplikasi media sosial sekarang begitu ketat. Jika ada aplikasi media sosial yang tak mampu memnuhi kebutuhan pengguna, pasti langsung ditinggalkan dan beralih ke aplikasi yang lain.

Termasuk juga dalam urusan sepele backup data obrolan (chatting). Maka aplikasi BBM juga menyediakan fitur backup obrolan. Sayangnya, tak banyak pengguna yang memanfaatkan fitur ini. Entah karena tidak tahu fungsinya atau malah tidak tahu caranya.

Fitur Backup Obrolan di BBM

Kali ini, saya memang akan bercerita soal bagaimana cara backup obrolan atau chatting di BBM android. Tentu saja bukan tanpa alasan mengapa saya ingin menjelaskan.

Sebab dengan backup, kamu akan memperingan kinerja BBM tanpa harus menyimpan riwayat obrolan kamu di BBM. Menyimpan obrolan dalam BBM, hanya akan membuat data yang tersimpan di BBM menumpuk dan menyebabkan kinerja BBM jadi berat hingga lemot.

Backup sendiri berarti mencadangkan file tertentu di tempat lain diluar tempat file asli untuk mengembalikanya lagi kalau-kalau file aslinya terhapus atau rusak. Biasanya ini dilakukan untuk data-data penting, jadi jika nanti secara tidak sengaja menghapus data penting tersebut, file aslinya masih bisa ditemukan di ruang bacup.

Sederhanya kita menyimpan satu file ke dalam dua tempat. Misalnya kita menyimpan foto-foto di laptop dan juga di memori eksternal. Jadi jika nanti di laptop mengalami kerusakan, kita masih bisa menemukan file di memori eksternal.

Itulah mengapa backup itu penting untuk dilakukan.

Pada aplikasi BBM, fitur backup juga tersedia. Hanya saja, fitur backup ini ditujukan untuk mem-backup chat saja. jadi chat yang kamu lakukan dengan orang-orang penting dalam hidup kamu tidak akan hilang sekalipun di BBM telah kamu hapus.

Hal ini karena ketika kamu backup chat, maka cahat tersebut akan tersimpan ke email yang kamu daftarkan di BBM.

Cara Backup Obrolan BBM

Setidaknya ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk back up obrolan. Pertama, melakukan back up pada satu obrolan. Kedua melakukan backup pada semua obrolan di BBM android kamu.

Backup Obrolan BBM via Email

Baiklah, kita bahas terlebih dahulu bagaimana cara backup obrolan (satu akun) BBM, dimana backup nya akan kita simpan di email.

  • Pertama-tama, silakan kamu buka aplikasi BBM. Tentu saja harus menggunakan BBM yang telah login menggunakan akun kamu.cara backup obrolan (1)
  • Setelah itu, lanjutkan dengan memilih salah satu obrolan yang ingin kamu backup. Begitu kamu masuk ke obrolan yang ingin kamu backup, lihat dan tab ikon 3 titik yang berada di pojok kanan atas. maka kamu akan melihat berbagai pilihan menu, salah satunya “Email Obrolan”.
  • Jika kamu ingin menyimpan obrolan ke email, silakan kamu tab kata tersebut dan selanjutnya aplikasi BBM akan meminta konfirmasi email mana yang ingin kamu gunakan untuk backup obrolan. Jika Gmail, silakan Tap “Gmail” untuk melanjutkan.
  • Selanjutnya tulis email cadangan yang ingin kamu gunakan untuk mencadangkan chat via Email. Baru setelah itu, silakan kamu tab ikon segitiga yang ada pada bagian pojok kanan paling atas. selanjutnya tinggal menunggu dan biarkan aplikasi bekerja.

Penting diingat: cara ini hanya untuk mem-backup satu obrolan saja. jadi jika kamu ingin melakukan backup pada beberapa obrolan, silakan lakukan satu persatu. Atau kamu juga bisa gunakan cara di bawah ini untuk melakukan back up pada semua obrolan.

Nah fitur backup via email hanya bisa tersedia pada BBM versi terbaru. Pada tulisan ini, saya menggunakan BBM versi 3.3.11.146. Saya sarankan untuk lakukan update sesuai dengan versi yang ada saat ini.

Untuk melakukan update, kamu bisa membaca tulisan saya: Cara Memperbaruai BBM Ke Versi Terbaru

Cara Backup Semua Obrolan di BBM Android

Berikutnya, kamu juga bisa backup semua obrolan yang kamu lakukan di BBM android. caranya lebih mudah ketimbang cara yang pertama.

  • Pertama-tama, silakan kamu buka BBM android kamu.
  • Lanjutkan dengan buka menu pengaturan dengan jalan tab ikon bergambar orang yang terletak di pojok kanan paling bawah bertuliskan saya. maka kamu akan melihat sejumlah pengaturan dan akun kamu.
  • Selanjutnya, tab kata Obrolan yang terletak di bawah kata Umum.
  • Baru setelah itu, centang kata “Secara Otomatis Menyimpan Riwayat Obrolan Anda”.

Sederhana bukan? Setiap obrolan yang kamu lakukan akan secara otomatis tersimpan secara otomatis setiap 24 jam sekali. Jadi obrolan dan chat kamu yang penting tidak akan hilang.

Akhir Kata

Sekali lagi, kedua fitur di atas hanya ada pada BBM android versi terbaru. Jadi silakan update BBM kamu terlebih dahulu.

Terkadang sesuatu yang kita simpan, akan bermanfaat di kemudian hari. Semoga yang kamu simpan juga demikian.

LUPA KATA SANDI FACEBOOK? baca cara mudah reset sandi FB

Lupa Kata Sandi Facebook, Sebagai media sosial yang paling ramai dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2 milyar tiap bulan, ada banyak ulasan menarik seputar facebook....
litalia
3 min read

Cara Download Video di Facebook Lewat Hp dan PC (100%…

Cara Download Video di Facebook – Sebagai media sosial dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2 milyar tiap bulan dan terus bertambah seiring banyaknya yang...
litalia
2 min read

Cara Membuat/Mendaftar Facebook Dengan Cepat Hanya 5 Menit

Cara Membuat/Mendaftar Akun Facebook – Facebook merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna facebook paling...
litalia
2 min read