Cara Ampuh Mengatasi DP BBM Blur Atau Pecah-Pecah di HP Android, DP BBM blur atau pecah, pasti dialami oleh banyak orang. Tak terkecuali kamu dan juga saya. Jadi untuk kali ini, ijinkan saya berbagi tentang bagaimana cara mengatasi DP BBM pecah atau blur.

Setidaknya, saya menemukan dua permasalah. Pertama terkait dengan ukuran pixel gambar yang memang kecil, kedua terkait dengan dimensi gambar yang tidak sama. Dari dua masalah tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi DP BBM Blur Atau Pecah-Pecah

DP BBM Blur Karena Ukuran Foto Yang Kecil

Ada banyak penyebab DP BBM Blur atau pecah, tapi yang paling umum adalah resolusi atau dimensi foto atau gambar yang kita gunakan sebagai DP BBM terlalu kecil. Umumnya DP BBM menggunakan resolusi 800 x 800 pixel. Jadi ketika kita menggunakan gambar atau foto dengan resolusi yang lebih kecil dari 800 x 800 pixel, maka gambar tersebut akan diperbesar oleh aplikasi BBM secara otomatis.

File gambar atau foto dengan resolusi kecil tapi diperbesar secara otomatis oleh BBM akan menyebabkan foto tersebut menjadi blur atau pecah. Kalau kita ingin mengubah resolusi sebuah gambar atau foto untuk dijadikan DP, lebih baik gunakan aplikasi untuk ubah resolusi gambar. Jangan lakukan langsung melalui aplikasi BBM.

Prinsip DP BBM: Jika gambar atau foto dengan pixel kecil, maka akan diperbesar. Semetara jika pixelnya besar, maka akan diperkecil

Memang hampir tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi DP blur atau pecah akibat ukuran gambar atau foto yang terlalu kecil. Paling kamu hanya bisa sedikit memperbaikinya dengan cara berikut:

Solusi yang bisa kamu gunakan:

1. Jadikan Ukuran foto minimal 800 x 800 pixel menggunakan software edit foto di komputer

Memang di android ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengubah pixel sebuah gambar menjadi lebih besar. Tapi untuk mengubah pixel foto yang kecil menjadi lebih besar dengan sangat halus, tidak ada yang bisa mengalahkan software di komputer.

Kamu bisa gunakan beberapa software edit foto atau gambar di komputer, seperti corel draw ataupun photoshop. Pertama kamu perhalus dulu gambar atau foto yang ingin kamu jadikan lebih besar pixelnya. Setelah itu, simpan dengan ukuran yang besar.

Ketimbang corel, lebih baik kamu gunakan photoshop. Sebab software ini ditujukan untuk vektor.

2. Minta File Aslinya Ke Teman

Cara ini memang tidak akan mengubah foto atau gambar yang kamu jadikan DPBBM menjadi tidak blur atau tidak pecah. Tapi cara ini sangat ampuh mensiasati kamu memiliki DP BBM yang sama dengan kualitas yang lebih baik. Terutama bila DP BBM yang kamu gunakan adalah hasil copy DP BBM orang lain.

Sebaiknya, mintalah ke teman kamu file aslinya saja. menyimpan DP BBM teman untuk kamu jadikan DP BBM android, hampir bisa dipastikan gambarnya akan pecah dan blur. Nah, buat kamu yang belum tahu cara menyimpan DP BBM teman, silakan baca: Cara Menyimpan DP BBM

3. Ganti Yang Lain Saja

Atau kalau kamu tak ingin memiliki DP BBM yang pecah atau blur, lebih baik kamu ganti saja dengan DP yang lain tapi memiliki pesan yang sama. Toh saya pikir, tak masalah bila kita tak jadi menampilkan DP BBM tertentu bukan? Tidak akan mempengaruhi hidup kamu secara langsung.

Tapi kalau kamu masih ingin menggunakan DP tersebut, gunakan beberapa cara di atas.

DP BBM Pecah dan Blur akibat Panjang Lebar Tak Sama

Panjang lebarnya sebuah foto atau gambar yang kita gunakan sebagai DP BBM juga mempengaruhi tampilan gambar tersebut di DP BBM. Jika gambar atau foto yang kamu gunakan sebagai DP memiliki panjang dan lebar tidak sama, bisa dipatikan jika nanti kamu gunakan sebagai DP, pasti tampilan DP nya akan blur.

Prinsip Dasar:  BBM menggunakan aturan dasar DP haruslah gambar berbentuk persegi dengan pixel 800 x 800 pixel.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

1. Ubah foto jadi 800 x 800 pixel

Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengubah foto menjadi persegi dengan pixel 800 x 800 pixel. Ada banyak aplikasi android yang bisa kamu gunakan. Tapi yang paling baik adalah menggunakan software edit foto di komputer. Hasilnya jauh lebih mengesankan dan sempurna.

2. Potong bagian yang tak penting

Berikutnya, jika kamu ingin mengubah foto dengan ukuran 800 x 800 pixel, buanglah terlebih dahului bagian di sekeliling gambar atau foto yang tidak penting. Ini akan secara otomatis membuat ukuran foto atau gambar jadi berubah. Kamu bisa gunakan aplikasi tertentu untuk cropping gambar atau foto.

3. Gunakan aplikasi DP BBM agar tidak crop

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang berguna untuk membuat tampilan DP BBM tidak terpotong atau crop. Untuk cara lebih lengkapnya, kamu bisa baca: Cara Membuat DP BBM Tidak Terpotong.

Akhir Kata

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dari tulisan di atas, yaitu:

  • Foto DP BBM yang memiliki dimensi atau ukuran yang kecil, jika kamu paksakan menyebabkan foto tersebut semakin blur dan pecah saat ditampilkan sebagai DP BBM.
  • Jangan gunakan foto kiriman teman yang kamu terima melalui fitur chat di BBM android. sebab foto tersebut telah mengalami kompresi menjadi lebih kecil ketimbang foto aslinya. Lebih baik, gunakan media transfer file lainya seperti email, bluetooth, WA dan lainya.
  • Kalau kamu menggunakan aplikasi edit foto. Jangan terlalu banyak melakukan proses editing. Sebab hasilnya akan semakin buruk jika digunakan sebagai DP BBM.

Nah itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan dan ketahui jika kamu ingin membuat foto atau gambar yang kamu gunakan sebagai DP BBM android. Semoga dengan begitu, gambarnya jadi lebih baik. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan ke media sosial kami.

BAGIKAN