12 Browser Tercepat Dan Ringan Dengan Fitur Menarik

Kita tentu sepakat bahwa internet adalah kebutuhan primer, terkhusus bagi generasi millennial. Hampir tidak ada yang bisa lepas dari internet sepanjang hari. ya, memang dari internet, kita bisa menemukan apa saja. Salah satu yang amat sangat penting adalah untuk menemukan informasi.

Nah untuk mengakses informasi ini, kita butuh yang namanya browser. Browser juga bisa gunakan untuk mengakses hal lain. Browser adalah software yang bisa kita gunakan untuk mengakses informasi atau browsing, untuk chatting, untuk streaming, dan lain sebagainya.

Browser sendiri ada banyak jenisnya. Kebanyakan bisa digunakan secara multiplafform. Misalnya saja bisa digunakan di Windows, MAC OS, Android, Linux, IOS, Blackberry, dan masih banyak lagi. Bagi pengguna windows, browser paling dikenal biasanya Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Browser Tercepat dengan Fitur Menarik

Selain dua itu sebenarnya masih ada banyak sekali browser yang bisa kita pilih. Berikut akan saya bahas beberapa pilihan browser tercepat dan ringan dengan fitur menarik. Saya lengkapi pula dengan kelebihan browser tersebut.

1. Google Chrome

Browser Tercepat

Saya tidak bisa menyangkal lagi bahwa browser yang satu ini patut masuk ada dalam jajaran teratas sebagai browser terbaik. web browser yang menggunakan teknologi mesin rendering WebKit sebagai fitur utamanya mendapatkan rating tinggi karena kelengkapan fitur dan tampilanya yang sederhana.

Dengan tampilan yang minimalis inilah, Google Chrome mampu menghasilkan kecepatan tinggi saat digunakan. Baik itu untuk browsing, streaming, chatting, ataupun download. bahkan kecepatan downloadnya tak kalah dengan IDM (Internet Download Manager) yang merupakan salah satu software download terbaik.

Fitur Menarik Google Chrome

  • Bagi yang suka gonta ganti device atau perangkat, Google Chrome dilengkapi dengan fitur sinkronisasi. Fitur ini menyimpan history, cookies dan saved-password. Melalui fitur ini, sekalipun kamu ganti device, data kamu tetap tersimpan selama kamu login dengan akun yang sama.
  • Fitur pengelola tab, notifikasi web, mendukung reading PDF, tersedia flash, sinkronisasi bookmark, dukungan berbagi file ekstensi, dan masih banyak lagi.

Kelebihan Google Chrome

Dibanding dengan banyak browser lainya, Google Chrome memiliki kelebihan pada bagian kecepatan dalam browsing, memiliki banyak kontrol tab, dan juga memiliki fitur data-saver. Hanya saja, tidak tersedia dukungan add-ons.

2. Mozilla Firefox

Browser Tercepat2

Sejujurnya dibanding dengan Google Chrome saya lebih menyukai Mozilla Firefox. Laptop saja juga hanya menggunakan Firefox saja. Browser Firefox banyak jadi pilihan karena banyaknya fitur yang tersedia. Terlebih browser ini tetap ringan.

Dari segi tampilan, Mozilla firefox sedikit lebih ramai bila dibanding dengan Google Chrome. Tetapi tetap ringan dan berjalan cepat. Itulah salah satu mengapa saya menyukainya. Walaupun memang kecepatanya sedikit dibawah Chrome.

Fitur Terbaik Mozilla Firefox

Beberapa fitur terbaik yang bisa kamu nikmati dari browser ini misalnya: Reading mode, add-ons, pembaca PDF, bookmarks, sinkronisasi, notifikasi web, developer tools, reading list, pilihan tema yang banyak dan keren, dan masih banyak fitur lainnya.

Keunggulan Mozilla Firefox

Bicara soal keunggulan Mozilla Firefox, saya menemukan beberapa. Misalnya kemudahanya dalam memberikan akses ke beberapa situs top; terdapat fitur “fast sharing”, yakni fitur yang memungkinkan pengguna secara cepat mengakses ke Facebook, Twitter, Skype, dll.

3. UC browser

UC browser

Saya paling menyukai browser ini bila digunakan pada platform android. Walaupun tetap nyaman digunakan di laptop atau komputer juga. Memang UC browser bisa dibilang yang tercepat di platform Android dan IOS. Hanya saja yang di windows kalah cepat dengan beberapa browser lainya.

Fitur yang ditawarkan juga masih kalah dengan beberapa browser lainya. soal kecepatannya masih tertinggal cukup jauh dengan Chrome. Tetapi kalau kamu gunakan di android, browser ini akan sangat menyenangkan. Kamu bisa putar video hanya dengan sentuhan layar. Baik itu menambah atau mengurangi volume dan kecerahan layar.

Fitur Terbaik UC Browser

Beberapa fitur unggulan yang ada UC Browser antara lain Fast Downloads, Fun & Easy to Use, Cloud Sync, Data Compression, dan lain sebagainya. kalau di android, yang menarik adalah fitur fast downloadnya. Begitu cepat dan mengesankan.

Kelebihan UC Browser

Browser ini memiliki beberapa kelebihan, sebut saja Support ekstensi Chrome, bisa digunakan dengan cepat, mudah dikustomisasi, Ada Download manager dan lain-lain. Browser ini juga memungkinkan untuk melakukan penambahan banyak add-on.

4. Opera

Opera

Web browser berikutnya yang patut jadi pilihan kamu adalah Opera. Apa yang menarik dari browser ini? tahu tidak kalau pengembang Opera sama dengan pengembang Chrome. Makanya tak salah bila Opera memiliki tampilan dan fitur yang hampir sama dengan Chrome.

Dari segi desain, Opera mengusung konsep yang sama dengan Chrome. Sama-sama mengusung konsep bersih dan tidak terlalu ramai, beda dengan yang ada di Mozilla.

Fitur Terbaik Opera

Fiturnya tak jauh beda dengan Chrome. Tapi ada satu yang paling menarik, fitur speed dial, yakni sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mempercepat unduhan. Fitur ini berada di sidebar kiri yang sangat mudah untuk dioperasikan. Selain itu juga tersedia fitur mengubah wallpaper, list tab yang baru ditutup, dan lainnya.

Keunggulan Opera

  • Dapat memuat halaman secara cepat dan hemat data
  • Memiliki antarmuka yang intuisif;
  • Memiliki fitur integrasi keamanan.

Hanya saja, browser ini memiliki jumlah add-on yang terbatas.

5. Brave Browser

Brave Browser

Salah satu browser open source gratis terbaik yang bisa jadi pilihan kamu. khusus untuk browser ini lebih baik bila digunakan untuk platform android. Bisa kamu dapatkan di Google Play Store. Salah satu fitur unggulan browser ini adalah kemampuanya memblokir tracker, menghapus iklan dan menjaga privasi pengguna.

Intinya bila yang kamu cari adalah browser dengan tingkat keamanan yang baik, maka Brave Browser bisa jadi pilihan terbaik.

Fitur Terbaik Brave Browser

Nah kalau dibandingkan dengan beberapa browser lainya, Brave Browser memiliki beberapa fitur unggulan. Diantaranya mampu mengurangi konsumsi baterai, hemat penggunaan data dan memblokir cookie pihak ketiga. Selain itu juga ada bookmark, history, tab pribadi, tab baru, dan lain-lain.

Keunggulan Brave Browser

Beberapa keunggulan Brave Browser antara lainy:

  • Memiliki plugin yang menjaga privasi penggunanya;
  • Dapat memblokir iklan secara default;
  • Memiliki password manajer.

Sayangnya kebanyakan fitur bawaan browser ini kurang begitu menarik.

6. Safari

Safari

Berikutnya ada browser yang tidak begitu populer tetapi layak untuk dipertimbangkan, Safari. Awal kemunculanya cukup menyita pengguna android dan iOS. Selain itu, browser ini juga tersedia di PC. Kecepatan browser ini bisa dibilang cukup cepat. Selain itu juga dilengkapi dengan fitur PDF Reader.

Fitur Terbaik Safari

Beberapa fitur terbaik yang ada di Safari misalnya:

  • Perambanan melalui tab
  • Boks pencarian web
  • Penghalang Pop-up ad
  • Pemeriksa ejaan
  • Pengisian otomatis pada bentuk web
  • Terintergrasi dengan pengaturan foto iPhoto

Kelebihan Safari

Beberapa kelebihan yang ada di Safari misalnya menerapkan browser Nitro Engine, dilengkapi dengan Cover Flow dan Mendukung format modern web berbasis html 5.

7. CM Browser

CM Browser

CM Browser bisa dibilang merupakan browser untuk platform Android dengan tingkat keamanan yang baik. Terbukti dengan banyaknya apresiasi yang diungkapkan oleh para penggunanya.

Terlebih lagi, browser ini ringan dan gratis. menariknya lagi, CM Browser dilengkapi pula dengan antivirus built-in yang secara otomatis memindai saat melakukan browsing.

Fitur Terbaik CM Browser

Selain mampu mendownload berbagai jenis video langsung dari hampir semua situs, browser ini juga dilengkapi dengan:

  • Fitur blockir iklan, bookmark, dial note.
  • Fitur mode incognito, penerjemah halaman, kontrol isyarat dan lainya.
  • Juga dilengkapi dengan kemampuan secara otomatis menghapus semua riwayat browsing

Kelebihan CM Browser

  • Browser mampu memberikan proteksi untuk file yang di-download
  • Selain itu juga ringan dan dapat memuat halaman dengan cepat.

Sayangnya tidak ada add-on yang tersedia.

8. Flynx

Flynx

Flynx merupakan browser yang bisa kamu andalkan di adnroid. Terutama untuk multitasking. Browser ini memungkinkan pengguna membaca di latar belakang dan beralih dari satu artikel ke artikel lainya dengan cepat.

Fitur Terbaik Flynx

Beberapa fitur terbaik yang ditawarkan aplikasi browser ini adalah bisa untuk share link langsung ke media sosial, bisa mengubah artikel ke mode offline, mampu menghapus iklan yang mengganggu dan tentunya menghemat banyak data seluler.

Kelebihan Flynx

  • Salah satu yang terbaik untuk multitasking;
  • Tersedia secara gratis dengan dukungan lebih dari 15 bahasa berbeda.

Sayangnya, fitur yang tersedia memang tak sebanyak beberapa browser lainya.

9. Dolphin Browser

Dolphin Browser

Beberapa penghargaan penting diperoleh browser sejak pertama kali dirilis tahun 2015. Aplikasi yang dikembangkan oleh MoboTap ini merupakan browser gratis untuk Android dan iOS dimana di dalamnya ada banyak sekali fitur manarik. Browser ini didukung dengan add-on juga.

Fitur Menarik Dolphin Browser

Beberapa fitur menarik misalnya adalah fitur sinkronisasi, Adblocker, tab browsing, pemutar video HTML5, dukungan untuk flash player, mode incognito, dan lain sebagainya.

Kelebihan Dolphin Browser

  • Memiliki fitur berbagi dengan satu ketukan;
  • Memiliki antarmuka yang intuitif;
  • Mempunyai password manager.
  • Memiliki kecepatan download yang cepat;

Sayangnya tidak tersedia dalam versi desktop.

10. Maxthon5 Browser

Maxthon5 Browser

Alternatif lain untuk browser yang cukup baik adalah Maxthon5 Browser. Tersedia di multiplatform, ada di iOS, Mac, Linux, dan Windows. Jadi cukup lengkap. di dalamnya ada beragam fitur menarik untuk memberikan pengalaman penjelajahan yang mengesankan.

Fitur Terbaik Maxthon5 Browser

Maxthon5 Browser dilengkapi dengan fitur note, alamat email manajer, password manajer, pemblokir iklan, speed dial yang dapat disesuaikan, news feed, mode malam, dan lainya.

Keunggulan Maxthon5 Browser

  • Mampu mengisi form secara otomatis berkat fitur magic fill;
  • Mampu digunakan untuk browsing yang cepat dan aman.

Sayangnya Ekstensi yang tersedia masih terbatas.

11. Puffin Browser

Puffin Browser

Browser terbaik berikutnya adalah Puffin, pengembangnya adalah CloudMosa. Browser ini tersedia untuk berbagai jenis platform, ada di Android, iOS, dan Windows. Aplikasi gratis ini memiliki keunggulan terutama soal kecepatan loading dan dukungan flash player yang luar biasa. .

Fitur Terbaik Puffin Browser

Beberapa fitur unggulan browser ini adalah trackpad dan gamepad virtual, dukungan cloud, pengaturan tema dengan berbagai warna, tab incognito, dan lain sebagainya.

Kelebihan Puffin Browser

  • Memiliki fitur cloud protection.
  • Memiliki dukungan Flash yang bagus;

Sayangnya terkadang tidak stabil dan terkadang kurang cepat. Dibeberapa negara seperti China dan Saudi Arabia, browser ini diblockir.

12. Vivaldi

Vivaldi

Terakhir kamu bisa gunakan browser Vivandi sebagai browser terbaik pilihan kamu. atau kamu malah masih asing dengan browser ini? Vivandi rilis pertama kali tahun 2017 buatan developer Opera, jadi memang relatif baru. Meski baru, browser ini punya beragam fitur yang menarik.

Fitur Menarik Vivandi

Beberapa fitur terbaik di browser ini misalnya kemampuan untuk menaruh tab disegala tempat, baik itu di atas, bawah, kiri, kanan, mampu menyimpan sesi browser, tab group, mempunyai akses support ekstensi dari Chrome dan yang paling keren adalah mampu untuk mengambil screenshot dengan memo.

Kelebihan Vivandi

  • Memiliki dukungan untuk mengatur tampilan dan desain, agar tidak membosankan.

Intinya, Vivaldi bisa menjadi alternatif yang baik bila kamu bosan menggunakan beberapa browser diatas.

Selain beberapa browser di atas, kamu juga bisa gunakan Firefox Rocket, Maxthon Cloud Browser, Ghostery atau Naked Browser.

Ada pertanyaan atau komentar?