Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan

Persatuan merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebab setiap warga negara hidup dalam masyarakat majemuk, yang terdiri dari beragam suku, budaya, dkk. Untuk menghindari terjadinya kesenjangan atau kecemburuan sosial, maka kita harus menjaga komitmen persatuan, misalnya dengan cara berikut:

Cara Menjaga Persatuan

1. Mengembangkan Toleransi

Sikap toleransi sangat diperlukan dalam menyikapi keberagaman dalam masyarakat. Bersikap toleran bukan berarti mengikuti adat atau budaya yang berbeda, namun bersikap menghormati dan menghargai perbedaan adat, budaya, dan perbedaan perbedaan lainnya yang hadir dalam masyarakat yang majemuk.

Menghormati berarti menerima adanya perbedaan, menghargai berarti tidak membeda-bedakan satu dengan lainnya. Keberagaman dapat dijadikan sebagai ajang pembelajaran, untuk memperkaya wawasan kita.

2. Menumbuhkan Rasa Cinta Budaya Sendiri

Persatuan bangsa dalam suatu Negara akan rentan ketika warga negaranya sudah kehilangan rasa cinta dan bangga terhadap budayanya sendiri.

Rasa cinta terhadap budaya harus dipupuk agar setiap warga negara memiliki rasa memiliki dan berjuang untuk mempertahankan budaya sendiri dari berbagai ancaman yang dapat memecah belah persatuan negara.

3. Menyebarkan Pemikiran Positif

Bibit bibit perpecahan akan selalu ada dalam masyarakat majemuk. Akan sangat mudah untuk menimbulkan perpecahan dengan maraknya pemberitaan negatif mengenai suatu perbedaan.

Cara tepat untuk mengatasi hal ini adalah dengan menyebarluaskan pemikiran pemikiran positif, untuk mengimbangi pemikiran negative yang muncul. Stay positive!

4. Tidak  Menyebarkan Berita Palsu (Hoax)

Dengan perkembangan internet dan jejaring sosial berita-berita palsu atau hoax semakin mudah dan cepat disebarluaskan melalui internet. Sehingga dewasa ini penyebaran hoax atau berita palsu semakin marak.

Untuk itu kita harus menstop penyebaran hoax dari kita, dengan tidak kembali menyebarkan ulang berita-berita palsu tersebut. Gali lebih dalam setiap pemberitaan, terutama yang bersifat politis untuk mengetahui kebenarannya. Jangan asal percaya begitu saja.

5. Mencintai Produk Lokal

Menjaga komitmen persatuan juga dapat dipupuk dengan mencintai produksi dalam negeri. Ketika warga lebih mencintai akan produk dalam negri dibanding produk luar negri, akan timbuh rasa bangga akan produksi dalam negri yang akan memberikan efek ketahanan dalam bidang produksi.

6. Memupuk Sikap Gotong Royong

Sikap gotong royong merupakan ciri khas bangsa Indonesia di mata dunia, cirri khas yang baik tersebut perlu terus kita lestarikan. Misalnya dengan memperbanyak aktifitas kegiatan yang mengarah pada kegiatan gotong royong. Gotong royong sangat efektif dalam membangun persatuan dan kesatuan antar masyarakat yang majemuk.

7. Bersikap Netral

Tidak pilih kasih atau membeda-bedakan satu sama lain. Melainkan memandang keberagaman sebagai kekayaan budaya yang patut dibanggakan. Misalnya dengan berteman atau berinteraksi dengan siapa saja tanpa memandang SARA.

8. Menjaga Sopan Santun

Berlaku sopan dan santun merupakan kewajiban setiap anggota masyarakat, agar kehidupan bermasyarakat dapat berjalan dengan selaras dan minim konflik. Sebab setiap masyarakat memiliki norma tersendiri yang patut kita hargai dan patuhi. Sikap sopan santun akan membantu dalam menjaga komitmen persatuan.

Keutuhan NKRI perlu dijaga oleh setiap warga Negara, salah satunya dengan menjaga komitmen persatuan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.