Arti Ungkapan Kambing Hitam, Kuda Hitam dan Contoh Kalimatnya

arti kambing hitam

Ketika nonton sinetron, ada tokoh antagonis yang bicara: “Dia akan menjadi kambing hitam untuk masalah yang terjadi. Biarkan polisi membawanya ke penjara.”

Ya, kambing hitam adalah ungkapan yang lazim kita temukan dalam kalimat percakapan ataupun bahasa tulis di bahasa Indonesia. Ungkapan adalah kelompok kata atau gabungan kata yang memiliki makna khusus.

arti kambing hitam

Seringkali, makna-makna khusus ini bersifat abstrak atau tersirat. Sehingga untuk memahaminya juga dibutuhkan pengetahuan dan kejelian yang kritis. Bila tidak bakal terjadi yang namanya kesalahan tafsir. Akibatnya, kamu pun mendapatkan pemahaman makna yang salah atas suatu percakapan atau kalimat.

Pemakaian ungkapan biasanya dipakai untuk menggambarkan suatu situasi atau kondisi secara tersirat, baik yang sedang terjadi maupun yang akan terjadi. Ungkapan juga bisa digunakan sebagai perumpamaan, kiasan, atau peribahasa.

Itu sebabnya, makna ungkapan sangat sulit untuk dipahami karena bisa jadi maknanya berbentuk denotasi, atau bisa juga maknanya berbentuk konotasi. Makna denotasi adalah gabungan kata atau kalimat yang memiliki arti sesuai dengan arti kata sebenarnya.

Sedangkan makna konotasi adalah gabungan kata atau kalimat yang arti katanya merujuk pada maksud lain atau artinya tidak sesuai dengan arti kata sesungguhnya. Misalnya saja ungkapan kata kambing hitam dan kuda hitam.

Arti Ungkapan Kambing Hitam

Kambing hitam bisa dimaknai dalam bentuk denotasi atau konotasi, hal ini tergantung dari konteks kalimatnya. Bila dalam bentuk konotasi, kambing hitang sering dimaknai sebagai orang atau benda atau objek yang tidak terlibat dalam suatu peristiwa dan kondisi, tetapi dipersalahkan dan dijadikan sebagai pelaku yang menyebabkan masalah.

Ungkapan Artinya
Kambing Hitam Orang atau benda atau objek yang tidak terlibat dalam suatu peristiwa dan kondisi, tetapi dipersalahkan dan dijadikan sebagai pelaku yang menyebabkan masalah

Beda halnya dengan kambing hitam dalam makna denotasi. Kambing hitam dalam bentuk denotasi memiliki arti yang sebenarnya tanpa ada kiasan atau makna terselubung, yaitu kambing dengan warna hitam. Berikut ini adalah contoh kalimat kambing hitam dalam bentuk konotasi:

  1. Seluruh teman-teman kelas 10 IPS 2 menjadikan Ani sebagai kambing hitam atas kasus hilangnya dompet yang ada di tas Ria. Padahal, bukan Ani lah yang mencuri, melainkan Bagas.
  2. Aku kasihan pada Eris. Karena dia selalu menjadi kambing hitam di keluarga besarnya. Meski, selama ini dia tidak berbuat salah.
  3. Kali ini giliran Raka yang dijadikan kambing hitam oleh Dwi setelah sebelumnya dia menuduh Hani sebagai orang yang mencontek tugas matematikanya.
  4. Sebagai seorang laki-laki, seharusnya Adi tidak menjadikan Indah sebagai kambing hitam atas keterlambatannya mengumpulkan tugas. Itu adalah kesalahan Adi sendiri.
  5. Sejak minggu lalu nilai rupiah terus mengalami penurunan. Bahkan nilainya hampir menyentuh angka Rp 13.900 per dolar Amerika. Sebagai pihak berwenang, direktur Bank Indonesia mengkambinghitamkan pengaruh global atas melemahnya nilai mata uang rupiah.
  6. Demi menyelamatkan anaknya, Dia rela menjadi kambing hitam atas masalah yang terjadi. Tak peduli sekalipun nanti ia bakal dibenci orang seluruh desa.
  7. Demi menyelamatkan desa Konoha dari kehancuran, Itachi dijadikan kambing hitam oleh Hokage. Ia kemudian dipersalahkan atas peristiwa pembantai klan.
  8. Setelah beberapa hari Yono mencari hewan kurban, akhirnya ia membeli kambing hitam di peternakan Pak Dodi untuk dijadikan sebagai hewan kurban. Ia membeli kambing hitam sebagai ganti hewan qurban yang hilang, padahal ia hanya menjadi kambing hitam atas peristiwa tersebut.

Arti kuda hitam

Makna Ungkapan Kuda Hitam

Bila ungkapan kambing hitam memiliki makna yang cenderung negatif, maka kuda hitam adalah kebalikannya.

Ungkapan kuda hitam cenderung memiliki makna konotasi yang positif. Dan biasanya, kuda hitam dimaknai sebagai orang atau benda atau objek yang awalnya tidak diperhitungkan dalam suatu kompetisi atau pertandingan. Namun ternyata orang atau benda atau objek tersebut memiliki potensi besar yang tersembunyi dan mengejutkan.

Ungkapan Artinya
Kuda Hitam Orang atau benda atau objek yang awalnya tidak diperhitungkan dalam suatu kompetisi atau pertandingan. Namun ternyata memiliki potensi besar yang tersembunyi dan mengejutkan.

Sedangkan makna kuda hitam secara denotasi adalah kuda yang memiliki warna hitam. Berikut ini adalah contoh kalimat kuda hitam dalam bentuk konotasi:

  1. Beberapa tokoh politik yang mencalonkan diri dalam pemilu legislatif memiliki kuda hitam. Calon tersebut adalah Prof. Bambang Atmoko yang tidak disokong oleh partai manapun.
  2. Tim kuda hitam sepakbola Indonesia berhasil menumpas kalah tim nasional Malaysia dengan skor telak 3-0. Pertandingan pun berakhir dengan kemenangan.
  3. Tak disangka-sangka bila selama ini Tono menjadi kuda hitam dalam tim lomba cerdas cermat SMP 3 Bojongkenyot. Ia berhasil mengalahkan tim unggulan Isni dan menyabet juara satu umum.
  4. Keberhasilan Jodi dalam meraih juara kelas adalah ajang pembuktiannya sebagai kuda hitam. Tak seorangpun mengira bahwa nilai Jodilah yang terbaik.
  5. Sang juara bertahan akhirnya tumbang di tangan kuda hitam tahun ini.

Sedangkan contoh kalimat kuda hitam secara denotasi adalah:

  1. Kemarin minggu Ahmad menaiki kuda hitam keliling lapang. Ia sedang berlatih pacuan kuda untuk persiapan lomba bulan depan.
  2. Setiap kali berkunjung ke kebun bintang, jarang sekali Dinda melihat kuda hitam yang dipelihara. Biasanya ia hanya melihat kuda berwarna putih, cokelat, dan krem.
  3. Baru saja ayah membelikan Sophia kuda hitam sebagai hadiah ulang tahunnya yang ketujuh belas.
  4. Dalam permainan catur, ada pion kuda hitam dan pion kuda putih. Keduanya memiliki fungsi yang sama, tetapi beda kepemilikan.

Itulah uraian singkat mengenai arti ungkapan kambing hitam, kuda hitam, beserta contohnya. Semoga melalui penjelasan ini dapat memudahkan Kamu untuk lebih memahami arti ungkapan kambing hitam dan kuda hitam dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *