Arti Ungkapan Buah Bibir dan Contoh Kalimatnya

Kali ini kita bicara soal arti ungkapan buah bibir. Seperti yang kita tahu, ungkapan adalah kelompok kata yang menyatakan makna khusus. Makna kata dalam ungkapan tidak bisa diartikan berdasarkan arti kata masing-masing yang menyusunnya, seperti halnya pada kata buah bibir.

Arti Ungkapan Buah Bibir

Arti Ungkapan Buah Bibir

Ungkapan buah bibir dapat bermakna popular atau terkenal atau banyak diketahui. Pada arti lain, ungkapan “buah bibir” bisa bermakna ‘menjadi perbincangan orang’.

Ungkapan Artinya
Buah Bibir Menjadi perbincangan atau bahan pembicaraan banyak orang, bisa karena hal positif ataupun negatif.

Idiom buah bibir biasanya digunakan kepada seseorang yang menjadi topik pembicaraan, baik itu karena pretasinya, sifatnya, kontroversinya, dan keadaan lainnya. Sesuai dengan konteks kalimatnya, kata buah bibir bisa bermakna negatif atau positif. Misalnya dalam kalimat berikut:

  • Karena kepiawaiannya memainkan harpa, wanita itu menjadi buah bibir di seluruh penjuru tanah air
  • Karena keterlibatan ayahnya dalam kasus korupsi, Arya menjadi buah bibir di masyarakat sekitar tempat tinggalnya.

Kedua kata dalam kalimat di atas memiliki kesamaan makna yaitu ‘sedang menjadi perbincangan’. Makna buah bibir dapat berbeda-beda, pada kalimat pertama penggunaan kata buah bibir bermakna positif. Sementara pada kalimat kedua berubah menjadi berkonotasi negative.

Contoh Ungkapan Buah Bibir

Contoh Ungkapan Buah Bibir

Untuk lebih mudah memahaminya, berikut adalah Contoh kalimat yang menggunakan idiom atau ungkapan buah bibir:

  1. Peter Cole baru menjadi buah bibir setelah pekan lalu tertangkap di Guam, Amerika Serikat bersama lima orang rekannya dalam sindikat narkoba.
  2. Kemampuan pasangan pemain bulutangkis ganda putra Markus Gedeon dan Kevin Sanjaya kerap menjadi buah bibir diantara para komentator pertandingan. Maklum saja, keduanya memiliki skil permainan yang atraktif dan entertain sekali.
  3. Ketampanan Arjuna menjadi buah bibir di antara para karyawan wanita di kantor, dia telah lama menjadi idola disana.
  4. Awalnya Dian menjadi idaman banyak pria. Banyak yang membicarakanya setiap hari akan kebaikanya. Tetapi kini ia menjadi buah bibir setelah ketahuan kebiasaan buruknya mengkonsumsi miras.
  5. Anak muda yang serba berkecukupan, dimanja orangtua, dan hidup dalam gelimang harta dan kemewahan, hingga menjadi buah bibir gadis-gadis bangsawan selalu menjadi mutiara di tempat-tempat pertemuan.
  6. Keindahan gelombang Nembarala ini telah lama menjadi buah bibir di kalangan wisman terutama para penggila surfing mancanegara.
  7. Maklum juga sih anak baru, kalau dia cepat jadi pusat perhatian, ngetop, dan jadi buah bibir.
  8. Dengan harta melimpah, wajah yang rupawan, serta kebaikan Ani, tak mungkin bila ia tidak menjadi bahan buah bibir di kalangan sekolah. Apalagi ia baru saja memenangkan olimpiade internasional.
  9. Dua Lipa, penyanyi pendatang baru yang tengah menjadi buah bibir di seantero dunia ini, terus mengembangkan karirnya dengan berkolaborasi dengan girl band Korea Black Pink.
  10. Karena hasil buah penanya, Riko menjadi buah bibir di sekolah, pasalnya ia berhasil menjadi juara di tingkat Propinsi.
  11. Setelah menjadi pengusaha ayam petelur yang sukses, kini Rohman menjadi buah bibir para alumni kampusnya.
  12. Cristiano Ronaldo yang menjadi buah bibir para penggemarnya karena berhasil mencetak gol di gawang lawan.
  13. “Nature Naze”, diulangkannya ucapan yang dahuku sempat menjadi buah bibir.
  14. Beliau memang kerap kali menjadi buah bibir, menjadi idola kawula muda bahkan menjadi pahlawan revolusi Indonesia.
  15. Isu yang sempat muncul memprediksi kapan kiamat akan melanda bumi pernah menjadi buah bibir di masyarakat seluruh dunia.
  16. Sifat sombong keluarga kaya baru itu, selalu menjadi buah bibir para tetangga yang tidak menyukai mereka.
  17. Tak hanya menjadi primadona wisata turis lokal, keindahan Bali pun sudah sering kali menjadi buah bibir di dunia pariwisata internasional.
  18. Raditya Dika yang memulai karirnya dengan menjadi penulis buku dan kini menjadi juri acara stand up comedy menjadi buah bibir di kalangan masyarakat karena acara pernikahannya yang digelar mewah di Jakarta.
  19. Comedian muda saat ini banyak menjadi sorotan media dan buah bibir netizen karena seringnya mereka menyertakan isu SARA pada bahan komedi mereka.
  20. Hingga kini, prestasi sosok walikota Surabaya Tri Risma Haryani masih menjadi buah bibir masyarakat Surabaya, belum lagi ia mampu mengantarkan kota Surabaya meraih banyak penghargaan bahkan hingga tingkat internasional.
  21. Rosa menjadi buah bibir di kampungnya, karena pernikahannya dengan pria bule asal Belgia berlangsung berhari-hari dan sangat meriah.
  22. Kepulangan Ani dari Malaysia menjadi buah bibir warga, karena ia mengandung seorang anak tanpa suami.
  23. Sebagai seorang guru, saya berpesan semoga kita tidak mudah menjadikan orang lain sebagai bahan buah bibir. Bagaimanapun membicarakan keburukan orang lain itu tidak baik.
  24. Sejak peristiwa itu, pak harto selalu menjadi buah bibir di lingkunganya.
  25. Kemunculan objek wisata curug lawe langsung jadi buah bibir di kalangan traveller.
  26. Oleh-oleh yang di belikan Ibu dari Mekkah saat menjalani ibadah haji itu, menjadi buah bibir teman-temanku disekolah karena sangat unik dan banyak yang belum pernah melihatnya.
  27. Topik mengenai isu pergantian presiden menuju pemilu pada bulan april 2019 nanti masih menjadi buah bibir khalayak baik di media social ataupun media masa.
  28. Kelakuannya yang semakin tak bisa dikendalikan, sebagai konsekuensinya ia akan menjadi buah bibir, mendapat fitnah dan caci maki dari keluarga besar hingga teman-temannya.
  29. Sekarang coba identifikasi masalah apa saja yang sedang jadi buah bibir di kalangan ibu-ibu pasar!
  30. Aksi Baim Wong dan istrinya selalu menjadi buah bibir di kalangan penikmat cannel youtub, karena aksinya yang dermawan, ia sering kali membagi-bagikan uang pada rakyat miskin.

Menjadi buah bibir bisa menyenangkan bisa pula tidak. Tergantung karena apa kita menjadi buah bibir. Sebab dari penjelasan di atas, bisa kita pahami arti ungkapan ‘buah bibir’ dan contoh kalimatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *