Arti Stalking dalam Bahasa Gaul di Sosmed (Instagram, Facebook, BBM, WA dan Line)

Arti Stalking

Stalking merupakan sebuah kata yang cukup sering kita dengar akhir-akhir ini. terutama semenjak sosial media berkembang pesat seperti jaman sekarang. Dimana kehidupan seseorang bisa kita lihat dari aktivitas mereka di media sosial seperti faacebook, twitter, instagram dan media sosial lainnya.

Ini semakin memudahkan orang-orang melakukan stalking kepada keluarga, teman, serta artis-artis favoritnya. Tidak jarang perilaku stalker ini mengganggu para korbannya, bahkan sudah cukup banyak yang menjadi korban stalking.

Tidak heran jika stalking termasuk dalam tindakan kriminal. Untuk itu kenali ciri-ciri stalker di sekitar dan bagaimana cara menghindarinya.

Arti Stalking  

Kata stalk, stalking, dan stalker merupakan kata yang salin berkaitan. Yang berasal dari serapan bahasa Inggris. Kata stalk sendiri mempunyai banyak arti, seperti mengikuti, mengejar serta pengejaran dengan hati-hati.

Lalu kata stalking didapat dari bahasa inggris yang berarti  menguntit atau aktivitas mengikuti seseorang. Tapi dalam bahasa pergaulan anak muda, kata stalking merupakan tindakan keingin tahuan seseorang hingga mencari informasinya.

Kalau kata stalker merujuk pada penguntit ataupun mereka yang mengikuti aktivitas seseorang.

Arti Stalking menurut KBBI  

Sedangkan menurut KBBI, kata Stalking berarti orang yang suka ingin tahu tentang kehidupan seseorang dengan cara membuka sosial media. Hanya untuk, melihat foto-fotonya, status-statusnya serta segala aktivitas sehari-harinya.

Banyak juga yang mengatakan jika stalker merupakan seorang penggemar rahasia.

Stalker  

Stalker seringkali dipakai untuk menyebutkan para penguntit. Penguntit atau stalker merupakan seseorang yang senang mengintip serta memantau aktivitas kalian. Bahkan tidak jarang para stalker mengikuti kamu secara dima-diam berdasarkan update kegiatan kamu di media sosial.

Bahkan stalker yang tergolong ekstrim bisa sangat merugikan serta membahayakan kamu. Beberapa stalker memiliki beragam alasan yang membuat dia melakukan stalking kepada orang lain.  

Ada yang karena didasarkan perasaan suka hingga keinginan untuk balas dendam. Stalker yang ekstrim tidak sekedar menguntit kamu, mereka bahkan bisa mencuri, menculik, hingga melakukan hal-hal ekstrim lainnya.

Ciri-ciri Stalker  

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu harus tahu ciri-ciri stalker seperti apa. Sehingga kamu bisa segera bertindak dan menghindarinya. Berikut ciri-ciri stalker yang wajib kamu ketahui.

1. Selalu Nge-likes Postingan

Buat kamu yang senang membagikan aktivitas sehati-hsri lewat media sosial. Kamu harus sadar jika ada orang yang tiba-tiba melikes semua foto kamu bahkan melihat segala aktivitadmu di media sosial. Bisa jadi dia adalah salah satu stalker.

2. Tahu tentang Kesehariannya Kamu

Jika kamu bertemu beberapak kali dengan orang lain yang tidak kamu kenal, bisa jadi dia adalah seorang stalker. Apalagi jika dia berusaha mendekatimu bahkan tahu namamu, kamu wajib waspada.

3. Stalker akut Menfollow Teman- temanmu

Jika stalker sudah akut, dia tidak hanya memantau selalu kegiatan media sosial kamu, tapi juga berusaha menjalin komunikasi dengan teman-temanmu. Stalker akan menfollow semua teman-teman yang sering kamu posting ke media sosial.

Jenis Stalking  

Ternyata stalker juga ada jenis-jenisnya, untuk saat ini ada 4 jenis stalking yang sering dilakukan, Berikut 4 jenis stalking beserta penjelasan lebih detail tentang tipe-tipe stalking.

1. High School Stalker

Yang pertama adalah High School Stalker, sesuai namanya stalking ini sering dilakukan oleh seorang siswa sekolah untuk mengetahui informasi orang yang disukainya. Stalking jenis ini bisa dikatakan  tipe stalking yang tergolong kuno.

Jenis stalking ini tidak akan melakukan kegiatan stalking dari media sosial. Tapi kegiatan stalking dilakukan secara langsung. Stalker jenis ini tergolong tidak ekstrim dan biasa saja, karena para stalker  hanya sebatas memandang dari kejauhan.

2. Media Sosial Stalker

Media sosial stalker paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang pada jaman sekarang. Biasanya para stalker mendapatkan informasinya dari media sosial kamu ataupun orang-orang di sekitarmu Biasanya stalker akan melihat-lihat galeri foto, mereka bisa mendapatkan aktivitas berdasarkan caption foto kamu.  

Terkadang stslker melakukan stalking dengan melihat semua instastory di media sosial. Bahkan mereka sampai stalking dan mengollow lingkup pertemananmu. Stalker jenis ini bisa saja dulunya mereka adalah  gebetan, pacar, mantan pacar, bahkan musuh kamu.

3. Psycho Stalker

Tipe Psycho stalker tergolong stalker yang sangat mengganggu, mereka termasuk tipe stalker yang tidak cuma melihat dari kejauhan tapi sampai menguntit. Bahkan stalker jenis ini bisa berani melakukan hal- hal ekstrim hingga melanggar privasi kamu.

Mereka bisa saja mengikuti kalian kemana saja, mengetahui informasi kamu dengan sangat detail. Seperti informasi mengenai keluarga kalian bahkan tentang kisah masa lalu kamu.

Jangan pernah kamu meremehkan mereka, karena stalker jenis ini biasanya mempunyai niat jahat kepada kamu. Sudah banyak kasus penculikkan serta pembunuhan yang dimulai dengan stalker jenis ini.

4. Predator Stalker

Predator stalker merupakan salah satu jenis stalker yang sangat mengganggu. Jenis stalker ini merupakan orang yang mengancam ketenangan orang lain demi mendapatkan perhatiannya.

Stalker ini bisa saja  membuat sebuah akun media sosial menggunakan nama hingga biodata yang persis dengan kamu. Tapi isi dari akun medsos ini justru berlawanan bahkan terkesan mencemarkan nama baikmu.

Cara Menghindar dari Stalker  

Salah satu cara menghindar stalker adalah dengan memberikan peringatan keras kepada mereka dengan jelas. Kamu bisa mengatakan peringatan kepada stalke sesingkat mungkin agar mereka menghentikan kegiatannya tersebut.

Jangan mencoba terlibat pembicaraan yang panjang dengan stalker. Abaikan stalker dan jangan pernah merespons jika mereka coba melakukan komunikasi lebih jauh.

Stalker memang senang membuat kamu merasa gusar dan ketakutan. Mereka bisa mengucapkan kata provokatif kalau berada dekat kamu ataupun memakai pesan.

Mereka akan merasa puas jika bisa membuat kalian berada dalam kondisi tertekan. Jika sudah sangat mengganggu, segeralah menghubungi pihak berwajib agar para stalker merasa jera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.