Arti Gabut Dalam Bahasa Gaul, Apa Itu Gabut Bahasa Kekinian di Instagram, Facebook, BBM, WA dan Line

Arti-Kata-Gabut

Kamu pasti pernah dalam sehari-hari mendengar kata “gabut” yang diucapkan oleh orang-orang sekitarmu? Entah berupa ajakan atau hanya sekadar ungkapan. Bahkan di media sosial, kata ini menjadi kata yang cukup sering ditemukan.

Pertama kali mendengar kata ini, kamu pasti bingung artinya apa? Lantas kamu akan mulai mencari di internet, atau menanyakan pada orang yang mengucapkan kata ini. Pasti ada banyak sekali bahasa-bahasa slang – ekspresi pada suatu peristiwa atau kata yang berubah makna – yang lain, seperti mager, dan baper misalnya.

Kata gabut dalam artian bahasa gaul saat ini adalah ungkapan rasa bosan, atas aktivitas atau keadaan yang tengah dialami. Padahal, kata gabut merupakan sebuah singkatan yang tidak banyak orang tahu loh. Jadi, sebenarnya kata gabut itu asalnya darimana sih? Ini dia penjelesannya!

Arti Kata Gabut (awal)

Kata gabut awalnya merupakan sebuah singkatan dari kata “gaji buta”. Yang artinya, orang yang malas bekerja alias bekerja hanya setengah-setengah saja tapi tetap mendapatkan gaji.

Berdasarkan beberapa sumber, singkatan gaji buta mulai dikenal pada tahun 2011. Pada tahun 2014, kata gabut menjadi lebih tren dan mulai digunakan dalam bahasa gaul sehari-hari.

Namun, kata gabut yang tren ini, memiliki makna yang jauh berbeda dengan makna awalnya. Kata yang awalnya merupakan singkata dari “gaji buta” ini, bergeser menjadi bahasa gaul.

Tak hanya itu, saat ini kata gabut juga telah memiliki beberapa singkatan lain, yang penggunaannya tergantung pada keadaan dan aktivitas tertentu. Kata gabut sendiri, saat ini lebih dikenal dengan makna, ungkapan perasaan bosan dengan keadaan atau tidak ada kerjaan.

Singkatan Gabut

Selain sebagai bahasa gaul yang sering digunakan di media sosial, kamu juga perlu tahu apa arti gabut dengan makna yang lain. Sebab kata yang satu ini punya banyak singkatan. Masing-masing berbeda maknanya sesuai dengan konteks kalimat dan situasi. Diantaranya,

1. Gabut ungkapan tanda malas atau tidak ada kegiatan

Arti gabut yang ini ini merupakan arti paling umum dari kata gabut yang sering dipakai untuk kehidupan keseharian. Bermakna seseorang tersebut sedang tidak ada kegiatan atau nganggur, sehingga membuatnya merasa bosan dan bingung harus melakukan apa.

Kadang juga bisa berupa artian perasaan yang tidak baik alias badmood. Perasaan ini bisa muncul kapan saja, bahkan dapat belipat ganda.

2. Gabut singkatan Gaji Buta

Gaji buta merupakan artian yang sebenarnya dari kata gabut. Singkatan ini merupakan ungkapan kekesalan seseorang terhadap seorang pekerja yang melakukan pekerjaannya dengan setengah-setengah tapi tetap mendapatkan gaji secara rutin.

3. Gabut singkatan Belaga Buta

Untuk arti singkatan yang satu ini adalah ungkapan sikap tidak peduli alias masa bodoh terhadap seseorang atau sesuatu. Bisa juga berupa pura-pura tidak melihat seseorang sehingga terkesan cenderung apatis dengan lingkungan sosial.

4. Gabut bermakna Enggak butuh

Arti lain dari gabut adalah tidak butuh. Makna ini merupakan bahasa gaul namun jarang sekali digunakan. Gabut di sini diartikan sebagai ungkapan rasa tidak membutuhkan bantuan orang lain.

Arti Gabut Ga danta

Lalu, bagaimana dengan kata gabut ga danta?

Gadanta juga termasuk dalam jajaran bahasa gaul anak muda. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah ga danta berarti “enggak jelas” atau “tidak jelas”.

Sebagai contoh dalam ucapan sehari-hari:

  • “Kamu galau kenapa? Ga danta deh” atau
  • “kamu bicara pelan-pelan saja, jadi terdengar ga danta”
  • Meski demikian, kata ga danta sendiri, mungkin tidak se tren kata gabut.

Contoh Penggunaan Kata Gabut dalam Sehari-hari

Berikut beberapa contoh gabut yang sering digunakan dalam sehari-hari:

  1. “Ayo main yuk. Gabut banget nih di rumah.”
  2. “Kamu tuh ya, daripada gabut gitu, lebih baik bantuin ini deh.”
  3. “Kamu ngapain sih? Gabut banget kayaknya.”
  4. “Refreshing kemana gitu. Gabut banget nih di rumah terus”
  5. “Duh ngapain ya? Gabut nih?”
  6. Dasar, bisanya cuma gabut doang di kantor. Kapan kerjanya coba?
  7. Lho sih, udah gue perhatiin segitunya, tapi tetep aja gabut. Sekarang nyesel kan.

Penggunaan kata gabut di atas, memiliki makna yang berbeda. Kamu bisa mengetahuinya dari konteks kalimat dan situasi ketika diucapkan.

Contoh Gabut (Gaji Buta)

Untuk arti singkatan ini biasanya digunakan dalam lingkup kantoran, seperti:

  1. “Kerja tuh yang bener, orang kog tahunya cuma gabut aja.”
  2. “Enak banget kamu. Udah kerjanya ngasal, ke kantor selalu telat. Tapi makan gabut terus.”
  3. “Enggak malu apa? Performa rendah tapi makan gabut tiap bulan.”
  4. “Jangan suka telat. Malu sama yang lain kalau kerjaanmu cuma makan gabut aja.”

Contoh Gabut (Belaga Buta)

Kalau untuk gabut singkatan belaga buta, berikut nih contohnya:

  1. “bukankah kemarin aku lihat kamu pas lagi di jalan. Tapi aku panggil kamu malah sok gabut gitu.”
  2. “Kenapa sih tiap papasan sama aku, ujung-ujungnya dia selalu buang muka? Kayak gabut banget gitu loh ke aku.”
  3. “Tadi aku mau nawarin tumpangan buat kamu. Tapi kamu sok gabut gitu”

Nah, itu tadi beberapa penjelasan tentang awal mula kata gabut. Meski kata gabut yang kamu ketahui itu memiliki arti merasa bosan karena nganggur, kamu juga perlu tahu makna lain dari singkatan kata ini.

Dengan begitu, jika kamu menjumpai penggunaan kata ini dalam suatu kondisi tertentu, kamu bisa dengan mudah mengerti arti dari penggunaan kata ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.