20 Aplikasi Video Call Terbaik Untuk Android Ringan, Cepat dan Anti Lelet

8 min read

Aplikasi Video Call Terbaik Untuk Android – jurnalponsel.com – This is technology! Bagi kamu yang sering berhubungan jarak jauh, teknologi mendekatkan hubunganmu. Jika dulu kamu bisa menggunakan sms atau panggilan telepon untuk menanyakan kabar, sekarang melalui smartphone kamu bisa melakukan panggilan video dengan menggunakan aplikasi video call gratis yang banyak tersedia di play store. Ini semakin memudahkanmu berhubungan dengan orang tercinta.

Bukankah kamu ingin memiliki hubungan jarak jauh yang baik dengan orang-orang tercinta? Disini kami akan membagikan daftar aplikasi video call terbaik untuk android untuk mengobati rasa rindumu kepada orang-orang tercinta. Recommended for you!

Aplikasi Video Call Terbaik Android

Kali ini saya akan membagikan 20 aplikasi android yang bisa kamu gunakan untuk video call. Masing-masing aplikasi, telah saya review berdasarkan cara kerjanya, kemampuan melakukan video call, dan juga kemudahan dalam menggunakannya serta fitur lain yang ada di dalamnya. Untuk memudahkan kamu menemukan aplikasi di Play Store, saya juga menyediakan link download di akhir pembahasan tiap aplikasi video chatting ini.

Baca Juga:

1. Skype

Aplikasi Video Call Skype

Aplikasi yang dikembangkan microsolf ini sangat populer di ranah video call karena memiliki kualitas gambar dan suara yang sangat memuaskan, tak heran bila jumlah install di playstore mencapai 500 juta dengan rating 4,1. Tak hanya aplikasi video call, skype juga dilengkapi dengan berbagai fitur dan kemampuan di dalamnya, misalnya mengirim pesan, emoticon, pesan suara, pesan video. Berapa pun durasi panggilan video yang kamu lakukan, skype tidak akan membatasinya.

Selain itu pengguna juga dapat mengirim berbagai file, gambar atau gif. Skype tak hanya bisa di jalan kan oleh Windows saja, tersedia juga di Android dan IOS yang bisa kamu dapatkan secara gratis melalui Offical Store aplikasi masing – masing OS. Saya pun pernah menggunakan skype dan menurut saya panggilan video melalui skype jauh lebih cepat dan tampilan gambarnya pun lebih jelas.

Fitur Aplikasi Skype

  • Skype dilengkapi pula dengan kemampuan untuk mengolah pesan, mulai dari kirim pesan teks, foto, video, Moji, pesan suara, emotikon, dan banyak lagi.
  • Bisa mengirim pesan dalam ke dalam group, bisa pula melakukan panggilan video ke dalam group.

Download Aplikasi Skype

2. Line

Aplikasi Video Call Terbaik LINE

Line menjadi salah satu aplikasi yang paling populer di masyarakat Indonesia. Banyak yang memanfaatkannya untuk berhubungan dengan keluarga dan orang – orang terkasih. Orang – orang juga banyak yang memilih membuat grup di line, entah grup kerja, diskusi, kuliah atau lainnya. Line juga bisa mencari kontak secara otomatis, selain itu aplikasi ini sudah memiliki fitur chatting yang cukup lengkap seperti berkirim pesan singkat, file, video chatting, gambar, gif hingga suatu aplikasi.

Line pun menyediakan ribuan stiker lucu gratis & sebagian berbayar dan tak ketinggalan pula Line kini sudah tersedia fitur Video call. Total pengguna line saat ini mencapai 100 juta dengan rating 4,2 pada playstore. Jumlah pengguna yang banyak menjadikan line sebagai aplikasi video call terbaik untuk android.

Fitur Aplikasi Line

  • Di dukung dengan fitur video group, yang memungkinkan kamu melakukan video call bersama hingga 200 anggota dalam sebuah group.
  • Bisa digunakan untuk mengirim berbagai pesan, mulai dari pesan teks, stiker, pesan suara, foto, video, dan juga bisa mengirim lokasi.
  • Terdapat ratusan stiker gratis yang populer dengan berbagai karakter favorit dunia!
  • Bisa melakukan singkronisasi melalui seluler atau PC maupun Mac,
  • Bisa digunakan untuk melakukan panggilan internasional dengan LINE Out

Download Aplikasi Line

3. WeChat

WeChat

WeChat merupakan aplikasi obrolan yang bisa digunakan para cross platform mulai dari Android, Windows Phone, Blackberry, iOS, hingga symbian (Nokia S40).  Data akhir menunjukan bahwa aplikasi ini memiliki lebih dari 200 juta pengguna, itupun hanya dari android dan OS, belum terhitung dari aplikasi cross platform lainnya.

WeChat menyediakan beberapa fitur unggulan seperti : chatting, voice call, emoticon, moments, grup chat, web chat hingga video call. Kamu bisa melakukan video call dengan mudah dengan aplikasi video call terbaik untuk android ini.

Fitur Aplikasi WeChat

  • Dilengkapi dengan berbagai fitur Pesan Multimedia, mulai dari kirim pesan gambar, teks, pesan video, dan suara.
  • Bisa digunakan untuk panggilan & obrolan grup dengan lebih dari 500 orang, tapi untuk panggilan video grup hanya mampu hingga 9 orang.
  • Terdapat sticker gallery yang menyediakan ratusan sticker animasi gratis untuk mengekspresikan perasaan
  • Bisa digunakan untuk membagikan lokasi secara aktual.
  • Didukung oleh banyak bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Download Aplikasi WeChat

4. Viber

Viber

 

Viber adalah salah satu aplikasi penyedia fitur panggilan telepon dan video dengan kualitas HD. Tersedianya fitur HD ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan gambar dan suara yang tajam.

Bagi kamu yang sudah menggunakan viber, nomor telepon mu akan dijadikan sebagai ID dan otomatis memungkinkan viber untuk mencari kontak pengguna viber yang sudah tersimpan dalam smartphone kamu.

Fitur Aplikasi Viber

  • Bisa digunakan untuk melakukan panggilan internasional hanya dengan memasukkan nomor telepon tujuan.
  • Selain panggilan video (video call) bisa juga melakukan panggilan suara dengan kualitas panggilan HD.
  • Bisa juga digunakan untuk mengirim pesan video singkat, dengan takan, ikon video singkat dengan durasi video mencapai 30 detik
  • Terdapat berbagai pilihan stiker menarik yang bisa kamu masukkan dalam percakapan.
  • Fitur ‘Obrolan Tersembunyi’ untuk menyembunyikan obrolan tertentu dari layar pesanmu

Download Aplikasi Viber

5. Hangouts

Hangouts

Aplikasi ini dikembangkan oleh google. Pasalnya, smartphone yang dikembangkan oleh android sudah terinstall aplikasi ini karena aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan. Semua orang mempunyai akun google di android mereka, namun hanya sedikit saja yang menggunakan aplikasi hangouts.

Saat ini, jumlah install nya mencapai 1 milliyar lebih di play store. Aplikasi hangouts tidak hanya memungkinkan berkirim pesan teks, namun kamu juga bisa melakukan panggilan video dengan kualitas gambar dan suara yang cukup bagus.

Fitur Aplikasi Hangouts

  • Bisa membuat group hingga beranggotakan 150 orang.
  • Dilengkapi dengan fitur pengiriman pesan status, foto, Maps, emoji, video, stiker, dan animasi GIF.
  • Jumlah video call group mencapai 10 orang dalam waktu bersamaan.
  • Bisa terhubung ke akun Google Voice, sehinga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon, SMS, dan pesan suara dalam satu waktu.

Download Aplikasi Hangouts

6. Imo

Imo

Total unduhan dan rating aplikasi ini mencapai 100 juta pengguna dengan rating 4,2 pada playstore. Pengguna yang mencapai 100 juta ini mampu menyaingi line dan wechat.

Imo hampir sama dengan aplikasi line dan wechat tapi soal fitur chatting, imo masih kalah saing karena imo sendiri belum terlalu dikenal. Namun, imo perlu diacungi jempol soal penyediaan fitur video call dengan gambar jernih, suara jelas dan cepat.

Fitur Aplikasi Imo

  • Panggilan video dan telepon menggunakan Imo menghasilkan panggilan yang berkualitas tinggi
  • Kamu bisa ngobrol bersama grup teman, teman sekamar, keluarga, dan lain-lain dalam satu waktu
  • Bisa untuk membagikan foto dan video

Download Aplikasi Imo

7. Tango

Tango

Hampir sama dengan imo, tango memiliki jumlah unduhan 100 juta pengguna dengan rating 4,3 pada playstore. Tango yang dibahas disini bukan merk wafer lho…!  Aplikasi ini merupakan penyedia fitur aplikasi video call terbaik untuk android, selain itu bisa juga mengirim pesan, gambar maupun file.

Kualitas gambar dan suara yang ditampilkan boleh diacungi jempol. Ketika kamu kesulitan untuk melakukan video call karena koneksi jelek, tango bisa mengatasinya.

Fitur Aplikasi Tango

  • Setiap panggilan, baik panggilan video, suara dapat dilakukan dengan gratis, termasuk juga untuk group.
  • Bisa digunakan untuk membagikan foto, berita, dan pembaruan status
  • Terdapat banyak game yang bisa kamu mainkan secara gratis di 11 Tic Tac Toe dan Dam

Download Aplikasi Tango

8. Oovoo

Oovoo

Aplikasi ini terdengar asing di Indonesia, tapi sudah sangat terkenal di luar negeri. Kelebihan aplikasi ini adalah mampu melakukan group video call dengan 12 orang sekaligus. Soal gambar dan suara, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menampilkan gambar dan suara yang tajam.

Meskipun kualitas aplikasi ini sangat bagus, namun tidak membuat boros paket data kamu, karena oovoo dilengkapi dengan teknologi tersendiri yaitu SuperClear. Pengguna aplikasi ini mencapai 50 juta dengan rating 4,3 pada palystore.

Fitur Aplikasi Oovoo

  • Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dilengkapi dengan kemampuan upload gambar atau video dengan mudah dari kamera langsung.
  • Gunakan ooVoo untuk video call dengan teman kamu atau dengan grup dengan jumlah maksimal panggilan ke 8 orang sekaligus.

Download Aplikasi Oovoo

9. Rounds

Rounds

Rounds adalah aplikasi chat video yang terdengar masih asing. Aplikasi ini bisa dibilang cukup simple namun banyak memiliki keunikan dibanding aplikasi lain.

Untuk bisa video call menggunakan aplikasi ini, kamu hanya perlu masuk dengan akun facebook dan langsung bisa melakukan video call dengan temanmu. Pada saat chat video, kamu bisa membuka youtube dan menonton bersama.

Fitur Aplikasi Rounds

  • Bisa digunakan untuk melakukan panggilan video secara internasional dengan layanan yang bagus
  • Bisa digunakan untuk mengirim berbagai pesan, baik teks, gambar, video maupun suara.

Download Aplikasi Rounds

10. Justalk

Justalk

Jika kamu ingin melakukan video call dengan gambar yang tajam, suara jernih dan anti lelet, Justalk pilihannya. Selain melakukan video call dengan kerabat, teman atau keluarga, Justalk juga cocok digunakan untuk konferensi video call karena kejernihan suara dan ketajaman gambar yang unggul.

Fitur Aplikasi Justalk

  • Memiliki fitur yang membuat percakapan menjadi lebih seru, berkat kemampuannya membagikan coretan, gambar, dan bermain game bersama selama melakukan panggilan obrolan.
  • Bisa digunakan untuk melakukan panggilan group dengan jumlah panggilan tak terbatas, jadi bisa kamu gunakan untuk ngobrol bersama bersama group.
  • Tema bisa disesuaikan sesuai dengan seleramu.

Download Aplikasi Justalk

11. Fring

Fring

Fring dilengkapi dengan teknologi Dynamic Quality Video atau DQV. Pengguna fring mencapai 10 juta dengan rating 3,9 pada playstore. Dilihat dari penggguna, aplikasi ini belum begitu populer di masyarakat.

Aplikasi video call ini memungkinkan kamu melakukan video call dengan suara dan gambar sesuai konektivitas data saat itu. Hampir sama seperti oovoo, fring bisa digunakan untuk video call ke beberapa orang sekaligus.

Fitur Aplikasi Fring

  • Selain untuk video call, bisa juga digunakan untuk melakukan panggilan suara, dan juga chat.
  • Bisa digunakan untuk melakukan panggilan secara global.
  • Memiliki tampilan yang sederhana.

Download Aplikasi Fring

12. Seen

Seen

Berapa teman facebook mu? Apakah sudah pernah mencoba menghubunginya melalui seen? Nah, aplikasi ini memang terdengar masih asing dan belum banyak yang menggunakan.

Penggunanya pun hanya 1 juta. Namun, kamu harus mencobanya karena seen memberikan kemudahan untuk melakukan video call dengan gambar dan suara yang bagus. Kamu hanya perlu menggunakan akun facebook untuk menggunakannya, tanpa harus mendaftar lagi.

Fitur Aplikasi Seen

  • Baik video maupun audio yang dihasilkan oleh Seen, menghasilkan kualitas HD
  • Bisa digunakan untuk melakukan panggilan ke dalam group dan juga panggilan internasional.

Download Aplikasi Seen

13. SOMA Messenger

SOMA Messenger

Sekilas jika kamu perhatikan, tampilan pada SOMA Messenger hampir sama dengan WhatsApps. Kamu bisa melakukan video call dengan kualitas yang bagus dengan SOMA Messenger.

Selain itu aplikasi video call terbaik untuk android ini mampu menampung 500 anggota grup sekaligus. SOMA Messenger juga dilengkapi dengan enkripsi RSA 2048bit dan AES 256bi yang memungkinkan privasi Anda jauh lebih aman.

Fitur Aplikasi SOMA Messenger

  • Selamanya gratis tanpa biaya internasional setiap kali kamu melakukan panggilan suara maupun video.
  • Bisa digunakan untuk membuat obrolan berkelompok hingga 500 kepada teman, keluarga, atau rekan kerja.
  • Memiliki fitur Konfirmasi Pengiriman yang memungkinkan kamu mengetahui kapan pesan telah disampaikan dan dibaca.
  • Ada dasbor emoji untuk mengekspresikan setiap emosi.

Download Aplikasi SOMA Messenger

14. Facebook Messenger

Facebook Messenger

Facebook Messenger adalah salah satu aplikasi video call yang sangat populer di masyarakat. Penggunanya mencapai 1 milliyar dengan rating 3,9 pada palystore.

Apakah Anda termasuk pengguna Facebook Messenger? Aplikasi besutan facebook ini tak hanya menyediakan fitur chatting, namun juga video call yang bisa jadi andalan. Meski memang aplikasi ini lumayan berat dijalankan.

Fitur Aplikasi Facebook Messenger

  • Bisa untuk Chat grup, dimana kamu bisa mengirimkan teks, foto, video dan gif.
  • Baik panggilan suara maupun video tersedia secara gratis.

Download Aplikasi Facebook Messenger

15. Azar

Azar

Kamu ingin punya teman dari berbagai belahan dunia? Ya, Azar siap membantumu. Aplikasi video call ini bisa lebih mudah menghubungkan kamu dengan orang – orang di berbagai belahan dunia.

Kamu pun dapat memilih teman sesuai kriteriamu. Azar juga dilengkapi dengan fitur efek dan filter video sehingga kamu bisa tampil lebih menarik saat melakukan video call.

Fitur Aplikasi Azar

  • Pencari teman melalui panggilan video dengan jaringan 3G/4G dan Wi-Fi
  • Ada fitur penterjemah pesan ketika sedang berbincang
  • Bisa digunakan untuk kirim pesan, gambar dan panggilan video dengan teman anda

Download Aplikasi Azar

16. Patalk

Paltalk

Kamu suka berbincang dengan orang – orang baru dalam hidupmu? Wow, itu berarti kamu orang yang sosiable. Aplikasi ini tidak hanya memudahkan kamu untuk melakukan video call dengan orang – orang yang sudah menjadi kontakmu.

Patalk juga menghadirkan fitur room public dimana kamu bisa saling video chat dengan pengguna Patalk lain yang belum menjadi kontakmu.

Fitur Aplikasi Patalk

  • Bisa kamu gunakan untuk melakukan panggilan video secara group dengan jumlah penerima tak terbatas

Download Aplikasi Patalk

17. Zoom Cloud Meeting

Zoom Cloud Meeting

Sesuai namanya, aplikasi ini cocok untuk rapat video call, sehingga memungkinkan kamu untuk berbincang ramai – ramai. Aplikasi video call ini sangat cocok untuk membantu kamu melakukan koordinasi jarak jauh.

Zoom Cloud Meeting digunakan ketika sedang bekerja maupun berdiskusi dengan teman – teman mu dari jarak jauh. Saat ini pengguna Zoom Cloud Meeting mencapai 1 juta pengguna dengan rating 4,2 pada palystore.

Fitur Aplikasi Zoom Cloud Meeting

  • Bisa digunakan untuk mengirimkan berbagai pesan, baik itu pesan teks, pesan video, pesan suara maupun gambar.
  • Bisa membagikan foto maupun video langsung dari Google Drive.

Download Aplikasi Zoom Cloud Meeting

18. WhatsApp

WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi yang paling familiar bagi masyarakat Indonesia. Saat ini, berbagai kalangan masyarakat sudah memiliki WhatsApps. Aplikasi ini relatif lebih cepat dibanding aplikasi lain atau dengan kata lain tidak memerlukan signal yang sangat kuat untuk mengirim pesan.

Tahun 2017 ini, whatsapps banyak memperbaharui tampilannya sehingga lebih menarik. Whatsapps menyediakan fitur grup yang mampu menampung sekitar 250 orang. Selain itu, aplikasi video call ini pun menyediakan fitur video call dengan kualitas gambar dan suara yang bagus dan tidak lelet.

Fitur Aplikasi WhatsApp

  • Selamanya gratis, baik itu untuk melakukan panggilan video, panggilan suara maupun kirim pesan teks, pesan suara, gambar dan video.

Download Aplikasi WhatsApp

19. Camfrog

Comfrog

Aplikasi ini didirikan oleh perusahaan Camshare LLC pada tahun 2003. Saat ini Camfrog sudah memiliki jutaan member dengan ratusan ribu pengguna yang aktif setiap menitnya.

Camfrog menyediakan fitur video call yang hampir sama dengan skype. Keunikannya, comfrog ini menyediakan chat room yang bisa menampung lebih dari 1000 pengguna comfrog. Aplikasi ini bisa menjadi rekomendasi yang bagus saat kamu ingin menikmati video call tanpa ribet.

Fitur Aplikasi Comfrog

  • Bisa digunakan untuk melakukan panggilan dengan platform yang berbeda, baik android, iOS, PC, maupun Mac

Download Aplikasi Comfrog

20. Google Duo

Google Duo

Aplikasi jebolan Google ini mempunyai kualitas video call cukup baik dan berhasil menggait 400.000 ribu pengunduh. Kamu penasaran dengan aplikasi Google Duo?. Tak mau kalah, perusahaan besar Google sukses membuat aplikasi dengan interface yang simple.

Pembeda Duo dengan aplikasi video call lain adalah keberadaan fitur Knock Knock. Bisa dibilang bahwa fitur ini mirip dengan preview video satu arah yang hanya bisa dilihat penerima telepon. Dengan begitu, si penerima telepon akan melihat video si peneleponnya sebagai pertimbangan akan menerima panggilannya atau tidak.

Fitur Aplikasi Google Duo

  • Memiliki tampilan yang sangat sederhana tapi memadai
  • Memiliki fitur Knock-Knock yaitu fitur yang memungkinkan penerima melihat aktivitas penelepon sebelum menerima panggilan

Download Aplikasi Google Duo

Akhir Kata

Nah, itulah sekilas informasi menarik tentang 20 Aplikasi Video Call Terbaik Untuk Android Gratis dan Ringan yang bisa kamu dapatkan dengan gratis di playstore. Apakah Anda sudah pernah mencoba salah satunya?. Wah, perlu diperhatikan juga tentang konektivitas data yang bisa menambah kelancaran koneksi kamu. Saran saja, pakailah jaringan 3G atau lebih bagus lagi jika 4G demi kelancaran video call kamu. Seperti yang sudah disinggung bahwa konektivitas data sangat mempengaruhi kualitas video call.

15 Aplikasi Nonton Drama Korea Gratis Untuk Android

Kepopuleran drama Korea dalam beberapa tahun bekangan begitu menggila. Popularitas K-Pop dan K-Drama merambah tidak hanya di negara Asia namun juga negara Eropa dan...
litalia
5 min read

Cara Membuat File ISO dengan Daemon Tools, PowerISO, dan UltraISO

File ISO, sudah ada yang faham jenis file apakah itu? Yups file ISO merupakan sebuah ekstensi file dimana memuat data yang dimaksudkan sebagai gambaran...
litalia
2 min read

20 Aplikasi Edit Tulisan Kekinian Untuk Hp Android

Mengedit foto, video, atau apapun rasanya kurang lengkap jika hanya menggunakan bentuk tulisan bawaan yang tersedia di hp android. Lalu bagaimana caranya agar tampilan...
litalia
5 min read