15+ Aplikasi Keyboard Android Terbaik Yang Kaya Fitur Keren

9 min read

Aplikasi Keyboard Android Terbaik – Tampilan keyboard bisa menunjukkan siapa pemiliknya. Kita boleh senang dengan keyboard bawaan Android, sebab secara fungsi keyboard bawaan android sudah sangat memadai. Tapi bila dilihat dari sisi model, keyboard bawaan android tidak memiliki model yang menyenangkan. Di lihat dari segi produktivitas, tidak pula yang terbaik. Dengan begitu, sangat mungkin bagi kita mengganti keyboard Android menjadi lebih menyenangkan.

Kebanyakan perangkat dengan OS Android memakai keyboard virtual untuk pengoperasiannya. Keyboard tidak hanya berguna untuk keperluan navigasi saja, tetapi juga dipakai untuk menulis pesan, mengetik email, chat dan aktivitas-aktivitas lainnya. Tetapi adakalanya fitur serta kelengkapan yang ada pada keyboard Android bawaan hp tidak bisa memenuhi serta mengakomodasi segala kebutuhan kita yang berhubungan dengan mengetik. Terkadang keyboard Android ini juga mengalami kesalahan tertentu seperti typo karena kurang presisi, autocorrect, dan kekurangan lainnya. Ada sebab pasti ada akibat, dengan adanya keterbatasan keyboard hp android bawaan sistem operasinya tersebut. Para developer aplikasi menyempurnakan kekurangan tersebut dengan membuat aplikasi keyboard eksternal yang bisa kamu download di Play Store untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin beragam.

Jika kamu tertarik untuk melakukannya, jurnalponsel punya daftar aplikasi keyboard terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengganti keyboard bawaan android. masing-masing keyboard ada yang sepenuhnya gratis, ada pula yang berbayar, juga ada yang merupakan aplikasi freemium. Tinggal kamu pilih saja yang sesuai dengan keinginan kamu.

15+ Aplikasi Keyboard Terbaik Untuk Android

Kali ini saya punya beberapa aplikasi keyboard terbaik untuk android. masing-masing aplikasi telah saya review berdasarkan kelengkapan fungsinya, fitur yang ditawarkan, tampilan yang dibawa, kemudahan dalam menggunakannya, aplikasi keyboard yang ringan dan harga yang harus di bayar. Saya juga telah melengkapi tiap aplikasi dengan gambar keyboardnya dan juga link download untuk memudahkan kamu menemukan tiap aplikasi di Google Play Store.

1. SwiftKey

keyboard android terbaik dan ringan

Tidak ada yang menyangkal bahwa aplikasi SwiftKey merupakan aplikasi keyboard terbaik untuk android dan juga sangat familiar. Hampir semua pengguna android tahu aplikasi keyboard yang satu ini. Tapi juga tak masalah jika kamu baru mengetahuinya.

Keyboard Android bernama SwiftKey sebenarnya baru dibuat ulang oleh perusahaan pembuat dengan perubahan hampir menyeluruh. SwiftKey memiliki pilihan berbagai tema bawaan yang dapat diaplikasikan ke keyboard, dan jika kita ingin lebih banyak tema, kita dapat membelinya satu per satu atau dalam satu paket.

Kita dapat memilih untuk mengaktifkan nomor baris yang terpisah di bagian atas keyboard, atau mengintegrasikan nomor ke baris atas huruf. SwiftKey juga merupakan pilihan yang baik jika kita ingin menginstall sejumlah bahasa berbeda.

Daya tarik SwiftKey ada pada tingkat keakurasiannya dalam memprediksi. Dimana akan terus meningkat seiring masa penggunaan. Memang, SwiftKey bukanlah pilihan paling menarik dalam daftar pilihan Keyboard Android terbaik di list ini, tetapi ia sudah ada sejak lama dan bisa di andalkan. Termasuk soal banyaknya pilihan yang disediakan.

Fitur Aplikasi SwiftKey

  • Aplikasi Swiftkey dilengkapi dengan prediksi yang didukung oleh A.I.
  • Memiliki fitur koreksi otomatis yang sangat baik dimana aplikasi selalu mempelajari slang, julukan, dan frasa yang biasa kita gunakan. Di dukung pula dengan lebih dari 150 bahasa.
  • Keyboard di dukung dengan lebih dari 80 warna, desain, dan tema
  • Keyboard emoji – mempelajari dan memprediksi emotikon favorit

Download Aplikasi Swiftkey

2. Keyboard Tipe AI

aplikasi keyboard emoticon android

Berikutnya ada aplikasi keyboard bernama Keyboard Tipe AI. Aplikasi ini masuk dalam kategori freemium, dimana jika kita ingin terus menggunakan aplikasi ini, kita harus mengeluarkan sejumlah uang. Sebab aplikasi ini, gratis untuk kamu gunakan hanya dalam masa 18 hari, setelah itu kamu harus membayar. Atau kamu bisa tetap menggunakan versi gratisan, tapi sejumlah fitur handalnya akan dihilangkan.

Sama dengan SwiftKey, aplikasi ini juga telah ada sejak lama dan merupakan pilihan keyboard yang cukup solid. Ia dilengkapi dengan berbagai fitur standar seperti kemampuan meprediksi, auto-complete, emoji, dan customization keyboard.

Fitur Aplikasi Keyboard Tipe AI

  • Memiliki pilihan dalam desain tata letak keyboard, tema, font, warna, lebih dari 800 emoji dan ekspresikan.
  • Ada ribuan tema gratis yang tersedia di Theme Market. Bahkan kita bisa merancang dan membuat tema kita sendiri.
  • Terdapat fitur Emoji yang otomatis, dimana kita akan diberikan saran emoji oleh keyboard berdasarkan apa yang kita tulis.
  • Terdapat fitur On-keyboard search untuk membantu kita menemukan teks secara instan.
  • Mendukung layanan dalam bahasa Indonesia

 

Download Aplikasi

3. Gboard

aplikasi keyboard gratis

Jika kamu mencari aplikasi keyboard yang sepenuhnya gratis, aplikasi Gboard mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Gboard adalah aplikasi keyboard resmi keluaran Google. Muncul dengan banyak fitur dasar seperti auto-correction, multi-bahasa, dan berbagai fitur kustomisasi.

Yang lebih menarik, aplikasi ini built-in bersama dengan Google Search. Itu berarti kita bisa melakukan pencarian tanpa meninggalkan keyboard. Ada juga pencarian GIF, voice typing, dan Google Translate. Aplikasi ini adalah keyboard yang hebat sekaligus juga pintas. Bagian yang terbaik adalah ia tersedia secara gratis tanpa pembelian dalam aplikasi.

Fitur Aplikasi Gboard

  • Gboard memiliki fitur pencarian emoji untuk membantu menemukan emoji lebih cepat, pencarian GIF, dan mengetik multibahasa agar kita dapat beralih dari bahasa yang satu ke yang lain dengan cepat.
  • Terdapat fitur mengetik melalui suara, jadi tinggal anda ucapkan, keyboard akan mengetik secara otomatis.
  • Terintegrasi dengan Google, jadi kita tinggal tekan ikon G dalam keyboard untuk menemukan berbagai Toko dan restoran terdekat, Ramalan cuaca, artikel berita dan lainya.
  • Google Translate – Translate saat mengetik di keyboard

Downlaod Aplikasi

4. Swiftmoji

Swiftmoji

Yups, Swiftmoji adalah keyboard kedua dari SwiftKey pada jajaran keyboard Android Terbaik. Sayangnya meski dua produk dari SwiftKey masuk dalam daftar ini, keduanya tak ada yang memiliki emoji yang terbaik untuk urusan keyboard Android.

Yang jadi kelebihan Swiftmoji adalah kemampuanya untuk memprediksi dan memunculkan pilihan emoji berdasarkan kata-kata yang kita ketik. Jadi ini akan menjadi pilihan yang menarik, di mana kita tak perlu mencari emoji untuk melengkapi percakapan. Keyboard sudah mampu menyuguhkan pilihan yang tepat. Tidak sempurna tetapi sangat cerdas.

Swiftmoji tidak bisa disamakan dengan SwiftKey, terutama soal ragam tampilan tema. SwiftKey jauh lebih beragam ketimbang Swiftmoji. Walaupun memang apa yang ditampilkan oleh Swiftmoji juga tidaklah sedikit, termasuk juga mode gelap saat malam hari. Terlebih, kita juga dapat memperoleh hal utama yang ada pada SwiftKey, seperti taps saved, words swiped dan lain-lain.

Seperti aplikasi utama, untuk menjadikan aplikasi keyboard ini mampu memprediksi kata secara akurat. Kita harus memberikan ijin kepadanya untuk mengakses pesan dan menggunakanya terlebih dahulu.

Fitur Aplikasi Swiftmoji

  • Terdapat fitur Prediksi Emoji yang membuat kita bisa menemukan emoji dengan cepat dan unik
  • Ada fitur Emoji prediksi morf untuk mencocokkan apa yang kita ketik dengan emoji.

Download Aplikasi

5. Kii Keyboard 2

Kii Keyboard 2

Aplikasi berikutnya adalah Kii Keyboard 2 yang sepenuhnya tersedia secara gratis. Kii Keyboard 2 adalah sedikit pilihan sleeper untuk keyboard Android. Saat ini dalam versi beta dan dalam pengembangan aktif.

Beberapa fitur yang terdapat didalamnya adalah baris angka, tombol panah, tata letak keyboard split (untuk tablet), prediksi kata, tema, dan dukungan untuk puluhan bahasa. Ada dalam versi beta dan itu berarti ada bug. Namun, gratis untuk check out (setidaknya untuk saat ini).

Fitur Aplikasi Kii Keyboard 2

  • Emoji Keyboard: mendukung emoji pesan ke iOS dan android
  • Prediksi keyboard yang tepat dan cerdas, termasuk prediksi kata berikutnya
  • Memiliki fitur Gesture keyboard control dan Split layout keyboard
  • Didukung oleh banyak layout keyboard: PC, Compact qwerty, T9, Dvorak, Azerty, Colemak dan beragam jenis tema: tema keyboard iKeyboard & Kika, Tema Go Keyboard, tema keyboard Themeshop, tema CM10
  • Mendukung banyak bahasa, termasuk bahasa Indonesia

Download Aplikasi

6. Minuum

Minuum

Minuum sedikit berbeda jika dibandingkan dengan semua aplikasi keyboard dalam list ini. Ia bekerja dengan cara memprediksi berdasarkan kata sambung yang telah kita masukkan. Caranya dengan hanya menampilkan daftar karakter ‘qwerty’ menjadi hanya satu baris karakter. Jika biasanya tiga baris. Prediksi Minuum akan benar-benar terasa cerdas karena kita tidak harus selalu menekan karakter secara tepat untuk menghasilkan kata-kata yang tepat.

Tentu kita bisa menggunakan Minuum tidak hanya pada mode non-minimized (mode satu baris). Kita juga bisa menggunakan mode seperti tampilan keyboard biasa. Pada kedua mode tersebut, akan ada emoji berbeda yang ditawarkan. Kita hanya cukup beralih dari satu mode ke mode yang lain dengan sangat mudah.

Memang, tawaran menggunakan keyboard dengan mode satu baris terkesan tidak biasa dan sulit. Tetapi lama-kelamaan kita akan terbiasa. Lagi pula jika kita sulit untuk menggunakanya, kita bisa beralih ke mode biasa. Hebatnya Minuum di dukung dengan banyak bahasa dan mampu berubah ke banyak tema sepanjang hari secara otomatis.

Sayangnya, Minuum tidak bisa kita nikmati selamanya secara gratis. Untuk 30 hari pertama kita bisa mencoba versi trialnya secara gratis. Lebih dari waktu itu, jika kita ingin mengunakanya lebih lanjut, kita harus membayar $2.99. Meski demikian, kita bisa buktikan manfaatnya selama 30 hari untuk memutuskan lanjut menggunakan atau tidak.

Fitur Aplikasi Minuum

  • Fast Sloppy Typing, membantu meningkatkan tingkat presisi berkat koreksi otomatis yang sangat cerdas yang dipelajari saat kita mengetik.
  • Pengaturan Alphabet Yang Berbeda- ada pilihan layout keyboard seperti “QWERTZ,” “AZERTY,” “A-Z.”
  • Prediksi Kata, Mempercepat mengetik melalui saran dari mesin prediksi yang belajar dari daftar kata, dan pola penggunaan bahasa kita.
  • Smart Emoji- Gesek kata prediksi yang tersisa untuk menemukan saran Smart Emoji.
  • Voip Typing yang berguna untuk masukkan teks handsfree melalui Google Voice Typing
  • Real Multitasking dan mendukung banyak pilihan bahasa, sayangnya bahasa Indonesia belum tersedia.

Download Aplikasi

7. Chrooma Gif

Chrooma

Chrooma Gif adalah salah satu aplikasi keyboard yang kurang dikenal dalam daftar ini tapi pasti salah satu yang paling sesuai. Sayangnya, kita harus membayar per item untuk tiap fitur kita inginkan atau memilih satu kali kali beli dengan $ 2,49 untuk menggunakan semua fitur. Jika kita memilih untuk membayar semua fitur, kita harus masuk dengan akun Google.

Jika semua keybord rata-rata kelebihanya ada pada kemampuanya untuk memprediksi kata yang kita masukkan. Ada yang mampu membenahi kata yang kita masukkan, ada pula yang mampu memprediksi kata apa selanjutnya.

Kelebihan Chrooma terletak pada kemampuanya untuk dioprasikan menggunakan mode satu tangan. Jadi kita tetap bisa mengetik meski hanya dengan satu tangan. Terlebih, mode satu tangan juga dilengkapi dengan tampilan yang menarik.

Fitur Aplikasi Chrooma Gif

  • Pencarian GIF, Dengan Chrooma Keyboard, kita akan memiliki tab GIF untuk mencari dan mengirim semua GIF yang kita inginkan! GIF Chrooma didukung oleh hampir semua aplikasi.
  • Dukungan Emoji, Keyboard Chrooma mendukung saran emojis otomatis dan membantu memberi emo yang paling banyak digunakan.
  • Navbar Otomatis, Chrooma Keyboard secara otomatis mengubah warna navbar sesuai dengan aplikasi yang digunakan
  • Mengetik multilanguage, Dengan Keyboard Chrooma kita bisa mengetik dalam berbagai bahasa secara bersamaan tanpa harus mengganti keyboard setiap saat.
  • One Hand Mode dan Split Layout dan Mode malam, dimana Keyboard Chrooma dapat mengubah secara otomatis nada warna saat cahaya rendah terdeteksi.

Download Aplikasi

8. Tenor GIF Keyboard

Tenor Gif Keyboard

Tenor GIF mungkin merupakan keyboard yang paling menyenangkan dalam daftar aplikasi keyboad android di list ini.  Ia berbeda dengan keyboard pertama yang ada dalam daftar tulisan ini, sebab ia sebenarnya tidak tersedia dalam bentuk keyboard. Kita bisa menggunakan keyboard apapun yang kita suka, dan GIF memperluas fungsi keyboard yang kita gunakan.

Dengan begitu kita bisa menggabungkan dua aplikasi keyboard secara bersamaan. Misalnya kita menggunakan Swiftmoji kemudian digabung dengan Tenor GIF. Dengan begitu kita akan memiliki banyak akses untuk memasukkan emoji dan juga GIF juga pilihan lainya. Jadi aplikasi ini adalah pelengkap aplikasi keyboard lainya.

Fitur Aplikasi Tenor GIF Keyboard

  • Bisa membantu kita mengirim GIF atau video yang tepat untuk mengungkapkan dengan tepat apa yang ingin kita katakan, langsung dari keyboard!
  • Didukung oleh jutaan GIF dan video Tenor untuk menemukan yang sesuai dengan momen.

Download Aplikasi

9. Keyboard Multiling O

Multiling O Keyboard

Keyboadr Multiling O adalah aplikasi keyboard untuk android yang tersedia secara gratis di play store. Aplikasi ini adalah pilihan tepat jika kita ingin aplikasi yang mendukung banyak bahasa, sebab aplikasi keyboard ini didukung lebih dari 200 bahasa pada saat penulisan ini.

Selain dukungan bahasa yang sangat banyak, kita juga bisa mendapatkan layanan gesture typing, kemampuan untuk mengatur layout keyboard bergaya PC, mengubah ukuran keyboard dan memposisikan ulang, tema, emoji, berbagai layout, dan deretan angka yang sangat penting.

Fitur Aplikasi Keyboard Multiling O

  • Memiliki fitur Hemat daya baterai
  • Mendukung untuk layanan super cepat memasukkan simbol, kata atau kalimat khusus.
  • Posisi dapat disesuaikan dan mudah. Cocok untuk semua ukuran layar (ponsel, phablet, tablet …)
  • Tema tak terbatas dengan gaya dan warna pencampuran (campuran warna sendiri mulai dari pink atau ungu).

Download Aplikasi

10. Redraw Keyboard

Redraw Keyboard

Redraw Keyboard adalah salah satu keyboard Android yang lebih sederhana. Ia masuk aplikasi kategori freemium, gratis untuk kita gunakan dengan pembelian tambahan jika kita ingin fitur tambahan.

Yang membuat aplikasi ini unik adalah banyaknya tema yang tersedia. Ia memiliki ratusan tema bersama dengan banyak emoji. Tentu sudah cukup membuat keyboard terlihat dan terasa sesuai keinginan kita.

Selain itu, ia dilengkapi dengan penerjemah built-in, dukungan Google Docs, dan banyak lagi. Aplikasi sangat bagus jika kita mencari sesuatu yang mencolok. Tapi tidak begitu bagus jika kamu hanya memerlukan sesuatu dengan banyak fungsi. Fitur Aplikasi

  • Bisa untuk menambahkan wallpaper latar belakang pada keyboard dari galeri foto untuk membuat keyboard terlihat lebih personal.
  • Mendukung layanan ubah ukuran keyborad sehingga kita bisa memperkecil maupun memperbesar huruf di keyboard.

Download Aplikasi

11. Smart Keyboard Pro

Smart Keyboard Pro

Smart Keyboard Pro telah ada sejak lama dan hanya ada sedikit keyboard Android yang lebih tua dari dia. Untungnya, masih mendapat update reguler. Aplikasi keyboard ini adalah keyboard sederhana yang memberikan pengalaman dasar bersama dengan beberapa fitur modern.

Anda akan mendapatkan emoji, auto-correct, prediksi, dan banyak lagi. Keyboard juga memiliki mode T9, mode kompak, dan dukungan untuk keyboard perangkat keras. Anda bisa mencoba demo gratis sebelum membeli keyboard.

Fitur Aplikasi Smart Keyboard Pro

  • Terdapat pilihan layout T9 dan layout kompak untuk banyak bahasa
  • Mudah beralih antar bahasa
  • Terdapat Keyboard Emoji yang bisa kita manfaatkan untuk membuat percakapan lebih berwarna

Download Aplikasi

12. Keyboard Typani

Typany Keyboard

Typani adalah salah satu keyboard baru yang tersedia di android secara gratis. Tidak ada banyak fitur di dalamnya, tapi memang ada banyak sekali flash. Dimana dalam aplikasi keyboard berisi banyak tema, stiker, emoji, dan banyak lagi lainya.

Ada juga dukungan lebih dari 90 bahasa. Beberapa fitur lainnya termasuk prediksi kata, koreksi otomatis, dan berbagai layout keyboard. Aplikasi merupakan pilihan tepat secara keseluruhan. Mungkin bagian terbaiknya adalah ia tersedia secara gratis tanpa pembelian dalam aplikasi.

Fitur Aplikasi Typani

  • Tema DIY, yang memungkinkan kita memilih gambar favorit, warna dan lainya yang bisa menyesuaikan dengan keyboard.
  • Emoji Maker yang berguna untuk membuat emoji kita sendiri.
  • Didukung dengan prediksi A.I. & Koreksi Cepat, jadi kita bisa mengetik secara cepat tanpa takut salah, sebab aplikasi akan mengoreksinya.
  • Dukungan multibahasa, Typany saat ini mendukung lebih dari 90 bahasa! Termasuk juga bahasa Indonesia

Download Aplikasi

13. Fleksy

Fleksy

Fleksy semakin populer di kalangan Android. Dengan tagline ‘keyboard yang paling mudah disesuaikan’, aplikasinya memungkinkan kita menggunakan keyboard dalam tiga ukuran berbeda, hadir dengan 40 tema, dan memberi Anda kemampuan untuk membuat desain tema Anda sendiri. Hebatnya, aplikasi ini tersedia sepenuhnya secara gratis.

Terlebih lagi, Fleksy memiliki fungsi prediksi yang fantastis dan koreksi otomatis yang kuat, dengan mempertimbangkan tidak hanya huruf yang kita tekan, namun pola yang kita sentuh.

Fitur Aplikasi Fleksy

  • Swiping dan gesture support, kemampuan untuk menghubungkan akun email dan media sosial untuk membantu Fleksy lebih memahami gaya mengetik.
  • Fitur pelacakan yang dapat melacak perjalanan dari amatir ke profesional. Di dukung pula dengan layanan mode satu tangan.

Download Aplikasi

14. Aplikasi keyboard emoticon android GO keyboard

GO Keyboard

Mencari alternatif aplikasi keyboard yang penuh dengan fitur ke keyboard Google? Keyboard GO adalah pilihanya. Ini memiliki lebih dari 60 bahasa, emoji, emoticon, dan stiker gratis, pengetikan isyarat, lebih dari 10.000 tema, masukan suara, 100 font, dan QWERTY, QWERTZ, dan AZERTY.

Fitur Aplikasi Go Keyboard

  • Didukung dengan prediktif dan autocorrect yang bagus, dan dukungan GIF yang menarik.
  • Ada lebih dari 1000 emoji dan 10000 tema yang bebas kamu pilih.

Download Aplikasi

15. TouchPal

TouchPal

TouchPal adalah ‘keyboard emoji’ yang juga bisa menjadi keyboard biasa. Dimana dalam aplikasi ini ada lebih dari 800 emoji. Ia juga didukung dengan prediksi dan autocorrect, dan mendukung lebih dari 100 bahasa. Selain itu, dukungan layanan dasar keyboard pada umumnya pasti anda temukan disini.

Fitur Aplikasi TouchPal

  • Ada lebih dari 1000 Tema /wallpaper keyboard gratis
  • Ada Ribuan Emoji, stiker, Kamus, GIF, Emoticon & bahasa yang bisa kamu gunakan.

Download Aplikasi

16. Swype

Swype

Aplikasi Keyboard android terbaik yang terakhir dalam daftar ini yang tersedia secara gratis untuk android adalah Swype. Secara umum, apa yang bisa dilakukan oleh aplikasi ini sama dengan aplikasi sebelumnya dalam daftar tulisan ini. Misalnya layanan seperti autocorrect dan prediksi, sinkronisasi perangkat, tema, dan beberapa kontrol isyarat lainnya.

Fitur Aplikasi Swype

  • Dukungan Dwibahasa – Swype bisa memasukkan kata-kata dari dua bahasa sekaligus! Kata-kata dari Swype otomatis akan menyesuaikan dengan dwibahasa yang kita pilih.
  • Prediksi Kata Berikutnya tersedia dengan sangat cerdas, seakan-akan Swype bisa membaca apa yang kita pikirkan.

Download Aplikasi

Akhir Kata

Terakhir, silakan kamu tentukan sendiri mana aplikasi keyboard android terbaik dan paling ringan pilihanmu? Apa pun yang kamu suka, pastikan keyboard mewakili apa yang kamu ekspresikan dan menunjukkan kamu secara personal.

15 Aplikasi Nonton Drama Korea Gratis Untuk Android

Kepopuleran drama Korea dalam beberapa tahun bekangan begitu menggila. Popularitas K-Pop dan K-Drama merambah tidak hanya di negara Asia namun juga negara Eropa dan...
litalia
5 min read

Cara Membuat File ISO dengan Daemon Tools, PowerISO, dan UltraISO

File ISO, sudah ada yang faham jenis file apakah itu? Yups file ISO merupakan sebuah ekstensi file dimana memuat data yang dimaksudkan sebagai gambaran...
litalia
2 min read

20 Aplikasi Edit Tulisan Kekinian Untuk Hp Android

Mengedit foto, video, atau apapun rasanya kurang lengkap jika hanya menggunakan bentuk tulisan bawaan yang tersedia di hp android. Lalu bagaimana caranya agar tampilan...
litalia
5 min read