18 Aplikasi Chat Android Terbaik, Gratis, Aman, dengan Fitur Paling Lengkap

Jurnalponsel.com – Kumpulan Aplikasi Chatting (Instan Messenger) Untuk hp Android Paling Aman Yang Banyak Digunakan, Chat atau Chatting adalah kebutuhan anak muda jaman now. Bicara soal aplikasi chat, tentu ada banyak sekali pilihannya. Tapi kita tidak bisa jika tidak memilih salah satunya.

Sebab jaman sekarang, rasa-rasanya tidak mungkin bila kita tidak memiliki aplikasi untuk chat. Bahkan kemungkinan besarnya, dalam satu smartphone android yang kamu miliki, pasti ada lebih dari satu aplikasi untuk chat atau chatting.

Semuanya sah-sah saja, karena memang android mendukung untuk itu semua. Pilihan Aplikasi Chatting Android Yang Beragam, membuat para developer berlomba-lomba membuat aplikasi chatting gratis dengan banyak fitur menarik.

Beberapa di bawah ini misalnya, bisa jadi pilihan terbaik kamu. Terutama untuk kebutuhan yang berbeda. Ada aplikasi yang sederhana, ada yang khusus untuk bisnis, ada yang paling aman, dan lain sebagainya.

Daftar Aplikasi Chatting Terbaik, Gratis, dan Paling Populer Untuk Hp Android

Berikut beberapa Rekomendasi Aplikasi Chatting Android Terbaik Dan Terpopuler Yang Dapat Kamu Jadikan Pilihan. Kamu bisa pilih berdasarkan kebutuhan kamu. kira-kita kamu butuh aplikasi untuk chat yang seperti apa?

1. Line

Line

Line adalah aplikasi pertama pilihan saya, terutama untuk kategori aplikasi yang paling menyenangkan untuk chat dan bisnis. Kita semua pasti tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini.

Iklan tentang aplikasi chatting Line sudah banyak ditayangkan di berbagai media seperti televisi, youtube, sosial media, internet, dan masih banyak lagi. Keunikan aplikasi ini terletak pada sticker chat yang variatif dan lucu.

Sticker chat inilah yang kemudian menjadi kekuatan dan daya tarik Line untuk menggaet pengguna. Kita bahkan bisa melakukan custom atau mengatur sticker kita sesuai dengan keinginan kita sendiri.

Hal lain yang tidak kalah uniknya adalah adanya fitur shake yang disematkan Line dalam aplikasinya. Melalui fitur ini, kita bisa menambahkan teman hanya dengan menggoyangkan perangkat android kita.

Kaya dengan fitur yang unik dan menarik, Line juga memanjakan penggunanya dengan fasilitas video call dan voice call gratis.

Download Aplikasi Line

2. WeChat

WeChat

Berikutnya ada nama WeChat dengan Fitur Hold to Talk adalah salah satu fitur unggulan di aplikasi WeChat. Fitur ini digunakan untuk merekam suara dan kemudian mengirimkannya langsung untuk teman chat kita.

WeChat juga dilengkapi dengan ratusan smiley lucu yang bisa kita gunakan tanpa membayar sedikit pun alias gratis. Selain itu, fitur game terpopuler pun bisa kita mainkan dengan teman chat kita di aplikasi WeChat ini.

Hampir mirip dengan Line, WeChat juga dilengkapi dengan fitur Friend Radar atau menemukan teman dengan menggoyangkan perangkat pintar kita. WeChat pun cukup fleksibel digunakan, sebab bisa dipasang pada perangkat android, Windows Phone, maupun iOS.

Download Aplikasi WeChat

3. WhatsApp

WhatsApp Messenger

 

WhatsApp belakangan ini menjadi salah satu aplikasi chatting yang populer dan banyak digunakan oleh kalangan masyarakat manapun. Hal ini dikarenakan WhatsApp menggunakan sistem registrasi dengan nomor ponsel, sehingga cukup mudah digunakan.

WhatsApp tidak memerlukan Username dan PIN, sebab kontak kita akan secara otomatis terintegrasi dengan kontak WhatsApp kita. Aplikasi ini memungkinkan kita berbagi video, foto, voice note atau pesan suara, status, hingga dokumen-dokumen office.

Fasilitas berkirim pesan dan panggilan suaranya pun tidak akan membuat kita boros, sebab aplikasi ini menggunakan kekuatan koneksi internet dalam operasinya. Bahkan, untuk mengunduh aplikasi ini pun kita tidak dikenakan biaya sedikitpun alias gratis.

Aplikasi chat gratis ini adalah yang paling sederhana dan simpel. Cocok bagi kamu yang tidak ingin ribet dengan aplikasi untuk chat. Apalagi, di Indonesia penggunanya sangat banyak dan terus meningkat.

Download Aplikasi WhatsApp

4. Path

Path

Path selama ini sudah kita kenal sebagai salah satu jenis sosial media yang cukup populer di kalangan anak muda. Namun, Path juga bisa digunakan sebagai aplikasi chat.

Belakangan ini, aplikasi Path banyak digunakan oleh public figure atau artis-artis Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk berbagi moment-moment tertentu mulai dari foto, video, musik, hingga status.

Tidak hanya sampai di situ, sekarang Path juga bisa kita gunakan untuk chatting dengan teman-teman, keluarga, maupun dengan kekasih kita. Berdasarkan statistik pengunduh, sampai saat ini Path telah digunakan oleh sedikitnya 1 juta user android dan terus bertambah setiap harinya.

Download Aplikasi Path

5. Tinder

Tinder

Diluncurkan pada September 2012 oleh Sean Rad, Tinder bertujuan untuk memudahkan para remaja untuk memilih dan menemukan teman kencan yang sesuai dengan keinginan mereka.

Pengguna Tinder hanya perlu menggeser tampilan layar ke kanan jika dirasa telah menemukan seseorang yang disukainya, atau menggesernya ke kiri jika sebaliknya. Jika teman yang kita sukai juga menyukai kita, Tinder akan mempertemukan kita dengan orang tersebut melalui aplikasi.

Tinder banyak digunakan oleh pengguna dengan rentang umur antara 18 hingga 30 tahun.

Download Aplikasi Tinder

6. BeeTalk

 Beetalk

Pernah diiklankan secara serentak diberbagai media, BeeTalk tidak jauh berbeda dengan aplikasi Tinder. Aplikasi ini mengusung fitur-fitur yang memiliki sejumlah kemiripan dengan Tinder.

Perbedaanya adalah pertemanan antara pengguna bisa langsung terjadi tanpa harus menunggu konfirmasi dari yang bersangkutan. Keunikan aplikasi BeeTalk terletak pada perangkat yang perlu digoyangkan terlebih dahulu untuk mendapatkan teman-teman baru.

Di Indonesia sendiri, aplikasi BeeTalk diiklankan oleh anak-anak muda yang sedang naik daun sehingga menarik anak-anak dengan rentang usia remaja untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi ini.

Download Aplikasi BeeTalk

7. MeowChat

MeowChat

MeowChat adalah sebuah aplikasi yang bertujuan untuk mencari teman baru –dan jika beruntung—pasangan. Oleh platformnya, aplikasi ini sengaja dibuat untuk memenuhi gejolak masa muda penggunanya.

MINUS, penggarap MeowChat, mengklaim bahwa aplikasi ini mampu mempertemukan kita dengan teman-teman baru yang berasal dari berbagai belahan dunia. Kita bahkan bisa mengobrol secara pribadi dengan orang yang sudah benar-benar kita kenal maupun orang asing yang belum pernah bertemu dengan kta sama sekali.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kita diharuskan untuk log in dengan akun facebook kita terlebih dahulu. Baru setelah itu kita harus menambah teman melalui kontak list ponsel kita dan facebook. Fitur utama aplikasi ini adalahfasilitas Chatting.

Bedanya, melalui MeowChat kita bisa chatting dengan dua cara; private chat seperti yang kita lakukan pada Line, BBM, dan lain-lain serta opsi Random Chat yang memungkinkan kita mengobrol dengan teman yang dicarikan oleh aplikasi secara random.

Jadi, kita bisa mengobrol dengan orang yang belum kita kenal sama sekali. Cocok deh mungkin untuk kamu yang sedang cari pasangan.

Download Aplikasi MeowChat

8. KakaoTalk

kakao talk

Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi berkirim pesan dengan kecepatan yang sangat tinggi. KakaoTalk membuat kita berpikir ulang untuk mengirim pesan melalui aplikasi yang rentan dengan gangguan pending.

Aplikasi ini sudah digunakan oleh sedikitnya 150 juta pengguna dari seluruh belahan dunia. Selain fitur Chat, KakaoTalk juga menyediakan fitur panggilan telepon gratis. KakaoTalk juga memberikan voucher dan kupon gratis yang bisa kita gunakan untuk mentraktir teman atau pasangan kita.

Aplikasi KakaoTalk juga memungkinkan kita untuk mengobrol dengan banyak teman tanpa masalah. Hal ini dikarenakan KakaoTalk mempunyai fitur grup dengan jumlah anggota yang tidak dibatasi.

KakaoTalk bisa kita gunakan baik dalam perangkat ponsel android maupun melalui perangkat PC.

Download Aplikasi KakaoTalk

9. Hangout

hangouts

Hangout merupakan aplikasi besutan Google yang digunakan sebagai aplikasi berkirim pesan secara instan. Hangout bisa dibilang sebagai aplikasi kelas tinggi sebab terintegrasi secara penuh dengan layanan google plus.

Chat dalam aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk menggunakan sticker dan emoji sehingga obrolan terasa seru dan menyenangkan. Hangout juga memungkinkan kita untuk melakukan SMS atau MMS, serta dibekali juga dengan fitur Video Call. Jangan khawatir, kualitas panggilan video yang dibuat oleh hangout bisa dikatakan sangat baik untuk digunakan.

Download Aplikasi Hangout

10. Facebook Messenger

Facebook Messenger

Jika anda pengguna sosial media Facebook, pasti tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Meski dibesut dari sosial media, aplikasi Facebook Messenger diciptakan untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna facebook untuk berkirim pesan secara instan.

Kita bisa mengobrol dan berbagi segala hal secara pribadi dengan pengguna facebook yang lain. Sebelum menggunakan aplikasi Facebook Messenger, kita terlebih dahulu diharuskan untuk log in dengan akun facebook kita.

Baru setelah itu, kita bisa langsung menggunakannya untuk chat, voice call, video call, hingga berbagi bermacam-macam jenis file secara pribadi. Facebook Messenger juga mendukung kita untuk membuat grup chat dengan teman-teman sesama pengguna facebook.

Dengan begitu, mengobrol sekaligus dengan banyak orang bisa dilakukan dengan mudah dan menyenangkan. Hanya saja aplikasi ini membutuhkan ruang yang cukup besar. Cukup memakan kinerja ponsel. Bahkan beberapa review tidak menyerankan menggunakanya.

Download Aplikasi Facebook Messenger

11. Instagram

aplikasi chat Instagram

Aplikasi yang satu ini populer sebagai aplikasi berbagi moment-moment penting melalui foto maupun video. Sedikitnya 400 juta pengguna telah mengunduh dan menggunakan aplikasi ini di berbagai belahan dunia.

Aplikasi Instagram juga dilengkapi dengan fitur edit foto, sehingga memudahkan pengguna untuk mempercantik tampilan foto yang diunggah. Kita juga bisa chatting dengan followers kita yang sedang aktif melalui menu Direct Message (DM). Bahkan kita bisa langsung mengirimkan DM untuk pengguna yang bersangkutan melalui foto atau video yang diunggah oleh pengguna tersebut.

Instagram saat ini bahkan memunculkan fitur stories yang bisa kita gunakan untuk membuat video siaran langsung (dalam instagram disebut sebagai Insta Stories) dan memungkinkan kita untuk berbalas komentar ditengah-tengah video yang sedang diputar.

Download Aplikasi Instagram

12. IMO Instagram

IMO

IMO merupakan aplikasi yang menyediakan layanan bertukar pesan instan (chat) dan panggilan video untuk perangkat smartphone atau tablet. Melalui IMO kita bisa menghubungi teman, saudara, kerabat, keluarga, atau kekasih kita dengan cepat dan mudah.

Aplikasi IMO didukung melalui koneksi atau jaringan 3G, 4G LTE, hingga WiFi. Jadi, dimanapun kita berada, selama tersedia akses internet, kita tetap bisa menghubungi orang-orang terdekat kita. IMO juga menyediakan fitur Grup Chat sehingga memungkinkan kita untuk membuat obrolan bersama lebih dari satu orang sekaligus dalam satu chat room.

Fitur chat dan panggilan video yang dilakukan IMO juga hanya mengandalkan paket internet, sehingga tidak akan memotong pulsa kita alias gratis.

Download Aplikasi IMO

13. BBM

BBM

Dulu, hanya dikenal sebagai salah satu layanan pengirim pesan pada ponsel Blackberry, Blackberry Messenger atau BBM. Tapi aplikasi ini sekarang bisa digunakan oleh seluruh pengguna smartphone jenis Android dan iOS.

BBM termasuk dalam salah satu aplikasi yang paling diminati oleh pengguna. Bahkan, statistik pengunduh yang dihimpun oleh Play Store menunjukkan bahwa aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 7 juta kali pada ponsel android.

Kekuatan aplikasi chat BBM terletak pada penggunaannya yang mudah dan simpel. Serunya, kita bisa menggunakan fitur Broadcast atau BC untuk mengirim pesan ke beberapa kontak secara bersamaan dan cepat.

Fitur ini sering digunakan oleh para pelaku bisnis online untuk mempromosikan produk-produk yang mereka jual. Selain Chatting, palikasi BBM sekarang juga bisa digunakan untuk membuat panggilan suara (BBM Voice istilahnya) dan berbagi status serta foto.

Sayangnya, aplikasi untuk chat yang terus di update dengan fitur-fitur tambahan yang menarik ini makin banyak ditinggalkan pengguna. Terutama karena banyaknya iklan yang ada di dalamnya. Sekalipun memang iklanya sama sekali tidak mengganggu.

Download Aplikasi BBM

14. Meetme IMO

Meetme

Meetme merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi chat yang bisa kita unduh dan install di perangkat android kita secara gratis. Meetme bisa dikategorikan dalam aplikasi chat yang praktis, ramah, namun tetap simple dan sederhana.

Bagi pengguna yang senang berlama-lama ngobrol atau chatting melalui perangkat android, Meetme bisa menjadi salah satu aplikasi yang cocok untuk anda gunakan.

Suasana chatting yang diberikan oleh meetme cukup menyenangkan dan seru, sehingga aplikasi ini cocok untuk digunakan oleh siapa saja; mulai dari segala usia, segala gender, semua daerah, bahkan seluruh pengguna dari berbagai belahan dunia bisa menggunakan aplikasi yang satu ini.

Download Aplikasi Meetme IMO

15. Moco

Moco

Aplikasi yang diklaim sebagai aplikasi nomor 1 untuk mencari teman, membuat janji bertemu, berkencan, hingga sekedar menjalin persahabatan dan masih banyak lagi. Aplikasi Moco memang menjadi aplikasi yang seru dan cukup ramai digunakan untuk mengobrol secara online.

Moco merupakan aplikasi chat android gratis yang bisa kita gunakan untuk menjaring dan menemukan banyak teman baru baik di dalam maupun di luar negeri.

Aplikasi Moco menyediakan chat room atau forum chat yang bisa kita manfaatkan untuk mengobrol online baik secara private one by one atau mengobrol dengan banyak anggota sekaligus.

Tidak hanya berhenti sampai di ditu, Moco juga menyediakan puluhan game menarik dan seru yang bisa kita mainkan selagi tidak sedang chatting.

Permainan yang ada di Moco antara lain Bingo, Poker, Slot, dan masih sekitar 50 an game yang lain. Apakah anda cukup tertarik untuk mencoba aplikasi ini?

Download Aplikasi Moco

16. Snapchat

Snapchat

Aplikasi Snapchat sempat naik daun dan menjadi aplikasi paling populer di kalangan pengguna dengan rentang usia remaja. Tidak bisa dipungkiri, Snapchat memang termasuk dalam aplikasi chat android yang menyenangkan, seru, dan memiliki banyak fitur menarik.

Banyak pengguna yang mengaku bisa menghilangkan kebosanan mereka dengan mengeksplore fitur-fitur snapchat. Tidak heran jika kemudian banyak pengguna dari berbagai belahan dunia beramai-ramai mengunduh dan memasang Snapchat dalam ponsel mereka.

Snapchat menawarkan fitur filter dengan berbagai template yang lucu dan unik. Selain itu, Snapchat juga menyediakan fitur Snapchatters yang bisa digunakan untuk menangkap serta menyimpan hasil pesan gambar dalam bentuk sebuah gambar.

Jika anda tertarik untuk menggunakan Snapchat, anda bisa mengunduh aplikasi snapchat ini secara gratis melalui situs berbagi aplikasi gratis seperti Play Store.

Download Aplikasi Snapchat

17. LOVOO

 LOVOO

LOVOO adalah aplikasi yang menawarkan berbagai pilihan kepada penggunanya untuk bisa berkenalan dengan pria atau wanita yang berstatus single dari seluruh dunia.

Melalui aplikasi ini, kita bisa mendapatkan teman baru atau pasangan kencan sesuai dengan keinginan kita. Pertemanan secara online yang kita lalukan pun cukup mudah dan cepat.

Aplikasi LOVOO hingga saat ini sudah digunakan oleh sedikitnya lima puluh juta orang pengguna android. Angka tersebut bukan angka mutlak, sebab setiap hari pengguna LOVOO masih terus bertambah.

Hal ini membuktikan satu hal, bahwa banyak orang setiap harinya ikut bergabung di dalam aplikasi LOVOO.

Download Aplikasi LOVOO

18. Twitter

Twitter

Twitter, saat ini tidak hanya dikenal sebagai aplikasi yang memungkinkan kita untuk saling membagikan status dan berbalas reply-an. Twitter bahkan sudah bisa digunakan untuk mengobrol dan berkomunikasi dengan seluruh orang yang ada di belahan dunia mana pun secara gratis atau tanpa dipungut biaya dalam bentuk apapun.

Twitter menggunakan koneksi internet kita sebagai dasar operasinya. Melalui twitter, kita bisa berbagi hampir segala hal; mulai dari teks status, emoji, foto, video, gambar bergerak, dan masih banyak lagi.

Kita bisa melakukan tweet dengan melampirkan file-file yang ingin kita unggah ke timeline. Hal-hal yang kita bagikan inilah yang kemudian menjadi sarana berkomunikasi kita dengan followers-followers kita.

Untuk fitur tweets dan chat melalui Direct Message, saat ini twitter tidak lagi membatasi karakter hingga 140 saja. Kita sudah bisa berbagi banyak hal dengan memaksimalkan 280 karakter yang twitter sediakan. Twitter banyak digunakan oleh public figure hingga pejabat negara, dan cukup ramah dengan para penggunanya.

Twitter bahkan bisa dijadikan sebagai sarana memantau perkembangan berita terkini melalui hashtag-hashtag tertentu yang sedang menjadi trending topic.

Download Aplikasi Twitter

Aplikasi Chat Yang Lain?

Tentu saja di Google Play Store masih ada banyak aplikasi chat yang lain. tapi menurut saya, seluruh aplikasi di atas sudah mewakili yang kita butuhkan dan yang terbaik. kecuali jika nanti ada aplikasi untuk chat terbaru yang menawarkan fitur baru lagi yang lebih unggul.

Misalnya telegram bisa jadi aplikasi chat paling aman, WhatsApp adalah aplikasi paling simpel dan populer. Lalu ada line yang bisa jadi aplikasi chat paling menyenangkan.

Selain itu, juga ada aplikasi Duo yang dikembangkan oleh Google juga bisa jadi pilihan aplikasi untuk chat yang lain terutama kalau bicara video call nya.

15 Aplikasi Nonton Drama Korea Gratis Untuk Android

Kepopuleran drama Korea dalam beberapa tahun bekangan begitu menggila. Popularitas K-Pop dan K-Drama merambah tidak hanya di negara Asia namun juga negara Eropa dan...
litalia
5 min read

Cara Membuat File ISO dengan Daemon Tools, PowerISO, dan UltraISO

File ISO, sudah ada yang faham jenis file apakah itu? Yups file ISO merupakan sebuah ekstensi file dimana memuat data yang dimaksudkan sebagai gambaran...
litalia
2 min read

20 Aplikasi Edit Tulisan Kekinian Untuk Hp Android

Mengedit foto, video, atau apapun rasanya kurang lengkap jika hanya menggunakan bentuk tulisan bawaan yang tersedia di hp android. Lalu bagaimana caranya agar tampilan...
litalia
5 min read