15+ Aplikasi Anti Virus Untuk Hp Android, Unduh Dan Download AntiVirus Security-Free

15+ Aplikasi Anti Virus Untuk Hp Android, Unduh Dan Download AntiVirus Security-Free, Virus bisa menyerang perangkat Android setidaknya melalui dua cara. Pertama saat kita gunakan untuk browsing dan kedua saat kita menginstal program di luar yang disediakan oleh pihak ketiga terpercaya. Pihak ketiga terpercaya misalnya Google Play Store.

Padahal smartphone android pasti tak akan bisa lepas dari yang namanya internet. Karena itu satu-satunya cara yang bisa kita lakukan agar android kita bebas virus adalah melindunginya dari serangan virus, trojan maupun malware dengan aplikasi anti virus.

Aplikasi AntiVirus Android Terus Berkembang

Malware atau yang kerap dikenal pula sebagai virus selalu berkembang dari waktu ke waktu. Memang di luar sana ada orang-orang jahat yang sengaja mengembangkanya. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak menyediakan daftar pilihan Aplikasi Anti virus Android terbaik dan terbaru. Lalu mengganti Aplikasi Antivirus yang sudah usang dan tak lagi ampuh. Berikut daftar aplikasi Mobile Security dan Antivirus Android terbaik.

1. CM Security: Pelindung Malware Terbaik

cm-security-antivirus

Aplikasi anti virus pertama dalam daftar ini adalah CM security (Clean Master). Tentu bukan tanpa alasan mengapa saya memilih aplikasi ini, Ia adalah pemenang penghargaan untuk kategori security phone dan menyediakan beberapa fitur security Android terbaik untuk perlindungan dari serangan malware.

Aplikasi ini dibuat oleh Cheetah Mobile, sebuah perusahaan penelitian yang menghasilkan laporan terpercaya mengenai keadaan dan kesehatan smartphone dengan platform Android. CM security didedikasikan sebagai aplikasi antivirus yang bisa melakukan scanning secara cepat dan menyeluruh serta real time.

  • CM security hadir hanya dalam satu versi, yaitu versi gratisan. Jadi bisa kita gunakan tanpa membayar sepersenpun. Di dalamnya juga ada fitur fingerprint security.

Download Aplikasi

2. Antivirus – 360 Security

360-antivirus

360 security yang sebelumnya dikenal pula dengan nama Qihoo adalah aplikasi Antivirus yang telah lama ada dan populer dengan segala kemampuan yang diperlukan untuk melindungi ponsel. Tentu, ia memiliki kemampuan sebagai antivirus, yang mampu secara otomatis memindai file dan update setiap saat.

Setiap kali kita melakukan instal program, baik dari Play Store atau di luar Play Store, harus melewati 360 security terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam ponsel. Selain itu, 360 security adalah sistem cleaning yang membersihkan file-file sampah, membebaskan RAM dan juga memiliki beberapa fitur hemat daya.

  • Beberapa review mengenai aplikasi anti virus smartphone menempatkan 360 security sebagai aplikasi terbaik. Apalagi memang ia tersedia dalam versi gratisan saja.

Download Aplikasi

3. Kaspersky Internet Security: Pelindung anti-phishing Terbaik

kaspersky

Versi PC dari Kaspersky secara teratur selalu memperoleh penghargaan dan sering pula menjadi yang terbaik untuk kategori ‘the best internet security suite’. Versi mobile gratis menawarkan semua perlindungan standar anti-malware yang kita butuhkan, juga seluruh fitur anti-pencurian sama seperti yang ada pada fitur PC.

Upgrade ke versi premium (US $ 14,95 untuk satu tahun), dan kita akan mendapatkan perlindungan anti-phishing untuk pesan teks, perlindungan cloud (cloud protection) dan perlindungan privasi ketika kita menjelajahi web. Tapi versi gratisanya sudah cukup baik dalam melindungi ponsel.

  • Aplikasi Kaspersky Internet Security tersedia dalam beberapa versi, ada versi gratisan dan berbayar. Untuk gratisan kita bisa memilih $9.99 per tahun atau $14.95 per tahun untuk dua ponsel android.

Download Aplikasi

4. Malwarebytes Anti-Malware: Privacy Manager Terbaik

malwarebytes

Jika yang kamu cari adalah aplikasi anti malware gratis, kamu bisa menggunakan Malwarebytes yang juga memiliki reputasi cukup baik untuk ponsel. Apalagi aplikasi ini memang terbukti mampu menemukan dan menghilangkan malware di ponsel.

Bagaimanapun aplikasi ini sangat sederhana dan tidak memiliki banyak sistem yang rumit. Menurut saya, aplikasi ini lebih cocok untuk aplikasi android lama, smartphone kelas low enty atau mainstream, tapi tidak untuk android versi baru dan kelas high end atau flagship.

  • Malwarebytes Anti-Malware hanya tersedia dalam satu versi, yaitu versi gratis saja.

Para pengembang juga telah mengintegrasikan Malwarebytes dengan Android Device Manager dengan sebuah fitur Android pelacakan atau anti-pencurian jarak jauh yang secara efektif meniadakan hal-hal berbahaya pasa ponsel.

Download Aplikasi

5. AVL: Interface Terbaik

avl-for-android

AVL antivirus adalah aplikasi anti virus Android yang bisa jadi alternatif terbaik terutama soal efisiensi kinerja dan antarmuka yang intuitif. Meskipun tidak termasuk ke dalam beberapa aplikasi antivirus yang memiliki fitur anti-pencurian yang dapat ditemukan di aplikasi serupa, ia sangat bagus digunakan untuk perlindungan dasar dan cenderung mempengaruhi kinerja baterai atau beberapa kerusakan kinerja.

AVL sangat bagus untuk kamu gunakan, karena semua fitur standar perlindaungan pada aplikasi ini bekerja dengan baik. Mulai dari antivirus, anti malware dan lainya. Apalagi aplikasi juga punya nama yang baik untuk PC.

Download Aplikasi

6. AVG Antivirus Security: Pelindung Dan Anti Pencurian Terbaik

avg-antivirus-security

AVG Antivirus adalah sebuah aplikasi yang bisa kita dapatkan secara gratis untuk melindungi smartphone setiap saat dari virus, aplikasi berbahaya dan spyware lainya. Kita tidak hanya bisa meninjau ulang aplikasi yang telah kita pasang, tetapi juga file-file, pengaturan dan juga yang lainya.

Bahkan AVG Antivirus memiliki sebuah pilihan untuk menutup aplikasi yang secara signifikan memperlambat kinerja smartphone atau menghabiskan daya baterai. Juga, dapat kita manfaatkan bila kita kehilangan perangkat Android, kita dapat memblokir dan menghapus informasi tentang kita serta menemukan smartphone melalui Google Maps.

  • Aplikasi tersedia dalam beberapa versi, gratisan dan berbayar. Untuk berbayar kita bisa memilih $3.99 per bulan atau $14.99 per tahun.

Download Aplikasi

7. Norton Security Antivirus: Versi Premium Terbaik

norton-mobile-security

Norton Security Antivirus adalah aplikasi yang bisa kita dapatkan secara gratis yang melindungi dan menghilangkan malware pada Android. Belilah versi premium, dan kita akan memperoleh versi yang lebih lengkap. beberapa fitur yang hanya ada di versi premium seperti Remote Locking and Sneak Peak, yang akan menampilkan foto seseorang yang menggunakan Android kita bila android kita dicuri.

Versi premium juga menawarkan fitur ‘Advisor’, sebuah fitur yang secara otomatis akan memindai aplikasi dari resiko kerusakan, pengaturan penggunaan baterai bila terlalu panas, juga pada perilaku yang mencurigakan.

  • Ada dua versi aplikasi anti virus ini, gratisan dan berbayar. Untuk berbayar sebesar $29.99 per tahun.

Download Aplikasi

8. Avast! Antivirus & Security: Fitur Paling Terkenal

avast_mobile_security

Dengan avast!, kita memiliki kemungkinan untuk memindai secara otomatis pada aplikasi yang telah kita instal, konten yang tersimpan di memori card sebagai mana aplikasi yang telah terinstal.

Avast juga memiliki fitur membersihkan dan mencegah SMS dan panggilan-dalam kasus pencurian-ada juga fitur mengontrol kunci dan opsi pembersihan, GPS tracking, pemberitahuan alarm dan juga pemberitahuan bila ada seseorang yang mencoba untuk mengganti kartu Sim. Fitur lain termasuk firewall, web shield dan network meter.

  • Selain versi gratisan, kamu bisa gunakan versi berbayar $1.99 tiap bulan atau $14.99 per tahun.

Download Aplikasi

9. LastPass Authenticator: Aplikasi Pelindung Terbaik

LastPass Authenticator

LastPass adalah sebuah aplikasi yang memiliki fitur pengelolaan password (password manager). Kita dapat menyimpan semua password yang telah kita buat dalam satu lokasi yang di lindungi oleh password tunggal sebagai password utama.

Lastpass Authenticator menghasilkan kode 6-digit yang kita masukkan untuk memverifikasi akun kita. Ia bekerja dengan password manager LastPass sendiri, sebagaimana aplikasi TOTP. Jadi aplikasi ini dijamin sangat aman dari malware dan virus. Sehingga sangat aman.

Download Aplikasi

10. AndroHelm Mobile Security

AndroHelm

Aplikasi anti virus berikunya ada nama AndroHelm Mobile Security. Memang tidak begitu terkenal, namun memiliki banyak manfaat untuk melindungi smartphone. Apalagi aplikasi ini hanya memiliki fokus perlindungan ponsel dengan fitur utama berupa perlindungan ponsel secara real time dari malware dan spyare.

Aplikasi ini juga melakukan scanning pada aplikasi yang baru kita instal dan melakukan update database anti virus secara berkala. Juga ada mode quarantime, app backups, virus protection dan masih banyak lagi.

Salah satu fitur terbaik dalam aplikasi ini adalah tersedianya fungsi melindungi ponsel dari jarak jauh dan menghapus data yang berbahaya. Walaupun memang dari segi harga lumayan mahal, tampilanya kurang menarik, tapi dari sisi manfaat sangatlah berguna. Dan mampu bekerja dengan baik.

  • AndroHelm Mobile Security tersedia dalam beberapa harga, ada yang free, ada $2.59 perbulan, ada $23.17 per tahun dan ada $119.85 untuk selamanya.

Download Aplikasi

11. Avira Antivirus Security

Avira Antivirus Security

Berikutnya ada aplikasi anti virus yang sangat terkenal untuk PC, namun hadir pula untuk smartphone android. Siapa lagi kalau bukan Avira Antivirus Security untuk smartphone. Sebuah aplikasi yang relatif baru namun sudah lama kita katahui. Meski baru, kini banyak orang menyukai aplikasi ini.

Avira Antivirus Security hadir dengan fitur dasar seperti scanning perangkat android, real time protection, dan juga dibekali dengan kemampuan scanning pada SD eksternal (memory eksternal). Selain itu juga ada beberapa fitur lain.

Juga ada beberapa fitur modern seperti Stagefright Advisor yang membantu penguna mengidentifikasi beberapa file dan data berbahaya yang ada di dalam ponsel. ada juga fitur seperti fitur anti pencurian, privasi fitur, blacklist fitur, dan fitur admin device.

Sayangnya aplikasi ini cukup berat jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi lainya. Apalagi ia juga bekerja secara real time. Hanya saja memang fiturnya sangat bagus.

  • Aplikasi Avira Antivirus Security tersedia dalam dua versi, veris gratisa dan versi berbayar. Butuh dana sebesar $11.99 per tahun untuk versi berbayarnya.

Download Aplikasi

12. TrustGo’s Antivirus & Mobile Security

TrustGo

Jika kamu mencari aplikasi anti virus yang benar – benar sepenuhnya gratis, maka Antivirus and Mobile Security dari TrustGo bisa jadi adalah aplikasi terbaik untuk kamu. Setidaknya pengembang menjamin kehebatan aplikasi ini. Pengembang menjamin  tentang bagaimana mereka membangun aplikasi dari bawah ke atas untuk perlindungan seluler terhadap ancaman virus, malware dan spyware dengan sangat optimal.

Apalagi aplikasi ini di dukung dengan berbagai fitur dasar seperti pemindaian perangkat untuk mencari ancaman yang ada, perlindungan real-time, dan penjaga privasi yang membantu menunjukkan kepada Anda aplikasi apa dan menggunakan izin apa saja.

Selain itu juga ada fitur sekunder seperti pengelolaan sistem, find-my-phone functionality, dan backup data jika Anda memerlukannya.

Yang paling menyenangkan dari aplikasi ini adalah ia tidak seberat beberapa aplikasi anti virus yang jadi pesaingnya, walaupun memang sama sekali tidak ringan. Dan juga aplikasi ini 100% gratis untuk digunakan. Jadi tidak salah bila aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi antivirus yang sangat bagus untuk Android.

  • Antivirus and Mobile Security dari TrustGo hanya tersedia dalam versi gratis saja. Tidak ada versi berbayar.

Download Aplikasi

13. Bitdefender Antivirus Free

Bitdefender Antivirus Free

BitDefender Antivirus Free bisa jadi adalah pilihan aplikasi anti virus paling ringan dan paling tidak menonjol dalam daftar tulisan ini. sebab ia hanya memiliki dua fitur yang tepat untuk memindai dan membersihkan perangkat Anda dan kemudian menawarkan perlindungan antivirus secara real-time.

Perlindungan secara real-time dilakukan dengan cara memindai aplikasi seketika saat dipasang. Aplikasi juga melakukan monitoring pada aplikasi apa yang sedang kita gunakan dan jalankan.

Pemindaian dilakukan secara sederhana dan hanya membutuhkan beberapa saat untuk menyelesaikan proses pemindaian. Secara teknis sebenarnya aplikasi ini hanyalah pecahan dari antivirus BitDefender yang tersedia di PC dan jauh lebih besar.

Namun saya cukup menyukai aplikasi ini karea dia memang begitu ringan. Saya lebih suka menggunakan anti virus yang ringan ketimbang yang berat tapi jika Anda ingin menggunakan yang lebih berat, Anda dapat memilih salah satu anti virus yang telah saya bahas sebelumnya.

  • Bitdefender Antivirus Free hanya tersedia dalam satu versi, yaitu versi gratisan.

Download Aplikasi

14. Dr Web Security Space

Dr.Web Security Space

Aplikasi anti virus android terbaik berikutnya ada nama Dr Web Security Space. Dr Web’s Mobile Security adalah salah satu anti virus yang telah ada sejak lama dan saya telah beberapa kali mengulasnya dalam tulisan yang lain, meski tidak di jurnalponsel. Dahulu, aplikasi ini hanyalah aplikasi anti virus android yang sederhana, tapi telah menjadi salah satu aplikasi antivirus terlengkap di ponsel.

Dr Web’s Mobile Security memiliki fitur dua jenis scan bersama dengan perlindungan real time. Aplikasi ini juga menyediakan perlindungan real-time untuk kartu SD eksternal, juga. Aplikasi juga memiliki fitur anti-spam, banyak sekali fitur anti-pencurian (termasuk kunci jarak jauh, pesan jarak jauh khusus, dan penghapusan jarak jauh), pemeriksa cloud, dan bahkan dukungan firewall.

Jadi tidak salah bila aplikasi ini adalah salah satu yang terbaik dan Android antivirus yang sangat hebat yang tidak disertai banyak kekacauan, walaupuun memang tidak terlalu ringan. Melainkan cukup berat. Tapi adakah anti virus yang ringan?

  • Aplikasi ini tersedia dalam beberapa versi, ada versi gratisan, ada versi berbayar dengan harga $9.90 per tahun. Juga ada harga $18.80 untuk dua tahun dan $75 versi lisensi selamanya.

Download Aplikasi

15. Eset Mobile Security and Antivirus

Mobile Security & Antivirus

Satu lagi aplikasi yang juga sebelumnya tersedia untuk anti virus PC, Eset Mobile Security and Antivirus. Aplikasi ini begitu populer di PC (Nod32). Kepopuleran aplikasi ini untuk android terletak pada kemampuanya dalam proses mendeteksi keberadaan virus, sangat cepat.

Di dalamnyajuga terdapat banyak sekali fitur dasar anti virus seperti scanning dan perlindungan secara real time. Hanya saja, aplikasi masih menggunakan standar tampilan tablet, bukan smartphone.

Versi gratisanya dibekali dengan fitur yang lebih sedikit ketimbang berbayar, tapi sudah sangat cukup untuk melindungi ponsel dan melakukan scanning. Sedang untuk fitur anti pencurian dan beberapa fitur lainya hanya bisa di dapatkan dalam versi berbayar.

  • Eset Mobile Security and Antivirus adalah aplikasi anti virus android yang sangat terpercaya. Ia tersedia dalam dua versi, gratisan dan berbayar sebesar $9.99 per tahun.

Download Aplikasi

16. Lookout

Lookout Security & Antivirus

Berikutnya ada nama Lookout sebagai aplikasi untuk anti virus android terbaik. Aplikasi ini sengaja di desain untuk kebutuhan perlindungan pada smartphone android. Maka tidak salah jika semua fitur dalam aplikasi begitu tepat untuk android.

Bahkan untuk versi gratisanya saja sudah mencakup banyak fitur, seperti antivirus, anti-malware, dan perlindungan anti pencurian. Walaupun memang versi berbayarnya menyediakan perlindungan yang lebih mendalam dengan beragam fitur hebat.

Pada versi berbayar, kita bisa mendapatkan fitur anti-theft alerts, real-time web browsing protection, saran privasi,  dan juga beberapa fitur backup data. Jadi aplikasi ini bisa jadi alternatif yang baik dan cukup untuk melindungi ponsel dari virus.

  • Aplikasi tersedia dalam beberapa versi, ada versi gratisan dan berbayar. Untuk versi berbayar bisa seharga $2.99 perbulan atau $29.99 pertahun.

Download Aplikasi

17. McAfee Security and Power Booster

McAfee Mobile Security & Lock

McAfee menjadi aplikasi terakhir dalam daftar ini. Aplikasi juga sangat terkenal untuk PC, namun kini hadir dalam versi android. Menariknya, hampir tidak ada perbedaan mencolok antara versi gratisan dengan versi berbayar pada aplikasi ini.

Keduanya datang hanya dengan sedikit fitur. Baik gratisan maupun berbayar, datang dengan kemampuan yang sangat mempuni untuk melindungi ponsel dari virus. Tapi versi berbayar sedikit lebih lengkap. ya, hanya sedikit. Yaitu hanya terletak pada fitur dukungan ponsel dan backup service.

Yang buat aplikasi ini berbeda dari yang lainya adalah adanya fitur “power booster”. Walau itu tidak terlalu penting, tapi fitur perlindungan dari fitur pada aplikasi ini sangat bermanfaat.

  • Aplikasi tersedia dalam beberapa versi, gratisan dan berbayar. Untuk versi berbayar, kita bisa pilih $2.99 perbulan atau $29.99 pertahun.

Download Aplikasi

Mana Aplikasi Anti Virus Android Terbaik?

Satu lagi aplikasi anti virus dalam daftar di atas yang mungkin bisa jadi alternatif terbaik selain nama-nama besar yang telah ada di PC adalah TrustGo’s Antivirus & Mobile Security. Sayangnya, aplikasi ini sudah terlalu lama tidak di update oleh pengembang. Terakhir di update adalah pada tahun 2014, jadi kemungkinan ada beberapa database virus yang telah usang.

Meski demikian ia telah di download lebih dari 10 juta pengguna. Jika suatu saat nanti ia kembali hadir dengan versi terupdatenya kemungkinan ia akan menjadi yang terbaik.

Atau kamu punya cara lain untuk menghentikan virus, Trojan atau malware pada Android? atau kamu memiliki antivirus yang lebih baik dari yang saya sebutkan? Jika iya, mari berbagi dengan kami.

15 Aplikasi Nonton Drama Korea Gratis Untuk Android

Kepopuleran drama Korea dalam beberapa tahun bekangan begitu menggila. Popularitas K-Pop dan K-Drama merambah tidak hanya di negara Asia namun juga negara Eropa dan...
litalia
5 min read

Cara Membuat File ISO dengan Daemon Tools, PowerISO, dan UltraISO

File ISO, sudah ada yang faham jenis file apakah itu? Yups file ISO merupakan sebuah ekstensi file dimana memuat data yang dimaksudkan sebagai gambaran...
litalia
2 min read

20 Aplikasi Edit Tulisan Kekinian Untuk Hp Android

Mengedit foto, video, atau apapun rasanya kurang lengkap jika hanya menggunakan bentuk tulisan bawaan yang tersedia di hp android. Lalu bagaimana caranya agar tampilan...
litalia
5 min read