Daftar Aplikasi Al-Qur’an Android Terbaik dan Gratis Buat Ngaji Semakin Menyenangkan, Hadirnya teknologi android ternyata mampu membawa banyak perubahan tak hanya pada urusan dunia saja, melainkan juga urusan agama. Salah satunya adalah aplikasi Al Quran untuk Hp Android yang akan membantu kita memahami tajwid Al Quran. Selain itu, juga bisa kita gunakan untuk tilawah Quran dimana saja dan mendengarkan lantunan indah dari MP3 Al Quran.

Tak hanya satu, di Google Play Store aplikasi untuk membaca al quran ada banyak. mulai dari aplikasi al quran terjemah, aplikasi quran mp3 dan lainya. Masing-masing juga memiliki tampilan yang menyenangkan dan mudah dibaca. Berikut beberapa pilihan terbaik:

Daftar Aplikasi Qur’an Gratis Untuk HP Android

1. Al Quran Indonesia

Aplikasi Al Quran Indonesia

Banyak orang ingin menyimpan aplikasi Al Quran terbaik dan terlengkap di ponsel mereka agar bisa tetap membaca Al Quran di tengah padatnya aktifitas. Andi Unpam, salah satu developer dalam negeri, berusaha menjawab keinginan tersebut melalui aplikasi besutannya; Al Quran Indonesia.

  • Aplikasi Al Quran Indonesia memiliki desain interface yang menarik sehingga pengguna bisa merasa nyaman ketika membaca Al Quran melalui perangkat ponsel pintar mereka.
  • Selain itu, desain yang apik ini juga membuat aplikasi menjadi tidak monoton, sehingga jauh dari kesan membosankan. Tampilannya pun bisa dibilang user friendly, sehingga mudah untuk dioperasikan. Pengguna aplikasi ini jadi lebih nyaman dan dimudahkan.

Al Quran Indonesia yang telah dianugerahi gelar sebagai aplikasi Al Quran terbaik saat ini juga dilengkapi dengan fitur unggulan yang semakin memanjakan kita.

Salah satunya adalah dukungan potrait mode dan landscape mode yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Selain itu, ada juga fitur tema gelap dan terang sehingga tidak membuat mata kita terasa cepat lelah.

Ayat-ayat suci dalam aplikasi ini pun lengkap, sebanyak 30 Juz dan 114 surat tanpa pembatasan apapun.

Lebih lanjut, aplikasi Al Quran Indonesia juga dilengkapi dengan fitur full audio, serta fitur-fitur tambahan seperti jadwal dan waktu salat, alarm waktu adzan, jadwal imsakiyah, kalender imsakiyah, arah kiblat, kalender hijriyah, dan banyak fitur unggulan yang lain. Berminat menggunakannya?

Download Aplikasi Al Quran Indonesia

2. Al’Quran Bahasa Indonesia

Al’Quran Bahasa Indonesia

Setelah Al Quran Indonesia, aplikasi Quran android yang bisa kita coba selanjutnya adalah aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia. Aplikasi ini dibuat oleh Martin Villar, dan termasuk dalam jajaran aplikasi yang sangat laris didownload dan dipasang oleh pengguna ponsel android.

Penggunanya bahkan didominasi dari negara kita. Prestasi ini dibuktikan oleh statistik pengunduhnya yang sudah mencapai angka 10 juta kali, sehingga rasanya wajar-wajar saja jika kita menyejajarkannya dengan aplikasi yang telah kita bahas sebelumnya.

Dari desain user interface atau tampilan, aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia mempunyai kelebihan dibandingkan dengan aplikasi yang sudah kita bahas sebelumnya.

  • Tampilan aplikasi ini sudah penuh warna atau color full, serta ditambah dengan menu dan gambar penunjang yang mempermanis tampilan basicnya. Aplikasi ini juga cukup mudah untuk digunakan.

Kita hanya perlu untuk menggeser atau swipe layar untuk berganti halaman surat. Geser ke kanan untuk surat sebelumnya, dan sebaliknya, geser ke kiri untuk menuju ke surat selanjutnya. Tampilannya pun bisa kita atur sedemikian rupa dengan landscape mode atau potrait mode.

Aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia juga memungkinkan kita untuk mengganti ukuran ayat surat ataupun terjemahannya. Bisa diperbesar atau diperkecil sesuai dengan kebutuhan kita sendiri.

Jika dirasa lebih cocok dengan tampilan standar, kita juga bisa menyettingnya kembali ke ukuran font semua. Aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia juga dilengkapi dengan fitur audio yang memungkinkan kita untuk mendengarkan cara membaca ayat tertentu.

Jadi tidak hanya sekedar asal membaca, kita juga bisa belajar membaca ayat-ayat suci Al Quran dengan baik dan benar sesuai aturannya.

Download Aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia

3. Quran for Android

Quran for Android

Jangan lewatkan Quran for Android ketika membahas tentang apliksi Quran android terbaik. Aplikasi yang satu ini juga patut masuk ke dalam daftar aplikasi yang harus dicoba oleh para pengguna android yang beragama Islam.

Quran for Android merupakan aplikasi kitab suci Al Quran yang dikembangkan oleh quran.com. Aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan serta tampilannya hampir menyamai tampilan Al Quran asli yang sering kita jumpai. Kita juga tidak perlu meragukan kelengkapan ayat dan suratnya.

Aplikasi Quran for Android merupakan aplikasi yang sudah lengkap ayat dan suratnya, sehingga kita tidak perlu mendownload surat secara berulang-ulang. Terjemahan dan tafsirnya pun sudah termuat dalam aplikasi ini dengan beragam bahasa yang disediakan.

  • Sedikitnya ada 20 bahasa – termasuk bahasa Indonesia – yang bisa kita pilih sebagai terjemahan ayatnya. Tetapi untuk memuat terjemahan bahasa indonesia, kita perlu untuk mendownload kembali filenya secara terpisah.

Berbagai fitur menarik pun disematkan dalam aplikasi ini. Salah satunya adalah fitur boorkmark atau penanda halaman yang bisa kita gunakan untuk menandai ayat yang kita inginkan.

Selain itu, fitur tagging dan share atau membagikan ayat kepada pengguna lain pun bisa kita lakukan. Ada pula fitur audio tilawah yang mencapai jumlah 15 audio, serta mode malam yang ramah mata.

Berbagai jenis ponsel pun mendukung untuk dipasang aplikasi ini, antara lain Oppo, LG, Samsung, Xiaomi, atau tipe-tipe ponsel lainnya.

Download Aplikasi Quran for Android

4. MyQuran Al Quran Indonesia

MyQuran Al Quran Indonesia

MyQuran Al Quran Indonesia merupakan sebuah aplikasi yang sangat bermanfaat untuk kita yang ingin terus melakukan tadarus atau belajar membaca Al Quran di mana pun dan kapanpun.

Aplikasi dengan sederet fitur unggulan ini memang sangat praktis untuk digunakan pada perangkat ponsel android dan memiliki tampilan serta desain yang indah dan elegan. Kelebihan-kelebihan aplikasi ini menjamin pengguna tidak akan cepat bosan dalam membaca ayat-ayat Al Quran walau dilakukan melalui aplikasi digital.

Uniknya lagi, kita bisa tetap menjalankan dan menggunakan aplikasi ini meskipun sedang tidak terhubung dengan koneksi internet alias offline.

  • Fitur lain yang juga disematkan dalam aplikasi MyQuran Al Quran Indonesia ini adalah adanya kumpulan doa sehari-hari, jadwal soal, serta nama-nama Asmaul Husna yang semakin mendukung aktifitas membaca Al Quran kita.

Download Aplikasi MyQuran Al Quran Indonesia

5. Murrotal Al-Qur’an Anak

Murrotal Al-Qur’an Anak

Aplikasi yang satu ini sangat cocok digunakan untuk anda yang memiliki buah hati dan ingin memperkenalkan mereka kepada kitab suci AL Quran. Murrotal Al Quran Anak memang berfokus untuk menjadi sarana mengajarkan anak untuk dekat dengan kitab sucinya.

Karena itu, dukungan surat-surat dalam aplikasi ini pun tidak penuh seperti aplikasi Al Quran lain yang sudah kita bahas sebelumnya. Dalam aplikasi Murrotal Al-Qur’an Anak, ada 15 surat pendek seperti Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaaq, Al-Ikhlas, Al-Lahab, An-Nashr, AL-Kafiruun, Al-Kautsar, Al-Maa’uun, Quraysh, Al-Fiil, Al-Humazah, Al-Ashr, At-Takasur, serta Al-Qari’ah.

Selain surat-surat pendek tersebut, aplikasi ini juga memuat audio yang memperdengarkan suara seorang Qori cilik. Jangan  khawatir, aplikasi ini bisa digunakan secara offline sehingga bisa digunakan meski tidak tersambung dengan koneksi internet.

  • Selain itu, aplikasi Murrotal Al-Qur’an Anak juga dilengkapi dengan terjemahan berbahasa Indonesia, sehingga bisa menjadi sarana mengenalkan kitab suci kepada anak kita secara menyenangkan.

Dengan begitu, anak-anak kita menjadi semakin termotivasi untuk menjadi generasi yang sholeh dan sholehah. Nah jika kamu tertarik dengan aplikasi ini, silakan download aplikasi al quran melalui link di bawah ini.

Download Aplikasi Murrotal Al-Qur’an Anak

6. Al Quran MP3 Full Offline

Al Quran MP3 Full Offline

Untuk anda yang menginginkan membaca dan belajar Al Quran dengan cara yang lain daripada yang lain, maka wajib mencoba aplikasi Al Quran MP3 Full Offline sebagai aplikasi Quran di ponselnya.

Aplikasi Al Quran android yang satu ini menyediakan full audio yang bisa kita gunakan bahkan tanpa terhubung dengan koneksi internet terlebih dahulu atau offline.

Dirilis dengan versi lengkap 30 Juz dan 114 Surat, aplikasi yang menitik beratkan pada penggunaan audio ini menjadi aplikasi yang unik dan menyenangkan untuk digunakan.

  • Sesuai dengan namanya, di aplikasi Al Quran MP3 Full Offline ini kita tidak akan menjumpai bacaan Al Quran dalam bentuk teks konvensional, tetapi ayat-ayat suci Al Quran akan disajikan dalam bentuk audio murrotal dengan suara yang indah.

Kita hanya perlu menyentuh layar untuk membuka surat selanjutnya yang ingin kita dengarkan. Hal lain yang juga menarik adalah kita bisa menggunakan audio murrotal dari aplikasi ini sebagai suara notifikasi, ringtone panggilan, atau nada alarm di ponsel kita.

Download Aplikasi Al Quran MP3 Full Offline

7. Al Quran MP3 (Full Offline)

Al Quran MP3 (Full Offline)

Aplikasi Quran android yang selanjutnya adalah Al Quran MP3 besutan SY Media. Perbedaan antara AL Quran MP3 ini dengan yang sebelumnya kita bahas adalah aplikasi Al Quran MP3 yang ini selain bisa memperdengarkan murrotal audio sebanyak 3o juz, kita juga bisa membaca ayat-ayat Al Quran versi teks dan terjemahannya.

Jadi tidak hanya mendengarkan saja, tetapi kita juga bisa membacanya. Persamaannya dengan aplikasi sebelumnya adalah kita juga bisa menggunakan audio murrotal yang ada di aplikasi ini sebagai ringtone panggilan, notifikasi, atau nada alarm.

Aplikasi ini juga menyediakan wallpaper yang bisa kita gunakan sebagai background tampilan ponsel kita, sehingga terlihat semakin menarik. so, ini bisa jadi pilihan terbaik kamu bila kamu ingin menunjukkan sisi religius kamu.

Download Aplikasi Al Quran MP3 (Full Offline)

8. iQuran Lite

 iQuran Lite

Aplikasi Al Quran android yang selanjutnya adalah iQuran Lite. Aplikasi yang dikembangkan oleh Guided Ways ini merupakan aplikasi yang compatible dengan berbagai perangkat android yang kita gunakan.

Uniknya lagi, iQuran Lite memiliki ukuran yang cukup ringan sehingga tidak terasa membebani perangkat android kita. IQuran juga menawarkan ayat-ayat Al Quran yang ditampilkan melalui audio, Tajwid dengan berbagai kode warna untuk mempermudah membaca sesuai aturan, bookmark, fungsi ulangi, pencarian, hingga fitur tag.

Selain itu, kontrol navigasi aplikasi ini pun sangat baik sehingga pengoperasiannya menjadi lebih sederhana. IQuran Lite juga dilengkapi dengan terjemahan Bahasa Inggris, pembacaan audio, dan kelengkapan-kelengkapan lain yang menarik untuk digunakan. Apakah anda tertarik untuk mencoba?

Download Aplikasi iQuran Lite

9. Muslim Pro: Waktu Sholat Quran

Muslim Pro Waktu Sholat Quran

Muslim Pro Limited mengembangkan aplikasi Muslim Pro: Waktu Sholat Quran sebagai aplikasi yang mengusung metode penghafal Al Quran. Karena itulah, aplikasi ini mempunyai tampilan ayat-ayat yang lebih baik dan lebih jelas dibandingkan dengan aplikai Al Quran android yang lain.

  • Sejumlah 30 juta umat muslim di seluruh dunia sudah mengakui aplikasi Muslim Pro sebagai aplikasi pengingat sholat dan adzan yang paling akurat, serta memiliki fitur bertulisan arab yang lengkap dengan terjemahan, fonetik, bahkan resitasi audio.

Selain itu, fitur lain yang juga disematkan dalam aplikasi ini antara lain kalender hijriyah, penunjuk arah kiblat, hingga fitur peta yang memungkinkan kita untuk menemukan restoran halal, tempat ibadah, dan lain sebagainya.

Download Aplikasi Muslim Pro: Waktu Sholat Quran

10. Ayat – Al Quran

Ayat - Al Quran

Aplikasi Ayat Al Quran merupakan aplikasi yang dirancang dan dibuat oleh ETC KSU. Melalu aplikasi ini, kita bisa mendengarkan murrotal audio dengan suara merdu dari syekh-syekh ternama.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan sedikitnya terjemahan dalam 20 bahasa yang berbeda dan berasal dari seluruh belahan dunia termasuk bahasa Indonesia. Meskipun belum sepopuler aplikasi yang lain, namun Ayat Al Quran dari hari ke hari terus dikembangkan untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna akan sebuah aplikasi Al Quran digital.

Memang, jika dilihat dari desain aplikasi untuk baca Al Quran ini mendukungnya untuk menjadi aplikasi yang besar. Desain interfacenya bagus, piliha font arabnya juga enak di baca dan jelas.

Download Aplikasi Ayat Al Quran

11. Al-Qur’an al-Hadi

Al-Quran al-Hadi

Aplikasi yang kita bahas kali ini bernama Al-Qur’an Al-Hadi. Al-Qur’an Al-Hadi adalah sebuah aplikasi yang cocok digunakan untuk pengguna yang ingin terus mendekatkan diri dengan kitab suci Al Quran.

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk membaca Al Quran, memahami, hingga mengkaji ayat-ayat Al Quran yang kita baca, serta merujuk kepada ajaran dan mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kita dari Al Quran. Pengoperasiannya bisa dibilang cukup mudah dan sederhana, sehingga tidak akan membingungkan pengguna.

Selain itu, aplikasi Al-Qur’an Al-Hadi juga dilengkapi dengan Indeks Tematik sebagai fiturnya, yang bisa kita manfaatkan untuk melihat atau mengkaji isi kandungan Al Quran secara terstruktur. Tema dalam pengkajian ayat Al Quran ini dibuat dari skema yang besar dan lebih detail, hingga pada akhirnya akan ditunjukkan ayat dan artinya. Apakah anda tertarik untuk mencoba?

Download Aplikasi Al-Qur’an Al-Hadi

12. Al Quran Dan Terjemahnya

Al Quran

Al Quran dan Terjemahan dari EALIM TECHNOLOGY LIMITED adalah aplikasi Al Quran android yang mempunyai berbagai bahasa di dunia sebagai bentuk layanannya, termasuk bahasa Indonesia.

  • Aplikasi ini memiliki banyak fitur unggulan speerti fitur daftar surat dengan indeks sehingga bisa diakses dengan cepat dan mudah, latar belakang yang menarik dan jelas.

Selain itu juga ada bookmark, hingga audio tilawah yang merdu hasil rekaman suara dari Waheed Zafar Qasmi, Sheikh Sudais, Ahmed Al Ajmi, Ali Al-Huthaify, Maher Muayqali, Saad Al-Ghamdi, serta Mohammad Ayoub.

Khusus untuk audio tilawah menjadikan aplikasi ini sebagai salah satu pilihan aplikasi MP3 Al Quran yang menarik. kita jadi bisa belajar al Quran dari MP3 tilawah yang ada di aplikasi ini.

Download Aplikasi Al Quran dan Terjemahan

13. Quran Tajwid Indonesia

Quran Tajwid Indonesia

Aplikasi android yang selanjutnya adalah Quran Tajwid Indonesia. Aplikasi ini merupakan aplikasi Quran pertama yang dilengkapi dengan khat Indonesia dan tajwid berwarna.

Beberapa fitur yang menarik pun disematkan dalam aplikasi Quran Tajwid Indonesia, antara lain adalah 45 variasi Murrotal yang bisa dijalankan sesuai dengan ayat yang sedang diputar, terjemahan sesuai dengan Departemen Agama Republik Indonesia, serta tafsir Al-Mussayar yang lengkap hingga 30 Juz.

Sayangnya, murrotal yang disediakan perlu kita download per surah terlebih dahulu sebelum kita gunakan.

Namun, aplikasi yang berbasis Al Quran Cordoba Amazin 101 in 1 ini telah menjadi aplikasi best seller dan banyak di download oleh pengguna Android, terutama di Malaysia dan Indonesia. Tertarik untuk menggunakannya? Silakan download aplikasi melalui link di bawah ini.

Download Aplikasi Quran Tajwid Indonesia

14. Qur’an Kemenag

Qur'an Kemenag

Aplikasi Quran android yang satu ini merupakan aplikasi mushaf Al Quran digital yang dibuat dan dikembangkan langsung oleh kementrian Agama c.q. Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran.

Aplikasi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Mushaf Al Quran digital masyarakat yang terus bergerak sesuai dengan era digital. Ayat Al Quran dalam aplikasi Quran Kemenag dibuat dengan menggunakan mushaf standar Indonesia Rasm Usmani.

Berbagai tipe sistem operasi ponsel pun compatible dengan aplikasi ini, baik dari android, IOS, hingga web. Aplikasi Quran Kemenag menawarkan 30 juz lengkap teks Al Quran, terjemahan, suara murrotal Al Quran dari Syekh Mahmud Khalil Al-Husairy, serta dua versi tafsir, yakni tahilili dan ringkas.

Nah aplikasi bisa jadi adalah pilihan terbaik jika kamu menginginkan aplikasi yang resmi. Dari sisi tampilan juga tak kalah dengan aplikasi-aplikasi lain dalam daftar ini.

Download Aplikasi Qur’an Kemenag

15. Quran With Urdu Translation

Quran with Urdu Translation

Daftar aplikasi terakhir adalah Quran with Urdu Translation. Aplikasi ini memiliki terjemahan dalam berbagai bahasa negara ternama, termasuk bahasa Indonesia.

  • Quran with Urdu Translation juga tidak hanya didukung dengan bahasa Urdu, tetapi juga bahasa lain seperti Indonesia, Belanda, Italia, Inggris, Cina, Spanyol, Perancis, serta Persia.

Fitur-fitur menarik lain pun banyak dimasukkan ke dalam aplikasi ini. Jika anda penasaran, anda bisa langsung mengunduh aplikasinya dan memasangnya ke dalam perangkat ponsel pintar anda. dilihat dari segi tampilan juga sangat menyenangkan dan mudah digunakan.

Download Aplikasi Quran with Urdu Translation

Itulah pembahasan singkat tentang Aplikasi Al-Quran Android Untuk Umat Muslim. Jangan lupa bagikan ke teman-temanmu melalui media sosial agar manfaatnya semakin terasa.