Apa Itu Root Android, Apa Saja Fungsi, Keuntungan Dan Kerugiannya?

4 min read

Apa Itu Root Android, Apa Saja Fungsi, Keuntungan Dan Kerugiannya? – Android punya segudang teknologi fantastis yang mengesankan. Kita bahkan – diakui atau tidak – masih belum bisa mengoptimalkan semua fitur pada smartphone yang biasa kita genggam setiap hari itu. Tapi bagaimana bila hari ini, saya mengulas soal rooting, sebuah tindakan yang bisa membuat anda sebagai superuser.

Anda tentu sering mendengar kata Root ketika anda searching sesuatu di internet tentang android. Tapi apakah anda tahu apa itu root, apa fungsi root android, apa saja keuntungan dan kerugianya?

Tindakan root android bisa membuat Hp anda serasa out of the box. Anda akan bisa mengatur baterai bertahan lebih lama, membuang iklan di seluruh aplikasi gratisan dan lainya. Sayangnya, anda juga akan kehilangan garansi Hp.

Apa Itu Root Android?

Rooting android – bagi kamu yang belum tahu – adalah sebuah tindakan untuk menjadikan kamu sebagai superuser. Kamu akan memiliki kendali sepenuhnya pada ponsel android. Kalau di komputer, sama artinya dengan menjadi administrator.

Apa Itu Root Android

Dengan root android, kita bahkan bisa menjalankan semua aplikasi yang membutuhkan akses ke pengaturan sistem tertentu, serta ROM dan lainya. kita juga bisa menambahkan semua fitur tambahan, menghilangkan iklan, dan mengatur aplikasi tertentu berjalan sesuai yang kita inginkan.

Nah untuk melakukan root android, tiap merek ponsel memiliki istilah dan cara yang berbeda. Beberapa padanan kata root android yang biasa kita temukan di internet misalnya.

  • ROM: kata ROM disini bukan berarti Read-only Memory, melainkan kata yang memiliki padanan dengan root. ROM adalah versi modifikasi dari Android. ROM berisi fitur tambahan, tampilan yang berbeda, peningkatan kecepatan, atau bahkan versi Android yang belum diluncurkan untuk ponsel Anda.
  • Stok: “Stok” bisa mengacu pada pada beberapa hal yang berbeda, tergantung pada konteksnya. Tapi jika merujuk ke “Stok Android”, bisa diartikan sebagai sesuatu yang dibuat oleh Google di perangkat Nexus, tanpa UI tambahan seperti HTC Sense atau Samsung TouchWiz.
  • Kernel: Kernel adalah komponen dari sistem operasi yang mengelola komunikasi antara perangkat lunak dan perangkat keras Anda. Ada banyak kernel khusus di luar sana. Kernel memiliki beberapa fungsi semisal mempercepat telepon dan meningkatkan masa pakai baterai.
  • Radio: Radio adalah bagian dari firmware ponsel. Radio mengontrol data seluler, GPS, Wi-Fi, dan hal-hal lain.
  • Flash: istilah yang cukup populer selain root adalah flash atau flashing. Flashing pada dasarnya berarti menginstal sesuatu pada perangkat android, apakah itu ROM, kernel, atau lainya.

Selain beberapa istilah di atas yang dekat dengan arti kata root, juga ada beberapa kata lain. Seperti Brick, Bootloader, Recovery, Nandroid, ADB, S-OFF, RUU, SBF, and OPS.

Hal-Hal Yang Harus Kamu tahu tentang Root Android

Ada pertanyaan tentang root android, kita tentu sering mendengarnya. Diantara pertanyaan-pertanyaan itu, ada beberapa pertanyaan yang sering sekali kita dengar. Biar kamu tidak perlu bertanya lagi, saya akan menjelaskan beberapa hal tentang root yang harus kamu tahu.

Apa perbedaan antara rooting, unlocking, dan flashing ROM

1. Apa perbedaan antara rooting, unlocking, dan flashing ROM di android?

Jujur, saya agam bingung menjawab pertanyaan ini. Mengingat pada prakteknya, antara rooting, unlocking, dan flashing ROM biasanya sama saja. Tetapi  sederhananya, unlocking adalah tindakan pertama sebelum kita melakukan root android atau flash. Root tidak diperlukan untuk flash ROM, tapi hampir semua flash ROM bisa kita lakukan setelah root.

2. Bisakah Ponsel di-unroot?

Tentu saja bisa, jika kamu tidak suka ponsel yang di root, kamu bisa mengembalikan ponsel ke bentuk semula. Hanya saja, prosesnya sangat rumit dan membutuhkan proses flashing RUU, SBF, dan lainya.

3. Apakah Root itu melanggar Hukum?

Jalas tidak. Kamu tidak melanggar hukum apapun saat kamu melakukan root pada ponsel kamu.

4. Apakah Root Menghapus Garansi ponsel?

Iya, jika kamu memutuskan untuk melakukan root pada android, itu artinya kamu akan kehilangan garansi. Jadi saya sarankan, hanya lakukan root pada ponsel android yang sudah tidak berlaku masa garansinya atau garansinya habis.

Mungkinkah root merusak ponsel

5. Mungkinkah root merusak ponsel?

Jawabanya bisa jadi atau mungkin. Tapi tak perlu kawatir, selama kamu mengikuti instruksi dengan benar. Root tidak akan merusak ponsel android kamu. Hanya saja saya sarankan, untuk kamu yang tidak bisa melakukan root jangan coba-coba.

Itulah beberapa pertanyaan yang paling umum ditanyakan tentang root android. nah, selanjutnya saya akan jelaskan fungsi dan untung rugi melakukan root android. tentu beberapa paragraf di atas telah menyinggungnya.

Fungsi Root Android

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa root android akan membuat pengguna menjadi superuser. Jadi fungsi root android adalah memberikan hak akses penuh pada pengguna agar bisa masuk ke sistem dasar android. melalui root android inilah, pengguna bisa menambahka atau mengurangi file-file yang diletakkan dalam keadaan standar (bawaan).

Keuntungan Root Android

Kalau kamu memutuskan untuk melakukan root, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat yang tidak bisa kamu dapatkan pada ponsel android sebelum kamu root. Beberapa diantaranya:

1. Buang Aplikasi Bawaan (Bloatware)

Buang Aplikasi Bawaan (Bloatware)

Tiap HP android memiliki aplikasi bawaan atau yang biasa disebut bloatware. Ada beberapa aplikasi bawaan yang terkadang jarang sekali kita gunakan. Sayangnya meski sangat jarang kita gunakan, kita tidak bisa menghapusnya. Kita tidak bisa unistal aplikasi bawaan tanpa root terlebih dahulu. Ya, jadi dengan root, kita baru bisa menghapus aplikasi bawaan.

2. Membuat Baterai Lebih Hemat dan Awet

Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk membuat baterai bertahan hidup dengan lama. Salah satu yang paling ampuh adalah melakukan root. Setelah di root, kita bisa menggunakan aplikasi tertentu yang bisa menghemat baterai lebih baik ketimbang sebelum di root.

3. Kinerja Android Lebih Ringan dan Ngebut

Membuat Baterai Lebih Hemat dan Awet

Salah satu manfaat melakukan root adalah meningkatkan kinerja android. Hp android lama, bisa kita buat menjadi lebih cepat dengan melakukan root. Hal ini karena dengan root, kita memiliki akses ke RAM, sehingga bisa membuang sesuatu yang membebani RAM sampai ke tingkat dasar.

4. Memori Internal Jadi Jauh Lebih Lega

Memori Internal Jadi Jauh Lebih Lega

Ini adalah manfaat root yang paling terlihat, memori internal jauh lebih lega. Kamu bisa bayangkan ketika ada banyak aplikasi bawaan yang kamu hapus. Berapa banyak memori internal yang bisa kamu kosongkan. Impasnya kinerja ponseljuga jauh lebih ringan dan cepat.

5. Custom ROM

Jika bosan dengan tampilan android yang itu-itu saja. kamu bisa melakukan root android. dengan kamu root, tampilanya akan bisa kamu atur sesuai dengan keinginan kamu. Bahkan sampai ke tingkat dasar.

Selain melakukan root pada android, kamu bisa pula mengubah tampilan ponsel dengan beberapa aplikasi walpaper. Jika yang ingin kamu ubah hanya pada aplikasi tertentu saja, kamu bisa juga mengubahnya.

Untuk Instruksi lebih lanjut, silakan baca: “Unduh 15+ Aplikasi Wallpaper Keren Untuk Hp Android, Download Gratis Aplikasi Wallpaper”

Kekurangan Root Android

Meski memiliki banyak kelebihan, saya tetap akan mencegah anda melakukan root pada android. Terutama bila kamu tidak memahami bahasa pemrograman di android. Selain itu, root pada android juga memiliki dampak negatif.

1. Garansi Hilang

Garansi Hilang

Hampir sebagian besar produsen ponsel tidak mengijinkan penggunanya melakukan root pada ponsel yang mereka buat. Jika kamu melakuakn root pada android kamu, maka bersiaplah untuk kehilangan masa garansi. Jika ada kerusakan atau error, produsen tidak lagi mau bertanggungjawab.

2. Kerusakan Sistem, Error, Softbrick, Bootloop, dan HardBrick

Root pada android memang sangat aman, asalkan kamu benar dalam mengikuti instruksi dan petunjuk. Tetapi jika kamu salah menerapkan tindakan maka bisa saja ponsel kamu mengalami bootloop, tidak bisa masuk sistem, atau mati total. Resiko kerusakanya bahkan bisa menyentuh hardware.

3. Keamanan HP Android Menurun

Jika kamu melakukan root, maka tingkat keamanan ponsel kamu jadi menurun. Ponsel android akan lebih rentan terkena serangan malware dan virus. Meski demikian, untuk meningkatkan keamanan kamu tetap bisa gunakan aplikasi antivirus.

Untuk aplikasi antivirus terbaik, silakan baca: “15+ Aplikasi Anti Virus Untuk Hp Android, Unduh Dan Download AntiVirus Security-Free”

Meski demikian, sebelum kamu melakukan root pada android, sebaiknya pikirkan segala resikonya.

Pengertian Algoritma Beserta,Tujuan, Fungsi, Manfaat, Sifat, Ciri Lengkap

Bagi mahasiswa fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam pasti sudah tidak asing lagi dengan kata algoritma. Segala jenis tugas harus menggunakan algoritma yang jelas...
litalia
3 min read

Cara Kompres Video

Cara Kompres Video,- Video menjadi salah satu media paling menarik di komputer. Banyak kenangan yang disimpan dan bentuk video. Maklum saja, media ini bisa...
litalia
2 min read

Pengertian Android, Sejarah Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Android, Sejarah Beserta Kelebihan dan Kekurangannya ,- Membandingkan dua raksasa penguasa teknologi penyokong smartphone saat ini: Android dan iOS tidak akan pernah ada...
litalia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *