Apa Itu Cinta? Pengertian, Arti, Sifat, Jenis, Lengkap Berserta Penjelasannya

Apa itu Cinta

Hai, apakah kamu sedang jatuh cinta? Rasanya dunia begitu indah. Memikirkanya dan memikirkanya. Cinta memang begitu luar biasa, bisa mengubah dunia dan menciptakan apa saja. Setidaknya sejarah telah membuktikan begitu.

Tetapi sayangnya, banyak diantara kita yang tidak memahami cinta secara universal. Kita kerap memahami cinta hanya sekadar cinta pada lawan jenis saja. Padahal cinta lebih dari itu.

Apa itu Cinta?

Kamu mungkin pernah menyatakan cinta kepada seseorang. Kamu bilang: aku cinta kamu.

Mengungkapkan kata cinta lebih mudah dibanding memaknainya. Cinta sulit didefinisikan. Sampai-sampai diantara kita ada yang bilang: perasaanku padamu tidak akan cukup hanya diungkapkan dengan kata cinta.

Meski sulit memaknai apa itu cinta. Tetapi secara universal, cinta adalah satu perasaan yang sangat manusiawi pada setiap diri manusia yang merupakan bagian dari pemberian tuhan kepada mahluk-Nya.

Perasaan cinta ini ditujukkan lewat ungkapan saling menyayangi dan mengasihi yang timbul dalam hati manusia.

Sifat Cinta

Sebagai bagian dari kemanusiaan, cinta memiliki sifat khusus yang dapat membedakannya dari perasaan lainnya seperti di bawah ini:

1. Memiliki pengorbanan

Salah satu sifat cinta yang sangat aneh dan bahkan sering tidak masuk akal adalah adanya pengorbanan yang akan dirasakan oleh mereka yang merasakan cinta.

Pengorbanan yang dilakukan bahkan terkadang melampaui batas normal jika seorang manusia sudah dimabuk cinta. Lihatlah bagaimana rorojongrang dikutuk akibat bermain-main dengan pengorbanan cinta.

2. Terasa bahagia

Layaknya mendapatkan suntikan penenang, perasaan cinta juga membawa kebahagiaan bagi yang merasakannya. Bahkan tidak jarang, kebahagiaan yang begitu besar membuat beberapa orang yang merasakan cinta jadi sering senyum-senyum sendiri tanpa ada sebab.

3. Adanya rasa ketertarikan dan kekaguman

Cinta muncul karena adanya rasa ketertarikan dan kekaguman pada sosok yang dicintai. Sosok yang begitu menarik dan dianggap sempurna membuat hati menjadi sangat bahagian jika berada di dekatnya.

4. Muncul kebaikan

Jika seseorang merasakan cinta, maka kemudian akan muncul kebaikan. Kebahagiaan yang dirasakan ketika mencintai seseorang akan membuatnya melakukan ribuan kebaikan tanpa mengenal lelah, terutama pada orang yang ia cintai.

Jadi kalau perasaan cinta kamu tidak membawa kebaikan, sebaiknya dikoreksi dulu ya rasa cintanya.

5. Welas asih

Rasa cinta juga akan menimbulkan rasa welas asih dimana tidak ada keinginan untuk mendapatkan balasan tertentu. Yang ada hanyalah keinginan untuk membahagiakan orang yang dicintai.

Welas asih ini membuat siapa pun yang merasakan cinta akan menjadi pribadi yang jauh lebih lembut dari yang seharusnya.

Apa arti Cinta?

Sebenarnya cinta itu cukup sulit untuk diartikan dalam kalimat. Cinta memiliki ribuan makna yang dapat dirasakan oleh pelakunya. Cinta sendiri bukan hanya sekedar ‘aku cinta kamu’ yang dinyatakan pada sepasang kekasih, namun juga bisa berupa cinta antara ibu dan anak.

Bahkan kedudukan cinta yang paling tinggi adalah cinta Allah kepada hamba-Nya yang pastinya tidak akan ada cinta lain yang bisa mengalahkan.

Pengertian Cinta

Secara umum, cinta adalah perasaan bahagia dan hangat yang dirasakan oleh setiap manusia sebagai bagian dari pemberian Allah. Untuk lebih mudah memahaminya, beberapa ahli juga memberikan pendapat mereka mengenai pengertian cinta,

1. Quraish Shihab

Cinta adalah kecenderungan yang dirasakan oleh seorang manusia akibat dari adanya manfaat yang dirasakan dari objek yang dicintai.

2. Jalaludin Rumi

Cinta adalah sumber dari segala sesuatu yang ada di dunia ini karena tanpa cinta maka tidak akan ada kehidupan apapun.

3. Erich Fromm

Cinta adalah simpati yang dirasakan seorang manusia kepada manusia lain yang begitu mendalam.

4. Scott Peck

Cinta adalah keinginan yang timbul untuk menjadi lebih berkembang dengan tujuan memelihara kebuAllah spiritual orang lain.

Makna Cinta Menurut Pendapat Pujangga

Para pujangga yang sering menuliskan berbagai hal yang berhubungan tentang cinta juga memiliki pandangan khusus mengenai cinta. Berikut ini adalah beberapa makna cinta menurut para pujangga:

1. Iris Murdoch

Cinta adalah salah satu pemahaman yang sangat sulit untuk dipahami dimana segala sesuatu yang ada di dunia ini selain diri sendiri adalah hal yang nyata. Seorang yang merasakan cinta dapat menjadi gila dan hilang akal karena sulit membedakan yang nyata dan tidak nyata.

2. EM Foster

Cinta adalah bagian dari diri manusia yang dapat diabaikan kehadirannya namun tidak dapat dikeluarkan dari dalam hati manusia itu sendiri. Layaknya yang dikatakan para penyair bahwa cinta itu abadi.

3. Paulo Coelho

Cinta adalah penjara bagi semua hati manusia. Cinta yang dituruti akan membuat seseorang menjadi budaknya, cinta yang dikendalikan justru dapat menghancurkan hati, sedangkan cinta yang selalu kita coba untuk dipahami justru akan membuat kita menjadi semakin bingung.

4. Haruki Murakami

Cinta adalah bagian dari diri seseorang dimana jika cinta hilang maka orang tersebut akan terus mencarinya. Ia akan merasa tidak dapat hidup tanpa cintanya.

5. Katherine Hepburn

Cinta adalah segala sesuatu yang berusaha untuk diberikan kepada orang yang dicintai tanpa mengharapkan mendapatkan balasan yang sama.

Apa itu Cinta Sejati?

Cinta sejati adalah perasaan cinta dimana kedua manusia yang merasakan cinta tersebut akan selalu bersama baik dalam suka maupun duka hingga maut memisahkan.

Salah satu kisah yang sering menjadi inspirasi cinta sejati adalah kisah Habibi dan Ainun yang bahkan telah  diangkat ke layar kaca. Kecintaan sang suami pada istrinya membuatnya tidak dapat hidup lebih lama lagi hingga akhirnya menyusul sang istri ke alam peristirahatan dalam damai.

Apa itu Cinta Menurut Islam

Dalam Islam, cinta adalah bahan utama dalam menjalani kehidupan. Namun Islam tidak memandang cinta sebagaimana manusia pada umumnya melihat cinta, Islam menegaskan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini haruslah dilandaskan atas dasar cinta pada Allah SWT.

Bahkan ketika kita merasakan cinta pada seseorang, maka hendaknya rasa cinta tersebut timbul karena cinta kita terhadap Allah SWT. Allah ta’ala sendiri telah berfirman dalam surat Al Imran ayat 31.

Ahwa jika kita benar-benar mencintai Allah, maka sudah seharusnya kita mengikuti setiap ajaran yang dibawa oleh nabi Muhammad saw. Menjalankan setiap perintah Allah menjadi bukti kecintaan kita sebagai seorang hamba kepada sang Pencipta.

Apa itu Cinta Monyet

Berbeda dengan definisi dari cinta sejati atau cinta dalam Islam, cinta monyet justru merupakan cinta palsu atau sesaat yang muncul karena rasa tertarik saja. Cinta monyet biasanya terjadi pada usia remaja dan berakhir dengan sekedar rasa suka saja. Tidak ada balasan rasa yang didapatkan dalam cinta monyet.

Misalnya ketika seorang murid kagum dan menyukai seorang guru, maka biasanya ia akan disindir dengan istilah cinta monyet. Perasaan cinta yang ia miliki hampir tidak mungkin mendapat balasan dan biasanya akan hilang dengan sendirinya sehingga disebut cinta monyet.

Apa itu Cinta Segitiga

Membahas tentang cinta memang tidak ada habisnya. Ada istilah lain lagi dalam dunia percintaan yang sering kita dengar, yakni cinta segitiga. Tidak ada manusia di dunia ini yang menginginkan terjebak dalam cinta segitiga.

Cinta segitiga adalah satu kondisi dimana seseorang yang telah memiliki pasangan atau berikrar untuk setia pada pasangannya tersebut justru dalam waktu yang bersamaan juga mencintai orang lain.

Hubungan yang seperti akan berujung pada pertengkaran hebat yang pastinya akan menyakiti salah satu orang yang dicintai.

Dalam sebuah hubungan suami istri, jika seorang wanita memiliki hubungan gelap dengan suami wanita lain, maka ia akan disebut dengan pelakor alias perebut laki orang. Istilah ini sangat kasar dan memalukan dan dianggap sebagai hinaan tertinggi bagi seorang wanita.

Baik sudah menikah atau belum menikah, pelaku cinta segitiga memang tidak pernah memiliki tempat yang baik di mata masyarakat, jadi jagalah diri sebaik mungkin dengan menjaga jarak dengan laki-laki lain agar tidak terjebak dalam posisi mengerikan ini.

Apa itu Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Cinta bertepuk sebelah tangan adalah kondisi paling menyedihkan dari seseorang yang merasakan cinta. Cinta bertepuk sebelah tangan adalah cinta dimana seseorang tidak akan mendapatkan balasan cinta yang sama dari orang yang dicintainya.

Berbeda dengan cinta monyet yang dapat hilang begitu saja, pada cinta yang bertepuk sebelah tangan, rasa cinta yang dirasakan jauh lebih dalam dan kuat sehingga tidak akan bisa hilang begitu saja.

Cinta yang bertepuk sebelah tangan memang menjadi siksaan bagi pelakunya, apalagi jika ia tidak dapat mengontrol dirinya. Bahkan Rasulullah sendiri pernah mengalami cinta bertepuk sebelah tangan.

Ketika merasakan cinta pertamanya dengan Ummu Hani, ternyata Ummu Hani justru tidak mencintai Rasul dan lebih memilih lelaki lain.

Apa itu Cinta Mati

Kebanyakan orang menganggap cinta mati adalah cinta sejati, padahal kedua bentuk cinta ini sangat berbeda. Cinta mati adalah perasaan cinta yang begitu menggebu-gebu yang dirasakan seseorang hingga membuatnya lupa segalanya.

Sedangkan cinta sejati justru merupakan cinta yang begitu murni dan besar yang berjalan dengan sangat lembut, namun tetap menghormati sekitarnya.

Salah satu contoh cinta mati adalah cinta yang dirasakan oleh Zulaikha pada Nabi Yusuf. Akibat ketampanan Yusuf, Zulaikha yang merupakan majikannya menjadi tergila-gila. Ia bahkan berusaha merayu Yusuf hingga memfitnahnya akibat takut malu ketahuan menggoda seorang budak.

Cintanya yang terlalu besar inilah yang membuatnya tidak dapat mengendalikan diri hingga terjebak dalam jeratan setan. Sungguh cinta mati dapat membuat seseorang menjadi manusia paling bodoh di dunia hingga segalanya dipertaruhkan hanya demi cinta.

Puisi Cinta

Puisi cinta merupakan puisi yang berisikan kisah cinta yang penuh dengan kalimat indah. Berikut ini adalah salah satu puisi cinta yang menceritakan kerinduan seseorang pada yang ia cintai,

Lihat,
Langit mulai gelap
Menjebak cahaya yang berusaha kabur dari terkaman awan hitam

Lihat,
Tetesan air mulai turun
Menyampaikan kerinduan penduduk langit pada mereka yang ada di bumi

Pernahkah kamu memperhatikan
Betapa sejuknya bumi setelah hujan reda?
Begitu pula dengan hatiku yang kering merindukanmu
Kerinduan yang mencekik sirna melalui tetesan rahmat Tuhan
Dan harapan cinta pun kembali tumbuh seiring dengan mekarnya bunga di taman

Sakit sekali luka yang menganga lebar ini
Panas sekali hati yang terbakar ini
Inilah cinta
Cintaku yang hanya menyiksa lagi dan lagi
Namun masih kusimpan karena percaya
Kau kan datang mengeluarkanku dari siksaan ini

Syair cinta

Syair cinta merupakan salah satu bentuk karya sastra yang menceritakan kisah cinta dalam beberapa kalimat pendek. Berikut ini adalah beberapa contoh syair cinta,

Cinta. Layaknya seorang yang kebasahan terkena hujan, kemudian berhenti sejenak untuk menggunakan payung. Namun pada akhirnya, ia justru jatuh sakit.

Siapa bilang aku tak rindu. Siapa bilang aku tak cinta. Kalau saja kamu tahu bahasa angin, maka kamu tidak akan pernah bisa tidur karena angin akan selalu menjeritkan cintaku padamu.

Pantun Cinta

Pantun cinta merupakan bentuk pantun yang bertemakan kisah cinta. Pantun cinta terdengar lebih menarik karena terkadang beberapa kalimat hiburan diselipkan di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa contoh pantun cinta,

Jika kamu ingin memakan duku,
Jangan lupa dikupas dulu,
Jika kamu cinta padaku,
Jangan lupa bilang I love you,

Jalan-jalan ke Padang,
Jangan lupa membeli opak,
Kalau kamu memang sayang,
Coba buktikan lamar ke Bapak,

Itulah cinta yang bisa membuat perasaan seseorang campur aduk. Cinta memang sangat menyenangkan namun juga sekaligus menyiksa. Jadilah pecinta yang bijak dan cerdas sehingga cinta sejati akan kamu dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.