Arti Bachelor Degree, Undergraduate, Graduate dan Postgraduate

3 min read

Arti Bachelor Degree, Undergraduate, Graduate dan Postgraduate

Apa Itu Bachelor Degree – Ada satu hal yang menarik kalau kita bicara soal pendidikan di Indonesia, yakni tiap kali Menteri Pendidikan berganti sistem pendidikan juga ikut berubah. Tiap-tiap Menteri Pendidikan seolah punya kebijakan sendiri yang terkadang tidak sejalan dengan kebijakan sebelumnya.

Karena itu, beberapa orang yang punya wawasan luas lebih memiliki melanjutkan kuliah di luar negeri ketimbang di dalam negeri. Kuliah di luar negeri dianggap lebih bermutu ketimbang di dalam negeri. Minimal di luar negeri punya sistem pendidikan yang jelas.

Selain sistem pendidikan yang berbeda dan lebih bermutu, istilah-istilah yang digunakan untuk jenjang pendidikan pun berbeda.

Arti Bachelor Degree, Undergraduate, Graduate dan Postgraduate

Gelar Pendidikan Di Luar Negeri

Gelar di luar negeri di sebut Degree. Misalnya jika seseorang kuliah di jenjang S1, maka akan mendapatkan gelar sarjana. Gelar yang diperoleh jika kuliah di luar negeri setara dengan S1 disebut Bachelor degree.

Gelar yang diperoleh antara pendidikan di Indonesia dengan di luar negeri khususnya Amerika Serikat atau USA sangat berbeda sejak tingkat SMA. Perbedaan tersebut tertera pada tabel di bawah ini:

Tabel Perbedaan Jenjang Pendidikan di USA dan Indonesia
tabel Jenjang Pendidikan di USA dan Indonesia
Jika di Indonesia lulusan SMA tidak mendapatkan gelar, berbeda dengan di USA yang mendapatkan gelar Diploma.

Selain itu, terdapat perbedaan pula mengenai lama waktu mengenyam pendidikan dari SD hingga SMA. Jika di Indonesia butuh waktu 12 tahun tapi di USA hanya butuh waktu selama 11 tahun. Pada Jenjang SMP di USA hanya butuh waktu 2 tahun saja.

Perbedaan juga terjadi pada jenjang pendidikan sesudah SMA. Menurut lamanya menempuh pendidikan, program diploma di Indonesia terdiri dari empat jenis, yaitu satu tahun, dua tahun, tiga tahun, dan empat tahun. Namun jika di USA, program Diploma menurut lamanya waktu pendidikan hanya dibagi menjadi dua, yaitu satu tahun dan dua tahun.

Untuk lebih jelasnya, berikut table perbedaan pendidikan setelah SMA di Indonesia dengan di USA.

Undergraduate – Graduate – Post Graduate

Nah jika seseorang telah berhasil menyelesaikan pendidikan dari level college (diploma) hingga postgradute (S3), berikut beberapa gelar yang akan di dapatkan.

1. Bachelor Degree

Arti Bachelor Degree sama dengan gelar sarjana (S1). Jika seseorang ingin mendapatkan gelar Bachelor degree, seseorang harus lulus dari program undergraduate. Bachelor Degree dapat diselesaikan dalam kurun waktu 4 tahun dan terdiri dari 120 sks.

2. Undergraduate

Arti undergraduate bisa setara dengan Diploma. Seperti halnya dengan di Indonesia, lulusan SMA di luar negeri dapat memilih apakah dia akan melanjutkan pendidikannya atau langsung terjun di dunia kerja. Jika dia memilih untuk melanjutkan pendidikannya, maka ada dua pilihan jenjang pendidikan, yaitu Diploma atau S1.

Diploma di luar negeri terdiri dari dua jenis berdasarkan gelar yang akan didapatkan, yaitu Certificate dan Associate Gedree. Gelar Certificate dapat didapatkan oleh seseorang setelah menempuh pendidikan selama satu tahun, sedangkan gelar Associate Degree ditempuh dalam waktu dua tahun.

Di luar negeri, terdapat empat jenis Associate Degree, yaitu AA (Associate of Arts), AS (Associate of Science), AAA (Associate of Applied Arts), dan AAS (Associate of Applied Science).

Seperti halnya di Indonesia, program pendidikan diploma di luar negeri lebih difokuskan ke pendidikan keterampilan. Keterampilan ini sangat berguna terlebih pada seseorang yang ingin mendapatkan gelar sekaligus langsung terjun di dunia kerja.

Ditambah lagi, ada banyak jenis pekerjaan di luar negeri yang tidak membutuhkan syarat seseorang harus bergelar Bachelor. Orang yang mendapat gelar Associate Degree dapat langsung meneruskan pendidikannya ke jenjang Bachelor. Mereka tidak perlu mengulang pelajaran dari awal di Bachelor, melainkan bisa langsung duduk tingkat tiga di Bachelor.

Biaya pendidikan untuk jenjang Associate Degree pun dua hingga tiga kali lipat lebih murah dibanding dengan program Bachelor. Persyaratan masuk untuk program Associate Degree pun lebih mudah dibanding dengan persyaratan program Bachelor.

Program Associate Degree dapat diselesaikan dalam waktu dua tahun dengan SKS sebanyak 60, sedangkan program Bachelor dapat dirampungkan dalam waktu empat tahun dengan jumlah SKS sebanyak 120.

3. Graduate

Arti Graduate adalah jenjang pendidikan lanjutan setelah Bachelor (S1). Jika diibaratkan dalam istilah sistem pendidikan di Indonesia, graduate merupakan  jenjang pendidikan S2 untuk mendapat gelar Master atau Magister.

Meskipun begitu, ada pula beberapa universitas di luar negeri yang menggolongkan gelar Master termasuk dalam program postgraduate. Untuk mendapat gelar Master, seseorang harus mengenyam masa pendidikan selama satu hingga dua tahun. Gelar Master bisa didapat jika seseorang telah mendapat gelar Bachelor terlebih dahulu.

4. Postgraduate

Seperti halnya di Indonesia, di luar negeri juga ada jenjang pendidikan setelah Graduate (S2). Jenjang pendidikan tersebut adalah Postgraduate. Arti Postgraduate adalah jenjang pendidikan S3 di luar negeri.

Lulusan S3 di Indonesia akan mendapat gelar Profesor, sedang lulusan Postgraduate akan mendapat gelar Doktor atau PhD. Program Postgraduate dapat diselesaikan dala kurun waktu tiga tahun setelah seseorang mendapat gelar master.

Kesimpulan:

 

Menjadi siswa yang ingin meneruskan pendidikan ke luar negeri atau tengah mencari lowongan kerja kamu tentu berjumpa dengan beberapa istilah tersebut yang sudah kami singkat dari tulusan-tulisan di atas..

  1. Bасhеlоr adalah ѕаrjаnа (Mudа)
  2. Dеgrее аdаlаh gеlаr
  3. Associate Degree аdаlаh gеlаr yang dіbеrіkаn ѕеtеlаh ѕіѕwа mеnеmрuh реndіdіkаn 2 tahun ѕеlераѕ реndіdіkаn Hіgh School SMA. (ѕеtаrа D3)
  4. Bасhеlоr Degree (gеlаr ѕаrjаnа) adalah gеlаr уаng dіреrоlеh oleh siswa setelah menyelesaikan mаѕа ѕtudі 4 tаhun ѕеtеlаh luluѕ dаrі hіgh ѕсhооl (Sеtаrа S1)
  5. Undеrgrаduаtе adalah рrоgrаm уаng terdiri dаrі рrоgrаm Aѕѕосіаtе dеgrее dаn bachelor.
  6. Grаduаtе adalah Program lаnjutаn dаrі Bасhеlоr dengan ѕtudі lеbіh spesifik (Setara S2) untuk mеndараtkаn gelar Mаgіѕtеr (Mаѕtеr)
  7. Pоѕtgrаduаtе аdаlаh Prоgrаm lаnjutаn dаrі Grаduаtе untuk mеndараt gеlаr Dосtоr (Sеtаrа S3)
  8. Mаѕtеr dеgrее аdаlаh Gеlаr yang dіdараtkаn ѕеlераѕ lulus dаrі рrоgrаm Graduate аtаu S2

Dari sini seharusnya sudah jelas soal beberapa istilah yang kerap digunakan dalam jenjang pendidikan di luar negeri. Ada bachelor degree, undergraduate, graduate hingga postgraduate. Secara garis besar, jenjang pendidikan di luar negeri hampir sama dengan Indonesia, yang membedakan hanyalah nama gelarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *