Apa Hubungan Persatuan dan Keberagaman Bagi Bangsa Indonesia

Persatuan dan keberagaman memiliki arti dan makna penting bagi bangsa Indonesia. Kata persatuan dan kesatuan diambil dari kata ‘satu’ yang berarti utuh dan tidak terpecah belah. Sedangkan keberagaman bangsa Indonesia dapat dilihat dari perbedaan suku bangsa, ras, budaya, bahasa daerah dan agama.

Jadi, persatuan dan keberagaman merupakan perkumpulan dari berbagai macam perbedaan bangsa yang mempunyai satu tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia.

Makna Penting Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Sejak merdeka pada tanggal 17 agustus 1945, negara Indonesia terbentuk dengan konsep NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tercantum pada UUD 1945 Pasal 1 yaitu Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. 

Selain itu, tercantum pula pada sila ketiga Pancasila yaitu persatuan Indonesia. Dengan begitu, makna persatuan dan kesatuan sangatlah penting bagi bangsa Indonesia. Bahkan sampai termaktud dalam UUD 1945 yang notabene adalah dasar negara.

Jika diperinci, pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa memiliki makna sebagai berikut:

  • Dapat menjalin rasa kebersamaan sehingga bisa saling melengkapi satu sama lain
  • Dapat menjalin rasa kemanusiaan dan menumbuhkan sikap toleransi sehingga bisa hidup berdampingan secara harmonis
  • Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, tolong-menolong antar sesama dan tumbuh sika nasionalisme

Selain itu, persatuan dan kesatuan bangsa juga dapat diciptakan dengan selalu mengingat sejarah. Berikut ini hal-hal yang dapat mengingatkan masyarakat untuk selalu bersatu demi kedaulatan Indonesia:

  • Pancasila sebagai dasar negara
  • Sang Merah Putih sebagai bendera kebangsaan negara Indonesia
  • Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
  • Burung garuda sebagai lambang negara Indonesia
  • Lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan, dan lagu perjuangan lainnya

Makna Penting Keberagaman Bhinneka Tunggal Ika

Bhinneka tunggal ika merupakan semboyan bangsa Indonesia yang artinya berbeda-beda tetapi teap satu. Negara Indonesia memang memiliki keberagaman tetapi harus tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Keberagaman yang terjadi di Indonesia merupakan sebab dari hal-hal di bawah ini:

  • Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga memiliki banyak sekali perbedaan yang ada di tiap daerah dan  menimbulkan keberagaman
  • Letak Indonesia yang strategis dan kondisi alam yang berbeda, sehingga membuat suku sayng satu dengan yang lain memiliki cara hidup dan cara pandang yang berbeda pula
  • Kondisi transportasi dan komunikasi yang berbeda di tiap daerah, sehingga timbul perbedaan persepsi yang cenderung bertolak belakang karena berasal dari suku bangsa yang berbeda pula

Oleh karena itu, perbedaan dan keberagaman yang ada di Indonesia tidak boleh disalahgunakan, tetapi harus dimanfaatkan untuk:

  • Sebagai Identitas Bangsa di Mata Dunia
  • Mempersatukan Bangsa
  • Menumbuhkan Sikap Nasionalisme
  • Membangun Sikap Toleransi

Hubungan Persatuan dan Keberagaman Bagi Bangsa Indonesia

Adanya perbedaan dan keberagaman suku bangsa, ras, bahasa, budaya, maupun agama merupakan wujud kebhinnekaan bangsa Indonesia. Walau berbeda, bangsa ini tidak boleh terpecah belah.

Persatuan dan kesatuan bangsa dapat menjalin hubungan baik di tengah keberagaman suku dan bansga di Indonesia. Oleh karena itu persatuan dan keberagaman merupakan hal yang berhubungan dan tidak boleh terpisahkan.

Persatuan dan keberagaman merupakan suatu hubungan sebab akibat. Jika ada perbedaan dan keberagaman maka akan tercipta potensi untuk membangun persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, Sikap saling toleransi antar suku bangsa perlu dipupuk dan ditanamkan dengan sikap nasionalisme atau rasa cinta terhadap negara Persatuan Indonesia. Lantas apa hubungan persatuan dan kebangsaan bagi bangsa Indonesia?

1. Persatuan Muncul Karena Adanya Keberagaman

Persatuan itu sendiri sebenarnya muncul karena adanya perbedaan atau keberagaman yang ada. Rasa dan sikap persatuan juga muncul dari berbagai latar belakang berbeda yang memiliki niatan untuk bersama. Banyaknya perbedaan dan keberagaman di Indonesia seharusnya bisa memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

2. Keberagaman Harus Berbanding Lurus dengan Toleransi dalam Mewujudkan Persatuan

Keberagaman di Indonesia begitu banyak dilihat dari kondisi demografis, geografis, dan historis. Banyaknya perbedaan inilah yang harus diimbangi dengan sikap toleransi antar suku bangsa, ras, budaya maupun agama. Sehingga semakin tinggi tingkat keberagaman di Indonesia, semakin tinggi pula sikap toleransi dan keinginan untuk bersatu.

Keberagaman yang ada di Indonesia juga bisa menimbulkan konflik yang besar, terlihat dari sejarah Indonesia yang dijajah dalam waktu lama. Penjajahan yang terjadi di Indonesia dilakukan dengan cara memecah belah keberagaman bangsa sehingga antar suku bangsa saling bersaing.

Jika hubungan persatuan dan keberagaman tidak dipelihara dengan baik maka dapat menimbulkan masalah-masalah seperti berikut ini :

  • Persaingan antar suku bangsa dalam mendapatkan mata pencaharian
  • Pemaksaan unsur kebudayaan terhadap suku lain yang berbeda budaya
  • Pemaksaan unsur dan nilai agama terhadap suku yang beragama lain
  • Dominasi suku tertentu terhadap suku lain yang minoritas
  • Potensi konflik antar suku tertentu yang telah berlangsung lama

Tetapi jika hubungan persatuan dan keberagaman ini tetap dijaga dengan baik maka akan tercipta kemajuan bangsa. Hubungan persatuan dan keberagaman sangat penting dalam upaya menjaga integrasi bangsa untuk menyiasati dan mengantisipasi ATHG terhadap kesatuan bangsa. ATHG yaitu ancama, tantangan, hambatan dan gangguan dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.

Implementasi Persatuan dan Keberagaman Bangsa Indonesia

Hubungan baik Persatuan dan Keberagaman bangsa Indonesia dapat diwujudkan dengan perilaku di bawah ini:

  • Kesadaran warga negara untuk mempertahankan kesatuan dan persatuan wilayah NKRI sebagai wujud bela negara
  • Menghindari sikap dan perilaku yang menimbulkan konflik seperti SARA dan lainnya
  • Menjunjung bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa
  • Meningkatkan semangat bhinneka tunggal ika dan kekeluargaan dengan menumbuhkan sikap toleransi dan tolong-menolong
  • Meningkatkan nasionalisme atau rasa cinta terhadap bangsa Indonesia dengan menggunakan produk dalam negeri
  • Menerapkan nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan

Itulah makna penting hubungan persatuan dan keberagaman bagi bangsa Indonesia yang harus terus dijaga demi kemajuan Bangsa. Jadikanlah keberagaman Indonesia yang kaya ini sebagai alat pemersatu bangsa dan negara, bukan sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.