5 Tips Gmail Untuk Memaksimalkan Kinerja Kerja Anda

Jika Gmail Anda tidak memiliki perubahan sama sekali sejak Anda menggunakannya, maka Anda perlu melakukan perombakan. Menggunakan fitur tambahan di Gmail akan membantu meningkatkan produktivitas Anda. Gmail merupakan program email yang paling fleksibel yang pernah ada. Anda bisa menggunakan tips dan trik ini untuk memaksimalkan kinerja kerja Anda.

Batalkan email terkirim Anda

Ketika Anda baru saja mengirimkan email penting dan Anda lupa untuk melampirkan dokumen, tentu hal ini sangat memalukan dan tidak profesional. Tenang, gunakan fitur Undo Send. Fitur ini dapat membatalkan email yang telah Anda kirim dalam 30 detik. Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup masuk ke menu Settings > Labs. Scroll ke bawah dan aktifkan fitur Undo Send dengan klik Unable. Fitur ini sangat berguna dan wajib Anda gunakan untuk meminimalisir kesalahan pada email.

Boomerang for Gmail

Tidak perlu terbangun larut malam atau bekerja terlalu pagi jika ada email penting yang ingin Anda kirim di jam-jam tertentu. Cukup gunakan plug-in Boomerang for Gmail dan Anda bisa agendakan email di jam-jam tertentu. Untuk versi gratis, email yang terkirim hanya dapat mencapai 10 email/bulan. Anda tentu perlu membayar agar bisa menikmati fitur ini secara tak terbatas.

Kenali siapa pengirim email

Anda akan dihadapi pada belasan atau puluhan email setiap harinya dan Anda acap kali perlu untuk membuka email tersebut untuk mengetahui siapa pengirim email. Anda bisa menggunakan Rapportive yang tersedia bagi pengguna Firefox dan Chrome.

Jika Anda telah menggunakan aplikasi ini, saat menerima email Anda akan diberikan tampilan kartu nama yang berisi tentang profil pengirim mulai dari foto, nama, dan media sosial lain yang terhubung dengan si pengirim email dan membantu Anda untuk mencari tahu siapa pengirim email tersebut.

Cari tahu lebih detail pesan terkirim

Bisa jadi Anda tengah menunggu balasan email penting dari kolega. Namun sayangnya kolega Anda tidak juga membalas email Anda dan ini membuat Anda frustasi. Anda bisa menggunakan aplikasi Mailtrack yang melacak kapan si penerima telah membaca email Anda. Di lain sisi, Ugly Email, akan mendeteksi apakah pengirim email menggunakan aplikasi yang dapat melacak email tersebut. Jadi dua aplikasi ini bekerja seperti love-hate relationship yang sama-sama dibutuhkan dan juga tidak disukai pengguna email.

Mailtrack akan menambahkan kolom “Cek” sebagai penanda bahwa email Anda telah terbaca selayaknya aplikasi chat yang biasa pengguna gunakan di smartphone, dan tugas Ugly Email adalah menampilkan ikon “eye” sebagai penanda jika pengguna menggunakan aplikasi yang dapat mendeteksi email.

Lakukan apapun yang Anda inginkan

Banyak plug in yang bisa Anda gunakan di Gmail. Ini tentu memudahkan Anda untuk memaksimalkan penggunaan email. Seperti Sortd yang dapat mengubah pesan masuk Anda menjadi berbagai list yang yang dapat mengingatkan Anda apakah Anda perlu melampirkan dokumen atau tidak pada email, Gmail Offline, yang dapat memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengecek email walaupun Anda tidak memiliki koneksi internet, dan HelloSign yang dapat mengizinkan Anda untuk menandatangani dokumen langsung di email tersebut.

Cara Upload File & Folder ke Google Drive (Gratis, Mudah…

Menurut kamu dimanakah tempat paling aman dan terpercaya untuk menyimpan rahasia? Jawabanya ada di orang mati. Ya, menyimpan rahasia pada orang mati tidaklah mungkin...
litalia
2 min read

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail Di Hp Android

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail di HP Android, Semakin canggihnya teknologi, membuat masyarakat dunia semakin ingin mengenalnya agar tak dibilang ketinggalan jaman. Nah, salah...
litalia
2 min read

Cara Ganti Password Gmail Lewat Hp Dan PC (Cuma 5…

Cara Ganti Password Gmail, Sebagian besar orang di berbagai belahan dunia dipastikan memiliki akun Google atau Gmail. Terutama bagi mereka pengguna perangkat android. Barangkali, kamu...
litalia
3 min read