2 Cara Upload File di Google Drive Melalui Hp Android dan PC

Banyak tempat bisa kita pilih untuk menyimpan data digital. Ada komputer, harddisk eksternal, hp, laptop dan masih banyak lagi lainya. Tapi yang paling aman sekaligus mudah diakses dari mana saja dan kapan saja tanpa membawa media penyimpananya adalah menyimpanya di media berbasis cloud. Salah satu media berbasis cloud adalah Google Drive.

Google Drive adalah hosting gratis yang diberika kepada tiap-tiap pengguna dengan jumlah yang dibatasi. Tiap pengguna mendapatkan ruang sebesar 15GB. Ruang ini bisa kamu gunakan untuk menyimpanan berbagai jenis file. Mulai dari video, mp3, dokumen, foto, gambar dan lain sebagainya.

Pun kalau kamu membutuhkan ruang yang lebih dari 15GB, kamu bisa menambah ruang Google Drive dengan melakukan pembelian. Tentu saja ini sangat bermanfaat, mengingat data digital yang kamu simpan di Google Drive hampir tidak memiliki potensi kerusakan.

2 Cara Upload File di Google Drive 

Sayangnya, meski Google Drive dengan mudah kita temukan di Hp android yang biasanya menjadi aplikasi bawaan hp, nyatanya tak menjadi jaminan bahwa semua pengguna android bisa menggunakanya. Bahkan beberapa pemilik android, Google Drive-nya tak terisi sampai Hp dijual kembali.

Biasanya itu terjadi karena kita tak tahu bagaimana cara memanfaatkanya dan menggunakanya. Untuk itu, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara upload file di Google Drive baik menggunakan Hp android maupun PC (Personal Computer).

Untuk bisa menggunakan Google Drive, syaratnya kamu harus memiliki akun Google dan koneksi internet. Untuk cara membuat akun Google, kamu bisa baca di: Cara Membuat Akun Google Baru Di Perangkat Android

#1 Upload File di Google Drive Melalui HP Android

Saya mulai penjelasan dari cara upload file di Google Drive menggunakan hp android. untuk bagian ini, saya rasa kamu tak perlu membuat akun google terlebih dahulu. Sebab saya yakin, ketika kamu pertama kali menggunakan hp android, kamu pasti telah login di hp menggunakan akun google. Jadi langsung saja kita mulai dengan:

  1. Buka aplikasi Google Drive pada Hp Android kamu. Seperti yang saya jelaskan tadi, aplikasi Google Drive adalah salah satu aplikasi bawaan android. Aplikasi ini biasanya berada dalam satu folder bersama dengan aplikasi Google lainya. Untuk ikon aplikasi, silakan lihat gambar di bawah ini.
  2. Tapi jika kamu belum login, silakan terlebih dahulu login. Cara loginya sama seperti ketika kamu login ke gmail.
  3. Selanjutnya, klik ikon ‘+’ yang berada di bagian pojok kanan bagian bawah. Lihat gambar di bawah ini.
  4. Maka akan muncul berbagai pilihan, salah satunya adalah Upload. Silakan kamu klik pilihan itu.
  5. Setelah itu akan muncul pilihan jenis file yang ingin kamu upload. Silakan kamu cari mana file yang ingin kamu simpan di Google Drive. Kali ini saya akan coba upload file surat rekomendasi.
  6. Lihat, kini surat rekomendasi ada di Google Drive saya.

Beres. Gampang bukan cara upload file di Google Drive melalui Hp android. sangat disayangkan bila kamu tidak memanfaatkan teknologi yang amat bermanfaat ini.

#2 Upload File di Google Drive Melalui PC / Laptop

Selain menggunakan Hp android, kamu juga bisa upload file di Google Drive melalui PC atau laptop. Cara melakukanya juga sama-sama mudah, berikut caranya:

  1. Silakan kamu buka browser di PC atau laptop kamu. kamu bisa gunakan Mozilla Firefox, Google Drive, UC Browser atau lainya. terserah mana yang kamu sukai saja. begitu browser terbuka, langsung ketikkan alamat google.com/drive/ pada kotak link yang tersedia.
  2. Kamu akan langsung di bawa ke halaman depan Google Drive. Kini saatnya mulai menggunakanya dengan klik Kunjungi Google Drive untuk membuka halaman baru.
  3. Untuk bisa melanjutkan, kamu perlu logi terlebih dahulu. Silakan kamu masukkan alamat email yang akan kamu gunakan untuk menyimpan file sekaligus yang bakal menjadi akun Google Drive kamu. Masukkan email lalu klik Berikutnya
  4. Lalu masukkan kata sandi dan klik Berikutnya. Jangan salah memasukkan kata sandi ya. Kalau lupa kata sandi Gmail, kamu bisa baca: lupa kata sandi gmail? Reset Password Saja (Cuma 5Menit)
  5. Kamu akan langsung dibawa masuk ke dalam akun Google Drive kamu. kini saatnya memanfaatkan ruang yang ada untuk upload file. Caranya, klik New yang berada di bagian kiri, lihat gambar di bawah ini.
  6. Begitu kamu klik, kamu akan melihat beragam pilihan. Salah satunya adalah Upload File (lihat gambar), silakan kamu klik pilihan itu.
  7. Baru setelah itu, kamu akan di arahkan ke media penyimpanan di komputer kamu. kini saatnya kamu cari file yang ingin kamu upload. Begitu filenya kamu temukan, langsung saja klik open (lihat gambar di bawah ini. Untuk kesempatan kali ini, saya akan coba upload file skripsi saya Bab I
  8. Tunggu hingga proses upload selesai. Proses upload bisa kamu lihat prosesnya di layar.
  9. File berhasil saya upload ke Google Drive.

Kamu bisa memanfaatkan ruang di Google drive ini untuk menyimpan file Film yang ukuranya memang bergiga-giga. Selanjutnya terserah kamu mau kamu apakan file yang telah kamu simpan. Kamu bisa membagikanya dengan orang lain melalui link file.

Ada pertanyaan atau komentar?