30 Aplikasi Edit Video Android dan PC/Laptop Terbaik

Jurnalponsel.com – Apakah kamu tengah mencari Aplikasi Edit Video Android dan PC Terbaik? Dan kamu mungkin kesulitan memilih mana Aplikasi Edit Video yang berkualitas baik. Saat ini, perkembangan dunia video editor nampaknya semakin baik dari waktu ke waktu. Salah satunya yaitu dibuktikan dengan banyaknya aplikasi dan software edit video yang akan membantu proses penyelesaian suatu karya.

Dan yang perlu anda ketahui, berbagai aplikasi ini tak hanya diperuntukkan untuk mengedit foto. Namun editor video terbaik juga banyak diciptakan untuk menghasilkan pengeditan video yang lebih indah dan menarik.

Ya, sebab sebuah karya video juga merupakan bagian dari multimedia yang memerlukan campur tangan seorang kameramen layaknya sebuah hasil foto. Sehingga tak salah jika seseorang menginginkan hasil edit video yang bagus.

Nah dari sekian banyak aplikasi editing video terbaik, ternyata tak hanya dapat digunakan di PC atau laptop, namun perlu kamu ketahui banyak juga aplikasi edit video untuk android. Sungguh mencengangkan bukan teknologi yang sudah tercipta saat ini? Sebuah aplikasi untuk mengedit video di android yang siap dipakai kapan saja dalam genggaman kamu.

Penasaran dengan 30 Aplikasi Edit Video Android dan PC Terbaik? Berikut ulasannya.

  1. Blender

Blender, aplikasi edit video untuk PC
Mungkin nama aplikasi editi video PC terbaik  yang satu ini terdengar cukup aneh, karena menyamai nama sebuah alat elektronik yang berguna untuk menghaluskan benda.

Namun, untuk masalah kualitas Blender tak perlu anda ragukan lagi. Aplikasi ini dapat diperoleh secara gratis. Dan untuk cara kerjanya, Blender sendiri merupakan aplikasi yang lebih ditujukan untuk objek 3 dimensi.

Fitur yang terdapat dalam Blender pun sangat beragam, mulai dari fitur utama seperti potong, penggambungan video, potong, import, pecah dan masih banyak lainnya.

Dan yang menjadi andalan dari Blender adalah fitur renderingnya yang begitu baik, yaitu seperti GPU dan CPU rending. Sehingga tidak salah jika kamu memilih Blender sebagai aplikasi edit video untuk laptop kamu. Kamu bisa download aplikasi edit video gratis Blender di link di bawah ini.

Link download Blender

  1. Wideo

aplikasi edit video for pc, wideo
angkasa-it.blogspot.co.id

Bagi anda yang gemar membuat video animasi untuk mendukung marketing kamu, nampaknya aplikasi editing video ini adalah aplikasi yang cocok untuk anda gunakan sebagai aplikasi edit video di laptop kamu.

Sebab, Wideo memang merupakan sebuah aplikasi editing video berbayar yang diperuntukkan untuk pembuatan video marketing. Dengan begitu, tak heran jika fitur yang tersedia dalam Wideo banyak yang hanya khusus digunakan untuk pembentukkan tokoh anime.

Meskipun begitu, bukan berarti fitur umum tidak tersedia pada aplikasi editing yang satu ini. Anda juga masih bisa menjumpai berbagai fitur menarik lain dari Wideo.

Video dibawah ini merupakan contoh video memakai aplikasi wideo video maker.

Link Download Wideo

  1. DaVinci Resolve 12

Software Edit Video
twitter.com

Davinci Resolve merupakan salah satu aplikasi editing video terbaik untuk PC dengan kualitas premium. Disini anda bisa mendapatkan berbagai fitur menarik dan berkualitas tinggi.

Dari sinilah, anda sudah jelas bisa menggunakan Devinci Resolve sebagai video editor andalan anda yang dapat mengubah sebuah karya video biasa menjadi karya yang luar biasa.

Untuk kunci pengoperasian Devinci Resolve sendiri terletak pada Non Linear Editing, Visual Effects dan Composingnya. Jika anda sudah dapat menguasai 3 sektor tersebut, bukan menjadi hal sulit untuk menghasilkan hasil edit video yang bagus.

Ada tiga pilihan DaVinci Resolve Lite yang gratis dan berbayar , kemudian yang dilengkapi dengan izin pemakian untuk third party panels berbayar, dan edit video terbaru yang dilengkapi dengan kontrol penuh DaVinci Resolve Control Surface yang juga berbayar. Kamu bisa download edit video DaVinci Resolve 12 di link berikut.

Link download DaVinci Resolve 12

  1. HitFilm 4 Express

HitFilm 4 Express software edit video pc
youtube.com

Mungkin anda sudah lebih dulu mengenal salah satu aplikasi untuk mengedit video di laptop yaitu Sony Vegas. Nah HitFilm 4 Express ini merupakan aplikasi edit video yang memiliki kesamaan dengan Sony Vegas cukup banyak.

Hanya saja, HitFilm 4 Express bisa anda peroleh secara gratis. Fitur yang dimiliki HitFilm 4 Express oun merupakan fitur premium yang akan membuat hasil karya anda semakin menarik, seperti real-time premium, panel media, panel trimmer, panel timeline, kumpulan berbagai efek dan manajemen layers.

Link download HitFilm 4 Express

  1. WeVideo

WeVideo aplikasi video editor android
phones-solutions.blogspot.co.id

Pada awalnya, WeVideo merupakan aplikasi video editor android yang berbasis cloud. Sehingga untuk dapat menggunakannya, anda harus memiliki sebuah kartu kredit dan berlangganan akun gratis.

Sayangnya, WeVideo ini hanya bisa digunakan untuk mempublish video dengan durasi waktu yang tak lama, yaitu sekitar 5 menit dalam jangka waktu 10 bulan, dan dengan kapasitas maksimal penyimpanan data mencapai 10 GB.

Dengan begitu, WeVideo sangat cocok bagi anda yang ingin menghasilkan karya video menarik dengan cara pembuatan yang simpel dan mudah. WeVideo juga sangat disarankan untuk anda yang masih pemula. Kamu dapat download aplikasi edit video android ini di tautan berikut.

Link download WeVideo

  1. Youtube Movie Maker

aplikasi edit video untuk youtubers
software-bazar.blogspot.co.id

Dipersembahkan khusus bagi para youtubers, Youtube mengeluarkan sebuah software edit video gratis yang dapat digunakan untuk membuat video menjadi lebih menarik saat di unggah nantinya.

Kelebihan dari Youtube editor ini adalah cara pengoperasiannya yang begitu mudah namun memiliki fitur yang begitu lengkap. Selain itu, dalam software pengedit video terbaik PC yang satu ini anda juga bisa menggabungkan atau memasukkan musik-musik menarik ke dalam video secara gratis. Berikut link download software edit video free.

Link Download Youtube Movie Maker

  1. Stupeflix

aplikasi edit foto ke video online stupeflix
techthagaval.com

Hampir sama dengan WeVideo, Stupeflix juga merupakan aplikasi edit video terbaik untuk android dan PC yang dapat digunakan dengan mengimpor sebuah video, gambar, foto serta musik.

Disini, anda akan menjumpai berbagai fitur menarik yang dapat digunakan dengan begitu mudah. Mulai dari pembuatan caption atau tulisan, pembuatan frame video dan masih banyak lainnya.

Dan yang menarik dari Stupeflix ini, anda akan menjumpai template slide video dengan keragaman yang begitu banyak. Mulai dari slideshow maupun scount down. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi edit video online. Nah jika kamu berencana membuat kumpulan foto kamu menjadi sebuah video kamu bisa memakai aplikasi edit foto ke video baik itu lewat pc atau hp.

Link Stupeflix

  1. Lightworks

Aplikasi edit video pc
lwks.com

Lightwork merupakan salah satu aplikasi edit video untuk windows, Liux dan MAC yang sangat diperuntukkan bagi para profesional. Mengapa? Karena software edit video profesional yang satu ini memiliki berbagai kelebihan menarik atau premium serta sedikit sulit dipelajari.

Dan Lightwork juga merupakan aplikasi yang bisa anda peroleh secara gratis. Meskipun begitu, namun Lightwork sudah support pengeditan video dengan kualitas 4K.

Yang mencengangkan lagi, aplikasi editing video PC yang sudah ada sejak 25 tahun ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk pembuatan beberapa film Hollywood seperti The Wolf of Waall Street, Pulp Fiction, Hugo, dan masih banyak lainnya.

Link download Lightworks

  1. Corel Video Studio

Corel Video Studio

Corel Video Studio adalah salah satu aplikasi edit video terbaik untuk windows yang dikembangkan oleh perusahaan terkenal didunia yaitu Corel. Nama Corel mungkin sudah tidak asing lagi bagi banyak orang karena perusahaan ini merupakan pelopor dalam semua jenis software yang mereka buat dan kembangkan, termasuk salah satunya Video Studio Pro. Merupakan salah satu perangkat lunak guna editing video yang boleh di bilang sangat canggih, Tetapi software ini juga mudah dipakai sehingga cocok bagi kamu yang berniat mengedit video.

Link download Corel Video Studio

  1. VideoPAd Video Editor

Aplikasi Edit Video di Laptop
VideoPAd Video Editor

Jika anda sudah akrab dengan aplikasi editing video terbaik untuk android dan PC Movie Maker, mungkin anda juga tidak akan kesulitan untuk menggunakan VideoPad Video editor. Ya, sebab aplikasi editor yang satu ini dirancang hampir menyerupai Movie Maker.

Hanya saja, untuk VideoPad Video Editor memiliki tambahan beberapa fitur menarik seperti Audio Tools, Transision effects, Video Optomization, serta kemudahan untuk mempubliskan video yang sudah selesai diedit.

Cara pengoperasian aplikasi editing video yang satu ini juga bisa dibilang begitu mudah dan sederhana.

Link download VideoPAd Video Editor

  1. iMovie

iMovie

Aplikasi editing video terbaik untuk iPhone dan Laptop adalah iMovie. Yaitu sebuah aplikasi gratis dengan fitur yang begitu lengkap dan dengan kemudahan pengoperasiannya.

Dengan penggunaan sistem operasi machintosnya, aplikasi editing video yang sat in tak hanya dapat digunakan pada iMac dan PC namun juga dapat digunakan pada iOS.

Sayangnya untuk android sendiri belum dibekali dengan teknologi yang dapat memuat iMovie.

Link download untuk iphone
Link download iMovie untuk Windows

  1. Pinnacle VideoSpin: Sangat lengkap

aplikasi edit video windows 7
aplikasi edit video

Bagi anda yang masih dalam masa belajar untuk membuat sebuah hasil karya video yang menarik namun melalui proses pengeditan yang simpel, VideoSpin adalah aplikasi yang sangat tepat untuk anda.

Dimana VideoSpin ini sangat mudah digunakan. Ya, meskipun fitur yang dimiliki tidak begitu lengkap layaknya aplikasi editing video premium. Namun meskipun begitu, Aplikasi Untuk Menggabungkan Video Gratis Untuk PC/Laptop yang satu ini tetap memiliki keunggulan tersendiri.

Yaitu banyaknya format penyimpanan video. Bahkan bisa dibilang format penyimpanan tidak terbatas.

Link download

  1. Magisto

aplikasi edit video android
Magisto Video Editor

Magisto sebagai aplikasi yang paling populer, banyak di gemari oleh pengguna android dan iOS. Selain fitur yang keren, aplikasi ini dapat melakukan pengeditan dan pemotongan video yang sangat indah.

Namun, bagi kamu yang benar-benar ingin memiliki aplikasi ini, kamu harus merelakan ruang penyimpanan file sebesar 33 MB serta menyediakan kuota untuk smartphone kamu, agar proses pengeditan dapat berjalan dengan cepat dan lancar.

Link download untuk android
Link download untuk iOS

  1. Magisto Online

Aplikasi Edit Video Online Gratis
Magisto Online, Video Editor Online Gratis

Jika aplikasi editing video terbaik untuk android dan PC sebelumnya dapat anda gunakan dalam keadaan offline, untuk aplikasi editing video berikut ii hanya dapat digunakan ketika dalam keadaan online.

Pada dasarnya, Magisto Online ini memiliki fitur yang tak jauh berbeda dengan Magisto biasa. Namun yang menjadi kelebihan dari Magisto Online ini adalah kemudahan pengoperasiannya.

Dimana anda hanya perlu mengupload semua bahan yang akan digunakan untuk hasil karya video anda. Kemudian lakukan proses pengeditan seperti yang anda inginkan.

Link https://www.magisto.com/

  1. Ezvid

aplikasi edit video untuk youtube
brothersoft.com

Ezvid merupakan salah satu aplikasi editing video terbaik untuk PC  yang memiliki kesamaan cukup banyak dengan aplikasi editing Movie Maker. Dimana persamaan paling menonjol dapat anda lihat pada bagian panel multimedianya.

Selain itu, panel audio serta panel timeline juga terdapat pada aplikasi editing yang satu ini. Dan yang lebih mengagumkan, adanya beberapa panel khusus tersebut dapat digunakan secara menarik untuk hasil karya yang menarik pula.

Link download 

  1. Filmora Free Version

video editor
Youtube.com

Salah satu aplikasi editing video terbaik untuk PC yang tak perlu anda ragukan lagi kualitas dan kelengkapan fiturnya adalah Filmora. Disini anda dapat menggunakan berbagai fitur menarik kelas premium.

Di Indonesia sendiri, Filmora dapat diperoleh dengan harga berkisar 200 hingga 500 ribu. Dengan harga yang terbilang murah tersebut, anda sudah bisa menghasilkan sebuah karya video berkelas.

Lalu untuk cara penggunaannya pun tak sulit. Anda bisa belajar tentang bagaimana teknik dasar dalam mengedit video kemudian kembangkan dengan banyaknya fitur yang tersedia disini.

Link download

  1. Loopster

aplikasi untuk mengedit video
Loopster.com

Nah aplikasi editing video terbaik untuk android dan PC berikutnya bernama Loopster. Untuk Aplikasi yang satu ini, anda bisa menggunakannya hanya dalam kondisi sedang online atau berbasis browser.

Namun Loopster merupakan satu aplikasi yang tak hanya dapat digunakan melalui PC, akan tetapi juga dapat anda gunakan melalui smartphone.

Untuk menggunakannya, terlebih dahulu anda harus mendaftar akun gratis dengan fitur yang akan dimiliki yaitu 1GB Cloud Stonge, 480p Resolusion, 10 minute Timeline serta 1GB Max upload size.

Link download 

  1. Kdenlive

aplikasi editing video profesional
kdenlive.org

Kdenlive merupakan satu aplikasi editing untuk PC yang hanya diperuntukkan bagi sebuah PC dengan sistem operasi Linux. Untuk lisensinya sendiri, Kdenlive menggunakan lisensi opensource.

Nah bagi anda yang sudah pernah menggunakan aplikasi editing video profesional semacam Adobe after, maka penggunaan salah satu aplikasi editing video terbaik untuk laptop ini akan cukup mudah.

Dan Kdelive sendiri merupakan aplikasi yang sudah memiliki beberapa versi, dengan versi terbarunya yaitu 16.12.

Link download : https://kdenlive.org/

  1. OpenShot

OpenShot

Sejak tahun 2008 lalu, OpenShot mulai dirilis. Dan setelah melalui beberapa perbaikan, saat ini OpenShot telah menjadi salah satu aplikasi editing video terbaik untuk android dan PC yang patut anda pertimbangkan kualitasnya.

OpenShot sendiri dapat digunakan untuk PC dengan sistem operasi Windows, Linux maupun OS X.

Thomas yang merupakan penemu atau pembuat aplikasi editing video OpenShot ini memiliki tujuan atau misi, yaitu menghasilkan sebuah aplikasi editing yang dapat digunakan dengan mudah, ringan serta dapat diakses secara gratis.

Link download

  1. Shotcut

aplikasi edit video ringan
Aplikasi Video Editor PC : Shotcut

Memiliki nama yang hampir sama, nyatanya OpenShot dan Shotcut memiliki kualitas yang tak jauh berbeda. Keduanya dibekali dengan berbagai kelebihan seperti yang sudah disebutkan di atas, yaitu mudah digunakan, ringan serta dapat diakses secara gratis.

Hanya saja, untuk Shotcut sendiri merupakan satu aplikasi yang berlisensi opensource serta merupakan aplikasi cross platform yang dapat digunakan pada PC dengan sistem operasi Windows dan Linux juga OS X.

http://shotcut.org/

  1. Showbox.com

Video Editor online
Showbox.com, Video Editor online

Dari nama aplikasi video editor terbaik untuk PC yang satu ini saja anda mungkin sudah dapat menebak jika Showbox.com merupakan satu aplikasi yang hanya dapat digunakan dalam keadaan online.

Hanya saja, anda dapat mengaksesnya gratis atau tanpa data tambahan. Berbagai kelebihan juga ditawarkan oleh aplikasi editing video yang satu ini. Dan hebatnya, anda bisa menciptakan hasil karya profesional dengan cara yang mudah.

Bahkan, Showbox.com juga menyediakan fitur lengkap seperti video realtime yang memungkinkan anda melakukan pengambilan video pada saat itu juga menggunakan media webcam.

  1. Avidemux

Software Edit Video Gratis
Avidemux, Pc Video Editor

Avidemux merupakan salah satu aplikasi editing video terbaik yang telah mengalami banyak perubahan (perbaikan). Hingga pada tahun 2014 lalu, Avidemux berhenti memperbaruhi aplikai editing videonya ini.

Untuk penggunaannya sendiri, bisa dibilang sudah cukup baik sebab tak hanya mudah dioperasikan. Namun fitur yang diusung juga cukup beragam,

Dan Avidemux adalah aplikasi yang dapat digunakan pada PC dengan sistem operasi yang juga tersedia dalam versi Mac dan Linuxnya.

Bahkan, aplikasi yang sudah dibuat sejak bertahun-tahun lamanya ini, sering kali disebut sebagai aplikasi pertengahan antara aplikasi editing video PC Movie Maker dan Lightworks.

Link download Avidemux

  1. VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor via techgyd.com

Ingin mendapatkan hasil video yang menarik namun dengan proses pengeditan yang mudah dan ringan? VSDC bisa menjadi satu aplikasi andalan anda.

Sebab, di VSDC Free Video Editor sendiri merupakan satu aplikasi yang tak hanya dilengkapi berbagai fitur, namun juga dilengkapi dengan fitur yang lengkap juga mudah untuk digunakan.

Nah berikut ini beberapa fitur khusus yang dimiliki oleh VSDC, yaitu panel timeline, layar selection serta panel visual.

Link download VSDC Free Video Editor

  1. Kate’s Video Toolkit

aplikasi edit video offline
Kate’s Video Toolkit free offline video editor

Meskipun dibuat sudah dalam jangka waktu yang tak lama lagi, namun Kates Video Toolkit merupakan salah satu aplikasi editing video yang tak kalah berkualitasnya dengan aplikasi editing video terbaru.

Ya, bahkan aplikasi video editor offline legendaris ini pun sudah dibekali dengan fitur yang begitu lengkap dan sangat cocok untuk anda yang para maker pemula.

Sebab tak hanya lengkap namun Kate’s Video Toolkit juga dapat digunakan dengan begitu mudahnya.

Link download Kate’s Video Toolkit

  1. CineFX Jashaka

aplikasi editing video terbaik PC
aplikasi editing video terbaik PC

Yaitu merupakan salah satu aplikasi editing video terbaik PC yang berlisensi GPL serta dirancang untuk kompilasi Windows, dan Linux.

CineFX jashaka pun sudah dilengkapi dengan fitur yang begitu lengkap serta berkulitas. Sehingga tak heran jika para profesional banyak menggunakan CineFX Jashaka sebagai aplikasi editing video terbaik andalan mereka.

Bahkan, beberapa film Hollywood pun sudah berhasil dibuat dengan menggunakan aplikasi yang satu ini.

Link download CineFX Jashaka

  1. Movie Maker

software edit video terbaik
Windows Movie Maker

Siapa sih yang tidak tahu aplikasi edit video gratis satu ini? Sebagai salah satu pencetus aplikasi editor video terbaik, Movie Maker banyak digunakan sebagai patokan aplikasi lain.

Dimana hal ini menyebabkan beberapa fitur menarik pada Movie Maker juga digunakan pada aplikasi lain.

Dan karena sudah merupakan keluaran lama, Movie Maker pun dapat anda download secara gratis pada PC dengan sistem operasi Vista dan Windows 7 serta windows 8.

Kelebihan utama yang dimiliki Movie Maker adalah kestabilan hasil video yang telah diedit meskipun sebelumnya telah mengalami berbagai perubahan. Baca juga Cara Membuat Dan Mengedit Video Menggunakan Movie Maker.

Link download Windows Movie Maker

  1. MovieStorm

Aplikasi Edit Video PC Ringan
moviestorm.co.uk

Jika kebanyakan aplikasi editing video hanya diperuntutkan untuk pembuatan film atau video kartun. Namun dengan menggunakan MovieStrom ini anda bisa menggunakannya pada pembuatan berbagai jenis film.

Mulai dari animasi, action, horor, musikan dan lain sebagainya. Dan yang lebih menarik dari aplikasi editing video terbaik untuk PC yang satu ini yaitu ketika anda menggunakannya untuk aplikasi editing video animasi.

Maka hasil yang didapat nantinya bisa begitu nyata dan baik.

Link download MovieStorm

  1. Freemake Video Converter

Aplikasi Converter Video
Aplikasi Converter Video

Freemake Video Converter, yaitu aplikasi konverter video dengan kualitas terbaik yang mampu membuat hasil karya anda begitu menakjubkan. Bagaimana tidak, dengan menggunakan aplikasi editing video yang satu ini anda bisa menggunakan fitur yang membuat video terkesan lebih nyata.

Penggunaan atau pengoperasiannya pun begitu mudah, mulai dari drop, flip dan kebutuhan lain dapat anda lakukan dengan begitu mudahnya. Kemudian untuk masalah harga, anda pun tak perlu khawatir.

Sebab, Freemake Video Converter bisa anda dapatnya dengan gratis dan mudah.

Link download Freemake Video Converter

  1. ZS4 Video Editor

ZS4 Video Editor gratis

Merupakan aplikasi edit video yang diperuntukkan untuk para ahli, sudah bukan hal aneh lagi jika ZS4 Video editor memiliki fitur yang begitu lengkap dan baik.

Tak hanya itu, ZS4 Video Editor juga mampu memberikan pengalaman membuat video yang cukup menakjubkan. Karena, meskipun proses pengeditan dapat menghasilkan karya yang begitu indah, sayangnya untuk cara pengoperasiannya cukup sulit. ZS4 Video Editor merupakan salah satu Software Edit Video Gratis Terbaik,

Hal ini yaitu karena banyaknya fitur yang tersedia di ZS4 Vide editor ini.

Link download ZS4 Video Editor

  1. Unite or Split Video

unite or split video
Aplikasi Potong Video

Ketika sedang melakukan pengeditan video, hal yang paling umum dilakukan adalah penggabungan dua atau lebih cuplikan video menjadi satu video yang berkesinambungan.

Nah dengan menggunakan United or Split Video, anda bisa merasakan dengan baik perbedaan perpotogan atar video satu dengan video lain. Dimana jeda atau penggabungan tidak akan terlihat dibuat-buat, atau dengan kata lain video akan terlihat natural.

United or Split Videos pun merupakan aplikasi yang banyak mengalami perbaikan. Bahkan tak jarang setiap satu tahun sekali United or Split akan menghasilkan perbaikan yang tentu akan sangat membantu.

Link download Unite or Split Video

Dari ke 30 Aplikasi Edit Video Android dan PC Terbaik di atas, hampir kesemuanya memiliki kelebihan masing-masing. Dimana kelebihan ini dapat anda bandingkan satu sama lain. Hingga anda menemukan aplikasi manakah yang nantinya akan dipilih untuk jadi aplikasi edit video andalan anda.

Namun, yang perlu anda perhatikan ketika mengedit video baik menggunakan aplikasi kelas premium ataupun kelas rendah yang hanya membutuhkan kemampuan sederhana, beberapa hal ini harus anda perhatikan dengan baik. Sebab hal-hal inilah yang nantinya akan mempengaruhi hasil karya editing anda.

  • Penggabungan

Satu kunci yang akan membuat hasil karya editing video anda terlihat natural dan mengalir adalah penggabungan yang sempurna. Dimana anda tidak akan menjumpai video dengan sambungan menggantung atau terlihat aneh.

Biasanya, proses penggabungan ini akan menghasilkan karya yang menarik ketika sang editor bekerja sama dengan pengambil video. Atau bisa dibilang video tersebut adalah hasil skenario.

Dengan begitu, maka beberapa titik penggabungan dapat disesuaikan. Namun bukan berarti video natural atau tanpa skenario tidak dapat dibuat menjadi video yang menarik pula. Asalkan anda mengetahui waktu atau titik-titik yang tepat maka semua video dapat menjadi satu video editing yang begitu menarik.

  • Crop

Teknik berikutnya tak berjauhan dengan teknik sebelumnya yaitu penggabungan. Dimana pemotongan atau crop inilah yang akan menjadi akal bakal dari sebuah penggabungan video.

Jadi bisa dibilang titik potong antara crop video dengan penggabungan sama. Nah tips untuk membuat hasil karya video editing anda semakin menarik, adalah bagaimana anda bisa memotong video pada satu adegan finish (dengan yang sudah selesai).

Tips ini juga akan membantu dalam mempermudah proses penggabungan satu video dengan video lain.

  • Efek

Satu fitur pokok yang pasti dimiliki oleh setiap aplikasi editing video terbaik untuk android dan PC adalah efek. Hanya saja yang membedakan satu aplikasi dengan aplikasi lain adalah kelengkapan efek.

Untuk aplikasi kelas premium biasanya akan memiliki pilihan efek yang lebih beragam serta nyata. Begitu pun sebaliknya untuk aplikasi yang diperuntukkan bagi anda para pemula.

Tips dalam memilih efek ketika mengedit sebuah video adalah pastikan anda tak menggabungkan berbagai efek secara bersamaan hingga membuat komposisi dasar video tak terlihat.

Buatlah efek yang tetap menghasilkan efek nyata video. Sebab fungsi utama dari sebuah efek bukanlah untuk merubah. Namun untuk membuat video menjadi lebih sempurna.

  • Audio

Satu sektor penting untuk menentukan suatu video terlihat indah ataupun tidak adalah audio yang dipasangkan bersama video tersebut. Ya, meskipun bukan hal yang sulit untuk menggabungkan suatu audio ke dalam sebuah video namun ketepatan audio akan sangat berpengaruh pada hasil akhir.

Dimana pemilihan waktu yang tepat dan pemilihan jenis audiolah yang akan menghasilkan video sempurna.  Memang benar pemilihan audio dapat disesuaikan dengan mudah dengan jenis video yang dibuat.

Namun untuk pemilihan audio non lagu, maka intro atau pemilihan waktu awal akan sangat berpengaruh pada keindahan video.

Bagaimana? Sudah siapkan anda menjadi maker handal menggunakan aplikasi edit video di atas dan dengan bekal ilmu dasar dari ulasan di atas?

Yang terpenting, buatlah sebuah video editing dengan hati, maka karya yang anda hasilkan nantinya juga akan menjadi satu karya yang mampu menuju hati penikmatnya.

Apakah artikel ini membantu?

Terima kasih telah memberi tahu kami!
PERHATIAN
Jika ingin mengcopy-paste referensi dari Jurnalponsel.com, pastikan untuk menambahkan sumber rujukan di daftar pustaka dengan format berikut:
Raif Anaqi. (). 30 Aplikasi Edit Video Android dan PC/Laptop Terbaik. Diakses pada , dari https://www.jurnalponsel.com/aplikasi-edit-video/

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.