13 Cara Mengatasi BBM Android Error, Pending dan Lemot

Cara Mudah Mengatasi BBM Error (Lemot, Terhenti, Pending) dan tidak bisa di buka Di Hp Android, Punya masalah berkaitan dengan BBM Error, Pending atau Lemot? Tenang saja kawan, kali ini jurnalponsel punya beberapa identifikasi penyebab BBM Android Error, Pending dan Lemot beserta solusi lengkapnya. Setidaknya ada 13 cara yang bisa kamu pilih sesuai dengan masalah yang kamu hadapi. Happy day kawan..

Cara Mengatasi BBM Android Error

cara mengatasi bbm android error

BBM error biasanya disebabkan oleh kesalahan dalam aplikasi itu sendiri. Bisa karena ia tidak kompatible dengan perangkat android yang kamu gunakan, misalnya spesifikasi android yang kamu gunakan terlalu rendah.

Bisa pula disebabkan oleh adanya sejumlah file aplikasi BBM yang kamu hapus waktu membersihkan sampah di file manager. Terkadang hal ini bisa terjadi bila kamu menghapus tidak dengan hati-hati atau kamu menggunakan aplikasi pembersih.

Nah, ada sejumlah cara mengatasi BBM error yang cukup ampuh:

1. Update BBM Android Ke Versi Terbaru

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan masalah BBM error adalah melakukan update aplikasi BBM. Update atau pembaharuan aplikasi sangat bermanfaat untuk membersihkan segala bug yang mungkin saja terjadi pada sebuah aplikasi.

Nah untuk cara melakukan update BBM, kamu bisa baca poin nomor 10 dalam daftar solusi mengatasi masalah BBM di bawah ini.

2. Instal Ulang Aplikasi BBM

Kalau kamu tidak bisa melakukan update BBM, sebab ternyata memang tidak ada pembaharuan aplikasi dari pengembang. Kamu bisa lakukan instan ulang. Cara untuk melakukan instal ulanga dalah dengan menghapus aplikasi BBM terlebih dahulu.

Baru setelah itu, Kamu buka aplikasi Google Play Store dan cari aplikasi BBM, lalu download dan instal. Beres.

3. Update Android

Aplikasi BBM pasti akan terus diperbarui oleh pengembangnya mengikuti versi android saat ini. jadi buat kamu yang punya smartphone dengan android versi lama, mungkin saja akan mengalami BBM error akibat berbagai bug. Jadi tidak ada salahnya bila kamu melakukan update sistem android kamu.

Langkah untuk melakukan update android adalah:

  • Buka pengaturan (setting)
  • Pilih tentang ponsel dan klik
  • Klik pembaharuan sistem

Cara Mengatasi BBM Pending

cara mengatasi BBM Pending

Selain bisa mengalami error, BBM juga bisa pending. Untuk mengatasinya, tentu caranya berbeda dengan BBM error. Sebab BBM Pending biasanya terkait erat dengan koneksi internet. So, cara mengatasi BBM pending adalah sebagai berikut:

4. Periksa Koneksi Data Internet dan Paket Data

Yups, jika BBM kamu pending, mka hal pertama yang harus kamu lalukan adalah cek koneksi internet kamu. Termasuk juga paket data yang kamu miliki. Janga-jangan koneksi internet kamu sedang buruk, atau paket data kamu tidak mendukung penggunaan BBM.

Nah, untuk memeriksa koneksi internet, kamu bisa cek status SIM kamu melalui pengaturan > tentang ponsel > status. Atau bisa juga kamu gunakan *#*#4636#*#*, lalu klik informasi ponsel.

Kalau kamu bingung, kamu bisa juga menguji koneksi kamu dengan membuka aplikasi lain yang sama-sama mengunakan koneksi internet. Misalnya kamu buka youtube lalu putar, bisa tidak videonya kamu play.

Jika memang masalahnya adalah koneksi internet, cobalah ganti kartu atau pergi ke tempat yang lebih baik signal internetnya.

5. On/Off kan Internet atau Ganti ke Mode Pesawat Dulu

Kalau BBM kamu pending, kamu bisa juga menyelesaikanya dengan ON/Off kan internetan kamu. Atau kamu bisa juga ganti terlebih dahulu ke mode pesawat. Caranya, tarik layar kamu dari atas ke bawah, pilih ikon data seluler atau mode pesawat. Klik. Tunggu 10 detik lalu klik lagi.

Kemungkinan BBM kamu tidak akan pending lagi.

6. Paksa Berhenti BBM

Kalau masih belum bisa menyelesaikan masalah kamu, kamu bisa coba cara lain. Caranya silakan kamu paksa hentikan BBM terlebih dahulu. Sebab bila kita hanya menutup aplikasi BBM dengan menekan tombol back (kembali), aplikasi BBM sebenarnya tidak tertutup. Melainkan masih berjalan di latar belakang ponsel. ini terlihat dari ikon yang masih ada di layar bagian atas.

Untuk mematikan secara paksa BBM, kamu bisa masuk ke menu pengaturan (setting) lalu pilih aplikasi terinstal. Klik. Kemudian cari dan klik aplikasi BBM. Setelah itu kamu akan melihat tulisan paksa berhenti di bagian bagian bawah. Klik lalu oke.

7. Matikan Aplikasi VPN

Jika sejak awal setelah kamu instal aplikasi BBM tapi BBM selalu pending, ada kemungkinan settingan aplikasi VPN kamu yang bermasalah. Jadi silakan kamu masuk ke menu pengaturan, lalu cari VPN.

8. Tutup Aplikasi Lain

Penyebab lain BBM pending adalah banyaknya aplikasi yang kamu buka atau berjalan di ponsel kamu dan sama-sama menggunakan koneksi internet. Jadi ada baiknya bila kamu tutup aplikasi lain untuk menyelesaikan masalah BBM pending. Caranya cukup kamu klik tombol recent apps lalu geser aplikasi yang terlihat di recent apps ke kanan atau ke kiri.

Cara Mengatasi BBM lemot

cara mengatasi BBM lemot

Selain masalah BBM error dan pending, masalah tingkat merespon perintah yang lambat dari BBM atau biasa dikenal dengan BBM lemot juga jadi masalah tersendiri. Bayangkan saja, siapa yang sanggup menunggu lebih dari satu menit hanya untuk membuka aplikasi BBM.

Padahal smartphone sudah dibekali dengan spesifikasi yang mempuni. Tapi ya tenang saja, ada sejumlah cara mengatasi BBM lemot yang bisa kamu terapkan:

9. Lakukan Clear Data Cache

Untuk mengatasi BBM lemot, cara pertama yang bisa kamu aplikasikan adalah dengan membersihkan data dan cache yang ada di aplikasi BBM. Data cache itu merupakan data yang menyimpan seluruh riwayat yang pernah kamu lakukan pada BBM.

Dengan menghapus Data dan Cache, kamu juga akan kehilangan segala riwayat percakapan kamu, tapi tenang saja, kontak kamu masih akan. Hanya saja, nanti kamu harus login kembali.

Cara untuk membersihkan data dan cache sebagai berikut:

  • Buka pengaturan (setting)
  • Pada bagian setelah aplikasi, pilih aplikasi terinstal
  • Cari dan klik ikon aplikasi BBM
  • Silakan hapus data dan cache, klik oke

10. Update atau Instal Ulang

Setelah kamu lakukan hapus data dan cache, tapi aplikasi BBM kamu masih lemot. Cobalah kamu update bbm kamu dan instal ulang. Update BBM sangat berguna untuk memperbarui segala sistem BBM sesuai dengan versi android yang kamu gunakan.

Sekaligus juga, update BBM itu berguna untuk menghilangkan segala bug. Jadi jangan percaya bila anda yang mengatakan bahwa melakukan update sebuah aplikasi hanya akan membuat android semakin lemot saja.

Nah untuk melakukan update aplikasi BBM, kamu bisa lakukan dengan:

  • Buka aplikasi Google Play Store
  • Lalu klik simbol yang ada di bagian pojok kiri atas
  • Tekan aplikasi & Game Saya
  • Cari dan pilihlan aplikasi BBM, klik dan lakukan update

Selain melakukan update, bisa juga kamu hapus dan instal ulang aplikasi BBM. Caranya hampir sama dengan melakukan update aplikasi BBM.

11. Matikan Semua Aplikasi lain

Mematikan semua aplikasi lain yang berat juga bisa membuat BBM jadi tidak lemot lagi. Termasuk juga aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel dan yang ada di recent apps. Jadi pastikan semua aplikasi tertutup secara sempurna, bukan hanya menekan tombol back atau kembali.

12. Reboot

Kamu bisa selesaikan banyak masalah dengan melakukan reboot atau restart. Hanya saja solusi ini berlaku untuk sementara. Artinya dalam beberapa menit setelah kamu reboot, pasti BBM tidak akan lemot lagi.

Tapi kalau kamu tidak menemukan akar masalah utamanya, masalah kamu tidak akan selesai. jadi carilah akar masalahnya. Untuk melakukan reboot, kamu bisa tekan tombol On/Off, lalu pilih reboot, klik.

13. Factory Reset

Kalau reboot hanya mampu menyelesaikan aplikasi BBM dan lainya dalam waktu sementara, maka factory reset atau hard reset, akan menyelesaikan msalah dengan tuntas. Factory reset adalah mengembalikan ponsel ke settingan pabrik.

Jadi ponsel akan kembali seperti saat pertama kita beli. Hanya saja, kita pasti akan kehilangan semua data dan aplikasi yang bukan bawaan pabrik. Termasuk juga aplikasi BBM.

Tapi solusi ini sangat ampun untuk mengatasi BBM, error, pending dan juga lemot. Dijamin manjur. Meski begitu, ini adalah obat terakhir yang boleh kamu gunakan pada saat saat terakhir saja.

Adakah Cara Lain Mengatasi BBM Error, Pending dan Lemot?

Jika semua cara di atas tidak bisa mengatasi masalah kamu, maka satu-satunya solusi terbaik adalah ganti ponsel android kamu.

LUPA KATA SANDI FACEBOOK? baca cara mudah reset sandi FB

Lupa Kata Sandi Facebook, Sebagai media sosial yang paling ramai dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2 milyar tiap bulan, ada banyak ulasan menarik seputar facebook....
litalia
3 min read

Cara Download Video di Facebook Lewat Hp dan PC (100%…

Cara Download Video di Facebook – Sebagai media sosial dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2 milyar tiap bulan dan terus bertambah seiring banyaknya yang...
litalia
2 min read

Cara Membuat/Mendaftar Facebook Dengan Cepat Hanya 5 Menit

Cara Membuat/Mendaftar Akun Facebook – Facebook merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna facebook paling...
litalia
2 min read