11 Cara Mengatasi BBM Tidak Bisa Video Call di Android

11 Cara Mengatasi BBM Tidak Bisa Video Call di Android, Cara mengatasi BBM tidak bisa video call di android ada beragam. Tergantung jenis masalah yang dihadapi. Jika Jurnalponsel mencoba mengidentifikasikanya, setidaknya ada 3 masalah yang mengakibatkan BBM tidak bisa video call dan 11 solusi yang bisa diterapkan.

Berikut ketiga masalah tersebut dan solusinya. Kamu bisa memilih sesuai dengan jenis masalah yang kamu hadapi untuk menemukan solusi yang tepat. Tidak ada salahnya mencoba satu persatu.

Pertama, Masalah Jaringan dan Koneksi

1. Koneksi Data Internet

Bagaimanapun, BBM adalah aplikasi yang selalu aktif karena adanya jaringan internet. Jadi begitu kamu tidak bisa video call, entah itu melakukan panggilan video maupun menerima panggilan video, hal pertama yang harus kamu periksa adalah jaringan.

Kamu bisa mengetahui bagaimana kecepatan jaringan kamu melalui beberapa cara:

  • Masuk ke setelah (pengaturan atau setting) > lalu klik tentang ponsel > pilih status > lihat status SIM.
  • Bisa juga kamu lihat melalui dial up *#*#4636#*#* (untuk beberapa ponsel tidak bida) > lalu Informasi telepon (pilih sim yang kamu gunakan) > kamu langsung bisa lihat kekuatan jaringan kamu.

Atau kamu juga bisa melihat kecepatan internet kamu dengan cara mengunjinya pakai aplikasi lain, misalnya kamu buka youtube atau browser. Bisa kah video youtueb kamu putar? Kalau bisa, berarti koneksi data internet kamu normal.

2. Kuota Internet

Berikutnya soal kuota internet (paket internet). Pertanyaan pertama, kuota internet kamu masih atau tidak? Jenis paket yang kamu gunakan apa?

Ada beberapa provider (kartu) yang menyediakan paket internet gratis media sosial sekalipun kuota sudah habis. Hanya saja, paket internet gratis ini, nyatanya hanya bisa digunakan untuk untuk chat (message saja). Tidak bisa bila kita gunakan untuk melakukan panggilan, apalagi untuk video call.

Jadi cobalah cek jenis paket yang kamu gunakan, biasanya cukup tekan *123#.

3. Matikan Internet lalu Hidupkan

Kalau ternyata kuota internet kamu masih banyak, paket mendukung dan koneksi juga cepat, tapi tetap BBM tidak bisa video call. cobalah untuk mematikan data seluler kamu dalam waktu kira-kira 10 detik – 20 detik. Setelah itu hidpukan kembali. Caranya:

  • Tarik layar dari atas ke bawah > lihat ikon bertulis data seluler > klik sekali.
  • Tunggu 10 detik
  • Klik lagi sekali

4. Hidupkan Mode Pesawat

Atau selain kamu matikan data perangkat, kamu juga bisa mencoba dengan menggantinya ke mode pesawat. Mode pesawat bertujuan untuk menghentika seluruh aktivitas jaringan internet yang ada di ponsel kamu.

Bahkan aplikasi yang berjalan di latar ponsel juga tidak akan lagi menggunakan jaringan internet. Biasanya cukup ampun untuk mengembalikan kecepatan internet. Caranya seperti pada poin nomor 4, hanya saja yang kamu klik sekali ada logo bergambar pesawat.

Kedua, Masalah Aplikasi

5. BBM Error, Lakukan Update BBM

Masalah berikutnya yang bisa menyebabkan BBM tidak bisa video call datang dari aplikasi BBM itu sendiri. Bisa jadi ada beberapa file dalam BBM yang telah kamu instal hilang semacam corrupt jika dalam PC. Maka cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan update BBM.

 

Cara untuk melakukan update BBM sangat mudah, kamu cukup:

  • Buka aplikasi Google Play Store
  • Lalu klik tanda strip yang terdiri dari 3 strip bertumpuk berada di bagian pojok kanan atas,
  • Klik Aplikasi & game saya
  • Kemudian cari dan pilih aplikasi BBM,
  • Klik sekali dan tekan update.

Tunggu sampai proses selesai.

Perlu kamu pahami, beberapa orang mungkin menganggap bahwa update aplikasi yang membuat penumpukan file dalam ponsel dan menyebabkan kinerja ponsel semakin berat. Tapi sebenarnya itu salah. Update atau pembaharuan aplikasi bertujuan untuk menyelesaikan setiap bug yang terjadi pda aplikasi sekaligus menambahkan fitur-fitur baru. Terkadang juga bertujuan untuk menyesuaikan dengan android versi terbaru.

6. Matikan BBM dari Recent Apps

Oh ya, sebelum kamu melakukan update BBM, ada baiknya kamu coba menutup BBM dari recent apps. Apakah dengan kamu tutup bbm dari recent apps kemudian kamu buka lagi, BBM sudah bisa kamu gunakan untuk video call atau tidak.

Cara untuk menutup aplikasi BBM dari recent apps sangatlah mudah, kamu cukup tekan tombol recent apps yang biasanya terletak di sebelah kiri tombol home (untuk Asus berada di sebelah kanan). Lalu pilih aplikasi BBM dan geser ke kanan atau ke kiri.

7. Lakukan Clear Cache dan Data

Kalau BBM sudah kamu update, tapi masih belum bisa menyelesaikan masalah kamu. Maka kamu cobalah untuk menghapus data cache dan data lainya yang ada di BBM. Siapa tahu, penyebab BBM tidak bisa video call kamu adalah akibat penumpukan file yang terlalu banyak pada BBM.

Sehingga mengakibatkan BBM bekerja sangat keras. Apalagi memang RAM ponsel kamu tidaklah besar. mungkin ini tidak akan terjadi pada ponsel kelas flagship atau high end, tapi sangat mungkin terjadi pada ponsel android kelas entry law dan mainstrem.

Data cache itu semacam data riwayat yang disimpan oleh aplikasi secara otomatis untuk mengingat-ingat apa saja yang pernah kamu lakukan pada aplikasi. Nah, cara membersihkan data cache adalah:

  • Buka pengaturan (setting)
  • Lalu pada bagian setelan aplikasi, pilihlah aplikasi terinstal klik sekali.
  • Pada bagian aplikasi terunduh, cari dan pilihlah aplikasi BBM. Klik pada aplikasi BBM
  • Setelah itu, kamu akan melihat tulisan clear data cache dan data. Klik, dan oke.

Ingat jika kamu hanya membersihkan cache saja, maka kamu tidak perlu login BBM kembali. Tapi jika kamu juga membersihkan data BBM, maka kamu harus login kembali. Seluruh data yang ada di BBM kamu juga hilang. Tapi tenang saja, untuk kontak, akan tetap tersimpan dengan baik.

8. Paksa Berhenti BBM

Tahukah kamu ketika kamu menutup aplikasi BBM dengan menekan tombol kembali (back), aplikasi BBM sebenarnya tidak tertutup secara sempurna. Melainkan aplikasi BBM masih tetap berjalan di latar belakang ponsel. lihatlah, ikon aplikasi BBm masih ada di bagian atas ponsel kamu bukan?

Cara untuk menutup BBM secara sempura adalah dengan memaksanya berhenti. Cara ini juga bisa untuk mengatasi masalah BBM yang tidak bisa Video call. cara untuk paksa berhenti BBM sama seperti cara pada bagian nomor 7, hanya saja yang kamu pilih adalah paksa berhenti.

Ketiga, Masalah Ponsel

9. Matikan Aplikasi VPN

Jika koneksi internet dan jaringan kamu stabil dan oke-oke saja. Lalu aplikasi BBM kamu juga tidak ada masalah sama sekali, berarti masalah berikutnya pasti ada di Ponsel android kamu. entah itu berkaitan dengan settingan kamu, atau memang ponsel android kamu tidak mendukung untuk melakukan video call.

Salah satu masalah berkaitan ponsel adalah soal pengaturan jaringan. Bisa saja kamu menggunakan VPN sehingga jaringan kamu tidak bisa terhubung ke BBM. Kamu bisa periksa pada bagian pengaturan > VPN > kembalikan ke default

10. Reboot

Berikutnya yang cukup efektif untuk menyelesaikan banyak permasalahan pada smartphone android termasuk BBM tidak bisa video call adalah melakukan refresh (restart) atau reboot.

Dengan melakukan reboot, segala beban ponsel akan terhenti dan ponsel kembali dalam keadaan segar. Jadi kemungkinan besar kamu akan bisa melakukan video call. Caranya tekan tombol power > pilih reboot > klik

11. Lakukan Hard Reset

Cara terakhir dan haruslah menjadi obat terakhir adalah melakukan hard reset atau factory reset atau setel ulang. Karena cara ini sama dengan artinya mengembalikan ponsel ke setelah pabrik, jadi harus jadi pilihan terakhir.

Sebab jika kamu lakukan, kamu aka kehilangan seluruh data dan riwayat yang ada di ponsel. segala file-file kamu juga akan hilang, termasuk kontak dan lainya.

Jadi jangan pernah mengambil cara ini sebelum kamu mencoba cara yang lainya. Cara untuk melakukanya adalah masuk ke pengaturan > sistem dan perangkat > setelah tambahan > setel ulang

Adakah Cara Lain?

Cara mengatasi masalah BBM tidak bisa video call adalah dengan memeriksa spesifikasi ponsel android kamu. Apakah benar-benar mendukung untuk video call atau tidak.