Harga Samsung Galaxy V

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy V Januari 2017

Jurnalponsel.comHarga Samsung Galaxy V  – Pengguna ponsel seluruh dunia dapat dipastikan mengenal Samsung. Perusahaan yang basisnya di Korea Selatan ini, pertama kali mengeluarkan produk handphone pada dekade 90’an. Sampai dengan saat ini sudah banyak sekali produk handphone yang dikeluarkan oleh Samsung. Hingga bisa dikatakan bahwa Samsung menjadi brand handphone paling terkenal di dunia.

Awalnya, Samsung dikenal dengan produknya yang hanya menjangkau kalangan atas. Tetapi, sejak era menjamurnya smartphone, Samsung berinovasi untuk memproduksi ponsel yang harganya dapat dijangkau semua lapisan masyarakat. Seri smartphone Samsung yang digadang-gadang dapat dinikmati pasar kelas menengah ke bawah adalah Samsung Galaxy J Series yang sudah sampai seri 7 (Samsung Galaxy J7). Sebelum merilis Samsung Galaxy J7, terlebih dahulu Samsung mengeluarkan Samsung Galaxy V.

Samsung Galaxy V pertama kali rilis pada September 2014. Keunggulan Galaxy V adalah smartphone Samsung yang pertama kali memiliki lampu flash pada kamera depannya. Sehingga sangat memanjakan pengguna untuk berfoto selfie, bahkan di malam hari sekalipun. Sama seperti seri Galaxy lainnya, harga Samsung Galaxy V sangat ramah kantong, hanya 1 jutaan saja. Berminat memiliki Samsung Galaxy V? Berikut uraian spesifikasi dan harga Samsung Galaxy V.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy V

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy V
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy V

Layar dan Desain

Layar Samsung Galaxy V berteknologi TFT capacitive touchsreen dengan resolusi 480 x 800 pixels. Tingkat resolusi yang ditampilkan sudah cukup ketinggalan jika dibandingkan dengan beberapa smartphone di kelasnya. Umumnya ukuranya sudah di atas 480 x 800 pixels. Tetapi meski demikian, samsung tetaplah dapat diandalkan soal tampilan. Meski rendah, tampilannya tetap wah. Namun, jika dibandingkan dengan smartphone yang beredar sekarang, dimana kebanyakan sekarang telah berkelas HD. Terutama untuk smartphone kelas premium.

Samsung Galaxy V hadir dengan layar berukuran 4.0 inci dengan kepadatan 233ppi. Jika dilihat dari aspek desainnya, Samsung Galaxy V masih didesain khas produk handphone Samsung yang tampak mewah dan elegan. Body Samsung Galaxy V cukup proporsional (tidak terlalu besar atau kecil) dengan dimensi 121.4 x 62.9 x 10.7 mm, sedangkan jika dilihat dari bobotnya, Samsung Galaxy V lumayan ringan. Beratnya hanya 123 gram saja, sehingga tidak ada masalah jika pengguna menaruh Samsung Galaxy V ke dalam saku celana atau bajunya.

Memang kalau dilihat dari ukuran layarnya yang hanya 4 inchi, Samsung Galaxy V sudah cukup ketinggalan. Di mana sekarang konsumen menginginkan smartphone dengan layar yang lebih besar. Umumnya 5.0 inches. Alasanya lebih pas di genggam dan pas jika digunakan untuk bermain di media sosial. Lebih pas pula untuk menonton video.

Konektivitas

Samsung Galaxy V dilengkapi dengan fitur dual-SIM GSM G313 HZ dengan jaringan 2G (GPRS dan EDGE). Tidak hanya itu saja, Samsung Galaxy V juga memiliki jaringan 3G HSPA 21Mbps/5.76Mbps. Sayang, smartphone ini belum dilengkapi dengan jaringan 4G LTE bands. Padahal 4G LTE bands kini telah menjadi andalan banyak vendor dalam menawarkan ponsel pintar. Apalagi, banyak teknologi jaringan juga telah menyediakan dan terus mengembangkan teknologi 4G LTE. Bahkan untuk ukuran paket data, 4G LTE jauh lebih murah jika dibandingkan dengan 3G bands dan 2G bands. Harganya bahkan bisa hanya 10% saja dari harga 3G. Walau memang harus diakui, teknologi 4G LTE belum sempurna dan belum sepenuhnya merata di wilayah Indonesia.

Demi memenuhi kebutuhan konektivitas di mana saja, Samsung Galaxy V dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, dan Hotspot. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, konektivitas pengguna terjamin. Sebagai pelengkap konektivitas juga, Samsung Galaxy V hadir dengan fitur Bluetooth 4.0 dan micro-USB 2.0. Dengan adanya Bluetooth dan micro-USB akan lebih memudahkan pengguna Samsung Galaxy bertukar data baik dengan handphone lain, maupun dengan PC atau komputer. Segala perlengkapan konektivitas ini sangat cocok bagi konsumen yang akrab dengan pindah-pindah data.

performa Samsung Galaxy V
performa Samsung Galaxy V

Performa

Samsung Galaxy V merupakan smartphone dengan sistem Android Kitkat v4.4.2. Prosesor yang digunakan Samsung Galaxy V memiliki kecepatan 1.2 GHz dengan spesifikasi single core. Dengan prosesor tersebut, Samsung Galaxy V nyaman digunakan bagi pengguna masif media sosial apalagi juga telah di dukung dengan RAM 512 MB. Androit tipe “K” alias kitkat memang cukup tertinggal jika dibandingkan dengan perkembangan platform android yang telah mencapai tipe “M”. Tetapi sebenarnya tidaklah ada perbedaan mencolok.

Yang cukup disayangkan sebenarnya ada pada RAM yang hanya 512 MB. Dengan ukuran segitu, hanya mampu digunakan untuk beberapa aplikasi berjalan bersama saja. tidak mungkin mampu menjalankan semua media sosial dalam waktu yang bersamaan. Jadi untuk memastikan Samsung Galaxy V tidak berjalan lambat anda harus menjalankan program secara bergantian. Artinya, jika salah satu digunakan maka yang lainya harus dimatikan. Kalau tidak prosesnya akan sangat lambat.

Penyimpanan

Ponsel canggih generasi kelima dari seri Galaxy ini, memiliki memori penyimpanan internal 4 GB. Dengan penyimpanan sebesar itu, pengguna akan dimanjakan untuk menyimpan setiap kenangan seperti foto atau video, dokumen dalam bentuk file, atau pun aplikasi-aplikasi penunjang aktivitas sehari-hari. Jikapun ruang penyimpanan ini masih kurang, anda dapaty menambahnya dengan memori eksternal hingga 64GB. Sehingga akan menjamin keleluasaan anda dalam mengelola ruang penyimpanan. Dan untuk mengakali jalanya makin lambat, ruang penyimpanan sebaiknya anda pindahkan ke memori eksternal ketimbang menyimpanya di memori internal.

Kamera

Samsung Galaxy V merupakan seri Galaxy yang pertama kali dilengkapi LED Flash. Bagian belakang, dibekali dengan kamera berkekuatan 3,5 MP. Sedangkan di bagian depan, dilengkapi dengan kamera VGA. Kamera utama yang berkekuatan 3,5 MP, membuat pengguna Samsung Galaxy V cocok digunakan untuk berselfie ria, terlebih untuk kalangan muda. Adanya LED Flash juga membuat kamera Samsung Galaxy V dapat digunakan pada malam hari. Meski kameranya hanya 3,5 MP, kualitasnya bisa dibilang setara dengan 5 MP kamera handphone keluaran china. Sebab samsung memang sangat ekspert soal kamera handphone. Jadi tak perlu diragukan lagi.

Yang tak bisa ditoleransi sebenarnya adalah kamera depanya yang hanya VGA. Kita tidak akan bisa melakukan kegiatan selfie dengan kamera depan. Jadi untuk selfie anda harus mengakalinya dengan menggunakan kamera belakang. Sebab sebagaimana kita tahu, kegiatan selfie hampir tak bisa dipisahkan dari kita semua.

Baterai

Kapasitas baterai yang dimiliki Samsung Galaxy V adalah 1500mAh. Dengan kapasitas sebesar ini, Samsung Galaxy tahan selama 8 jam jika digunakan untuk internetan (3G). Sedangkan jika digunakan untuk memainkan musik saja, bisa tahan sampai dengan 29 jam. Daya yang berukuran 1500mAh sebenarnya sudah cukup mempuni dan tahan lama jika kita tidak menyalakan semua aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Tetapi jika kita nyalakan dalam waktu bersamaan, baterai ini akan cepat habisa dan panas. Jadi anda harus pandai mengaturnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy V

Spesifikasi Samsung Galaxy V sudah sangat canggih, meski pun dikategorikan sebagai ponsel low-end. Prosesornya yang memiliki kecepatan 1.2 GHz dengan memori penyimpanan internal 4G dan RAM 512MB menjadikan performa Samsung Galaxy V tidak kalah bersaing dengan brand-brand lainnya. Yang paling canggih dari Samsung Galaxy V tentu saja fitur LED Flash yang akan memanjakan para pengguna kamera untuk keperluan foto atau membuat video. Samsung Galaxy V sendiri tersedia dalam dua pilihan warna, hitam dan putih. Kamera utamanya yang berukuran 3.5 juga sudah cukup untuk berfoto dan menbuat vidio. Boleh dibilang spesifikasi Samsung Galaxy V sudah cukup lengkap dan mempuni untuk segala aktivitas.

Harga Samsung Galaxy V
Harga Samsung Galaxy V

Harga Samsung Galaxy V

Spesifikasi yang canggih dan ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah membuat harga Samsung Galaxy V sangat terjangkau. Harga Hp Samsung Galaxy V baru (new) dibrandol Rp. 940.000 (masih kisaran satu jutaan saja), sedangkan harga Samsung Galaxy V bekas (second) dibrandol Rp 500.000. Harga yang masih kisaran satu jutaan ini, membuat Samsung Galaxy V menjadi ponsel yang ramah kantong atau dompet. Jadi sangat tepat bagi anda yang menginginkan handphone dengan brand ternama tetapi tetap terjangkau.

Harga Samsung Galaxy V BaruHarga Samsung Galaxy VBekas
Harga Baru : Rp. 875.000,-Harga Bekas :Rp. 500.000,-

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy V

Sebagai smarthphone generasi kelima dari seri Galaxy, Samsung Galaxy V tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy V.

Kelebihan Samsung Galaxy V1

1.Harga Samsung Galaxy murah, sehingga terjangkau oleh semua kalangan baik kalangan atas, menengah, atau menengah ke bawah.
2. Akses internet Samsung Galaxy V tergolong cepat karena didukung teknologi 3G HSDPA. Tidak hanya itu saja, karena dilengkapi dengan teknologi GPRS dan EGDE, Samsung Galaxy V membuat penggunanya tetap bisa mengakses internet meskipun berada di luar jangkauan area 3G.
3. Memori penyimpanan yang lumayan yaitu 4GB.
4. Desain Samsung Galaxy V tampak elegan dan mewah dengan ukuran layar yang proporsional (tidak terlalu besar atau kecil). Resolusi layar pun sudah tinggi 480 x 800 pixels sehingga gambar yang dihasilkan cukup tajam.
5. Dilengkapi dengan kamera belakang berkekuatan 3.15 MP yang sudah dibekali LED Flash.
6. Samsung Galaxy V tidak hanya menyediakan penyimpanan internal, tetapi juga penyimpanan ekternal. Penyimpanan eksternal Samsung Galaxy V adalah jenis microSD yang memungkinkan pengguna untuk menambah data-data yang akan disimpan.
7. Adanya fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n membuat Samsung Galaxy V mendukung hotspot yang memungkinkan pengguna dapat berkoneksi dengan pengguna lainnya. Selain itu, ada pula Wi-Fi Direct yang memudahkan pengguna untuk transfer data via Wi-Fi langsung.

Baca Juga : Harga Hp Samsung Galaxy Di Bawah 2 Juta

 

Kekurangan Samsung Galaxy V

1. Prosesor yang digunakan Samsung Galaxy V masih single core, sehingga akan berat jika digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang memiliki ukuran besar seperti game.
2. Kamera depan Samsung Galaxy V hanya dibekali dengan kamera VGA, sehingga hasil yang didapatkan kurang begitu maksimal.
3. Samsung Galaxy V memiliki RAM yang lumayan tidak terlalu besar, hanya 512 MB. Dengan kapasitas RAM sebesar itu, Samsung Galaxy V akan berkurang kecepatannya ketika membuka aplikasi yang berukuran besar.
4. Kapasitas baterai Samsung Galaxy V hanya 1500mAh, sehingga membuat daya tahan baterai tidak terlalu lama apalagi kalau digunakan untuk internetan.
5. Sayang, Smartphone Android Samsung Galaxy V juga belum dilengkapi dengan jaringan 4G LTE.