Free Screen Video Recorder, Aplikasi untuk Rekam Layar PC

0
81

Free screen video recorder atau dikenal pula sebagai aplikasi untuk rekam layar PC sangat penting dalam beberapa kegiatan. Apa yang kita ingin sampaikan lewat PC dapat dengan mudah direkam oleh perekam layar pc atau biasa disebut Screen Video Recorder. Namun, aplikasi Screen Video Recorder tidak semuanya gratis karena tentu dibutuhkan biaya untuk memproduksi aplikasi tersebut. Aplikasi Screen Video Recorder yang gratis sangatlah terbatas.

Daftar Aplikasi untuk Rekam Layar PC

Berikut 12 Aplikasi untuk rekam layar PC gratis:

1. CamStudio

aplikasi untuk rekam layar PC Camstudio

Link Download

Aplikasi ini free download. Hasil rekaman dapat disimpan dengan format AVI bahkan juga dapat di-convert ke Flash Video. Kualitas video dapat diatur. Kamu dapat mengambil gambar full screen atau pada bagian-bagian tertentu saja. Menarik, bukan? Buat kamu yang takut kalau tiba-tiba ada watermark di hasil rekamanmu, jangan khawatir. CamStudio bebas watermark dan tanpa batasan waktu rekaman. So, enjoy your record!

2. FRAPS

Link Download

Ini nih aplikasi yang recommended banget buat kamu para gamers. Rekamannya yang beresolusi tinggi dikhususkan untuk game. Aplikasi ini free jika rekaman tidak lebih dari 30 detik. Buat kamu yang ingin memakai FRAPS untuk tutorial Minecraft, sebaiknya tidak menggunakan versi yang free karena durasi rekamannya pendek. Meskipun klip yang dibuat pendek, resolusinya cenderung tinggi dengan resolusi maksimum 7680 x 4800.

3. Bandicam

Link Download

Bandicam merupakan aplikasi Screen Video Recorder yang didesain khusus untuk permainan game. Aplikasi ini dilengkapi dengan Advanced Hardware Accelerator dan Encode serta resolusinya cukup tinggi yaitu 3840 x 2160 sehingga hasilnya akan terlihat mulus apalagi dapat menunjukkan frame per detik. Sayangnya, aplikasi ini tidak sepenuhnya gratis. Versi gratisnya hanya memiliki durasi rekaman 10 menit dan video klipnya akan memiliki watermark. Bandicam juga merupakan saingan FRAPS.

4. Ezvid

aplikasi untuk rekam layar PC Ezvid

Link Download

Tertarik dengan aplikasi perekam layar PC yang dapat merekam, membubuhi tulisan, lalu dapat langsung di-upload ke Youtube tanpa menutup aplikasi perekam layar? Ezvid pas banget buat kamu. Ezvid merupakan perekam layar sederhana yang sama dengan aplikasi gratis Avidemux. Aplikasi ini dapat mengedit rekaman, menambah slide, mengubah kecepatan, upload langsung ke Youtube, mencoret-coret layar, serta mengubah teks yang diketik dalam bentuk audio. Bagaimana? Lengkap banget, kan? Aplikasi ini juga populer di kalangan pemain Minecraft.

5. Rylstim Screen Recorder

Link Download

Ingin mencoba membuat video tutorial dengan aplikasi yang simpel? Rylstim Screen Recorder recommended banget buat kamu. Aplikasi ini sangat simpel. Cukup klik Start Record  untuk memulai dan tekan F9 ketika selesai. Export rekamannya pun memiliki formatan yang bagus. Sayangnya, Rylstim Screen Recorder tidak mendukung rekaman suara serta tidak ada tool untuk mengedit. Untuk menambahkan suara, kamu dapat menggunakan aplikasi gratis lainnya. Aplikasi ini juga tidak ideal untuk para gamer tetapi sangat bagus untuk kamu yang ingin memulai debut video tutorial.

6. FlashBack Express

Link Download

FlashBack Express merupakan aplikasi untuk rekam layar PC gratis yang mengharuskanmu meminta registration key dari pengembangnya untuk dapat men-download aplikasi ini. FlashBack Express sangat efisien dan efektif karena aplikasi ini hanya akan merekam pergerakan layar. Jadi ketika pointer mouse-mu sedang tidak bergerak atau kamu sedang berhenti bekerja, otomatis aplikasi ini tidak merekamnya. Kamu juga dapat mengatur waktu maksimum yang kamu inginkam serta ukuran file maksimum untuk mencegah ukuran file yang terlalu besar. Dengan FlashBack Express, kamu dapat merekam layar PC-mu, Webcam, serta audio.

7. TinyTake

aplikasi untuk rekam layar PC tinytake

Link Download

TinyTake merupakan aplikasi Screen Recorder yang cepat dan simpel ketika digunakan. Aplikasi ini dinilai memiliki jenis terbaik serta dapat di-download secara free. Proses rekamannya sangat luar biasa yakni dapat merekam full screen selama 120 menit. Buat kamu yang ingin membuat video edukasi maupun bisnis, TinyTake sangat recommended buat kamu. Kurangnya formatan ketika di-export bukan masalah karena kualitas TinyTake sudah cukup bagus. Untuk meng-share hasil rekamanmu, kamu butuh akun MangoApps.

8. HyperCam

Link Download

HyperCam merupakan aplikasi Screen Recorder versi lama yang sekarang bisa kamu gunakan secara free. HyperCam 4.0 adalah produk premium namun pada akhirnya diputuskan untuk membuat produk baru lagi yakni HyperCam 2.9 yang dapat di-download secara free. Cukup rekam layarmu dan kamu bisa meng-export dengan format AVI. Aplikasi ini juga dapat menambahkan teks dan coretan di layar namun tidak dapat melakukan rekaman picture in picture. HyperCam tidak disarankan untuk para gamer tetapi sangat disarankan bagi kamu yang suka membuat video tutorial.

9. Jing

Link Download

Ingin memiliki aplikasi Screen Recorder yang free dan penginstalannya cepat? Jing adalah solusinya. Selain simpel, penginstalan aplikasi ini juga tergolong cepat. Klik aplikasinya dan akan langsung terbuka jendela aplikasi Jing. Kecepatan dan tingkat kemudahan pemakaiannya patut diacungi jempol. Namun, pengaturan audio dan video memiliki kualitas yang kurang baik. Format hasil rekamannya pun SWF Flash. Untuk melihat hasil rekamanmu, kamu dapat meng-export dengan format SWF Flash atau meng-upload ke screencast.com

10. Wink

Link Download

Aplikasi untuk rekam layar PC Wink dapat di-instal di Windows maupun Linux. Selain dapat merekam gambar dan video, Wink juga dapat merekam suara. Tujuan diciptakannya aplikasi ini adalah tutorial software. Karena itu, aplikasi ini sangat bagus dalam menangkap pergerakan mouse. Hasilnya pun juga high quality. Wink memiliki versi premium dan free. Tenang saja! Versi gratis memiliki features yang tidak ada duanya!

11. Active Presenter

aplikasi untuk rekam layar PC activepresenter

Link Download

Ingin memiliki aplikasi untuk rekam layar PC atau Screen Recorder yang dapat menyimpan sesi project-mu untuk dapat dibuka lagi? Active Presenter merupakan aplikasi yang dapat menyimpan session Project untuk dapat dibuka lagi. Editing aplikasi hampir sama seperti aplikasi Pinnacle Studio. Format videonya cukup banyak meliputi AVI, WMV, MP4, dan WebM. Sayangnya, untuk versi free, video klipnya akan memiliki watermark.

12. Icecream Screen Recorder

Link Download

Icecream Screen Recorder merupakan aplikasi gratis yang memiliki tampilan desain yang indah. Kamu dapat merekam secara full screen dengan format sesuai pilihanmu. Hasil video klipnya dapat langsung di-upload ke Youtube. Aplikasi ini juga dapat menambahkan teks atau coretan. Versi gratisnya memang tidak sebagus versi premium, misalnya dalam merekam pergerakan mouse tetapi versi gratis dari Icecream Screen Recorder bisa dibilang memiliki kualitas yang baik.

Baca Juga: 30 Aplikasi Edit Video Android dan PC/Laptop Terbaik

Itu tadi 12 aplikasi perekam layar PC-mu. Jangan takut untuk mencoba dan men-download. Merekam layar PC dapat dijadikan ladang bisnis, berbagi ilmu, maupun untuk pendidikan. Mumpung ada yang gratis, kenapa tidak dimanfaatkan dengan baik?