Avidemux : Langkah Tepat Mengkreasikan Video Berhargamu

0
27

Avidemux merupakan aplikasi editing video yang populer dan patut di coba oleh-mu. Aplikasi ini bisa digunakan pada PC yang memiliki sistem operasi seperti Linux, BSD, Mac OS X dan Windows.

Aplikasi ini dapat menginput video dengan format AVI, MPEG, WMV, ASF, MPEG-4, MOV (QuickTime), 3GP, MP4, OGM dan FLV (Flash Video). Hasil keluaran video (output) dari aplikasi ini berformat AVI, m1v/m2v, MPG/MPEG (VCD/SVCD/DVD), TS, OGM, MP4, MKV dan FLV ( flash video).

Fitur-fitur yang disediakan Avidemux antara lain Mengedit video (cut, copy, paste, dan delete),menyimpan video dalam format tertentu, menyimpan audio, menyimpan video tanpa suara, mengkonversi video ke dalam format DVD, deinterlacing video, mengkonversi dari DVD menjadi AVI, melakukan batch video, mendukung scripting, dan lainnya.

avidemux

Kamu tidak perlu bingung karena aplikasi edit video ini bisa kamu dapatkan secara gratis pada situs penyedia aplikasi resmi umum. Meski bagi para pemula aplikasi ini tergolong membingungkan, namun jika kamu mempelajarinya terlebih dahulu maka akan memudahkanmu menggunakannya kelak dan kamu siap untuk mengkreasikan videomu.

Cara menggunakannya Avidemux

Tak sulit untuk menggunakan aplikasi edit video untuk PC yang satu ini. kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini secara tepat. Itupun dengan catatan kamu baru pertama kali menggunakan aplikasi Avidemux. Jika kamu pernah menggunakan aplikasi ini, kamu bisa memulai langsung ke langkah nomor 4.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Avidemux pada link-link resmi penyedia software. Atau kamu juga bisa download aplikasi secara langsung dengan Klik disini
  2. Lalukan instalasi secara tepat. Butuh beberapa saat sampai proses instalasi selesai.
  3. Setelah Avidemux terinstall, buka aplikasi tersebut.
  4. Buka file video yang hendak diedit pada menu File. Pilihlah file video dengan kualitas yang baik. Sebab kualitas video menentukan hasil editing kamu.
  5. Kamu harus melakukan format video yang akan disimpan pada Video dan format audio yang diinginkan di Audio
  6. Gunakan fitur yang tersedia untuk mengkreasikan hasil video kamu. Disini yang paling menentukan adalah daya kreativitas kamu. Makin kreatif, makin bagus pula hasilnya.
  7. Simpan file sesuai dengan format yang kamu butuhkan dan tulis beserta ekstensinya

Kelebihan dan Kekurangan Avidemux

Kelebihan : aplikasi Editing video gratis ini dirancang untuk pemotongan, penyaringan dan tugas pengkodean. Mendukung banyak jenis file, termasuk AVI, MPEG file DVD yang kompatibel, MP4 dan ASF, menggunakan berbagai codec. Tugas dapat diotomatisasi dengan menggunakan proyek, antrian pekerjaan dan scripting yang kuat.

Baca juga Showbox.com: Aplikasi PC Terbaik untuk Membuat dan Mengedit Video

Kekurangan : Interfacenya bisa dikatakan terlalu rumit untuk pengguna biasa, nah karena itulah tutorial ini saya posting, dengan tujuan untuk mempermudah penggunaannya.

Itu saja yang bisa saya katakan tentang aplikasi Avidemux ini. semoga bermanfaat.