15 Aplikasi Remote AC Terbaik Untuk Smartphone Android

0
25

Aplikasi Remote AC Android Terbaik, Benar memang jika teknologi adalah apa saja yang bisa membuat kita lebih mudah dalam mengerjakan dan melakukan sesuatu. Sama juga dengan masalah AC, terkadang kita lupa dimana terakhir kali kita menempatkan remote pendingin ruangan. Untungnya berkat aplikasi remote AC yang tersedia di android, kita tak perlu lagi bingung. Cukup kita instal saja aplikasinya, maka android sudah bisa berfungsi sebagai remote AC.

15 Aplikasi Remote AC Terbaik di Android

Sama dengan beberapa tulisan sebelumnya, kali ini saya akan membagikan pada anda semua 15 aplikasi remote Ac terbaik yang ada di android. Yang pasti beberapa aplikasi bisa saja tidak kompatibel dengan perangkat android yang kamu gunakan. So pilihlah yang tepat.

1. Mi Remote Controller for TV/AC

Aplikasi Remote AC Android Mi Remote Controller for TV-AC

Mi Remote Controller for TV/AC merupakan sebuah aplikasi remote AC yang di kembangkan oleh sebuah vendor smartphone asal tingkok yaitu Xiomi Inc. Meskipun begitu, Aplikasi Remote Ac ini tetap bisa digunakan oleh perangkat android lain yang bukan berasal dari vendor Xiaomi. Beberapa perangkat android yang dapat menggunakan aplikasi ini antara lain Huawei Glory 3, Huawei Glory 6, Huawei Glory 6 Plus, Samsung S4, Samsung S5, Samsung S6/ Samsung Edge, Samsung Note 3 / Samsung Note 4 dan HTC One Sreies.

Kelebihan lain dari aplikasi ini yaitu tidak hanya bisa mengkontrol AC saja, tetapi bisa digunakan untuk mengkontrol peranti lain. Beberapa perantu yang mendukung aplikasi ini antara lain TV, Set Top Box, DVD Player, Proyektor, Penerima A/V, Kamera dan lain-lain.

Fitur Aplikasi Mi Remote Controller for TV/AC

  • Selain bisa kamu gunakan untuk remote AC, aplikasi ini juga bisa digunaka untuk TV, set top box, projector, A/V receiver, DVD player, camera, dan lain-lain.
  • Beberapa brands yang terbukti bisa menggunakan Aplikasi ini adalah Samsung, LG, Sony, Haier, Videocon, Micromax, Panasonic, Sharp, Onida, dan lainya. Beberapa yang bisa misalnya HTC One Series, Huawei Honor 3/6/6 plus, Mi 4/Mi 4c/Mi 5/Redmi 4/Redmi Note 2/Redmi Note.

Download Aplikasi Mi Remote Controller for TV/AC

2. ASMart Remote IR

ASMart Remote IR

Aplikasi remote yang dapat dijadikan sebaga pengendali  untuk pendingin ruangan (AC) selanjutnya ialah ASMart Remote IR. ASMart Remote IR merupakan remote kontrol umum yang di pasangkan untuk pengguna android.

Cara kerja aplikasi ini memanfaatkan sensor IR (Infra Red) yang ada di perangkat anda untuk dapat mengaktifkan kemampuannya dalam mengontrol suhu AC. Tidak semua merek android kompatibel dengan aplikasi ini. Beberapa perangkat android yang mendukung dengan aplikasi ini  diantaranya adalah Samsung Galaxy S4, S5, Note 3, Galaxy Tab dan HTC One.

ASMart Remote IR tidak hanya bisa menghidupkan dan mengatur suhu AC saja. Aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan peranti lain, seperti TV, Set Top Box, DSLR, DVD / Bluray Player, Proyektor, Sraeming Box.

Fitur Aplikasi ASMart Remote IR

  • Selain bisa kamu gunakan untuk AC, aplikasi ini juga bisa untuk TV, Settop Box, DSLR Camera, DVD/Bluray Player, Projector dan juga Streaming Box
  • Aplikasi memiliki tampilan yang menyenangkan dan mudah sekali digunakan.

Download Aplikasi ASMart Remote IR

3. Air Conditioner Remote Control

Air Conditioner Remote Control

Aplikasi Air Conditioner Remote Control merupakan salah satu remote cerdas terbaik untuk AC anda. Aplikasi ini bisa pasangkan di perangkat android anda dengan terlebih dahulu mendowload aplikasi ini di Google Play Store. Sehingga anda tidak pelu khawatir lagi jika kehilangan remote AC konvesional, cukup dengan mengambil smartphone anda lalu nyalakan AC remote pada aplikasi ini. Aplikasi Air Conditioner Remote Control bisa diinstal hampi di sebian besar smartphone Samsung di seri S dan Note.

Remote AC ini merupakan salah satu remote yang bisa digunakan untuk 100 merek AC yang terdaftar di dunia. Kelebihan lain yang di tawarkan oleh aplikasi ini antara lain, Remote ini mampu mengcontrol 20 unit AC dalam satu ruangan, kemudian dapat mengubah mode operasi AC menjadi : Auto, cool, fan, dry selain itu, remote ini bisa mengubah kecepatan kipas angin menjadi : auto, very low, very high dan menghidupkan dan mematikan AC

Fitur Aplikasi Air Conditioner Remote Control

  • Memiliki tampilan yang Sederhana, tapi penuh dengan fungsi.
  • Hampir semua bisa dilakukan aplikasi ini, mulai dari pengaturan mendasar AC, sesuaikan suhu, mode dingin atau panas, dan juga mode kipas angin.
  • Multi-device, yang berarti aplikasi ini bisa digunakan untuk mengendalikan banyak model AC, mendukung lebih dari 1000+ perangkat berbeda.
  • Mengontrol hingga 20 unit AC dalam ruangan dalam sekali tekan;
  • Bisa untuk ubah mode operasi AC; Auto, cool, fan, dry, heat
  • Punya FQDN (Fully Qualified Domain Name) mendukung pengaturan akses jarak jauh

Download Aplikasi Air Conditioner Remote Control

4. Peel Smart Remote

Peel Smart Remote

Peel Smart Remote merupakan aplikasi yang memungkinkan anda untuk dapat mengontrol peranti multimedia yang ada di rumah. Meskipun aplikasi ini lebih dikenal sebagai aplikasi yang dapat mengganti fungsi dari remote TV. Akan tetapi, Peel Smart Remote juga bisa di pakai untuk mengontrol AC, Set Top Box, DVD Player, Audio System, Bluray, dan perangkat elektronik lainnya yang membutuhkan remote.

Langkah awal yang harus anda lakukan untuk mengfungsikan aplikasi ini ialah pastikan perangkat android anda memiliki koneksi infrared. Karena untuk dapat mengontrol AC, aplikasi ini memanfaatkan built-in yang terdapat di smartphone anda. Setelah mengetahui bahwa smartphone anda terkoneksi infra red, selanjutnya anda dapat mendownload aplikasi ini di Google Play Store. Kemudian anda bisa menikmati Peel Smart Remote untuk mengontrol pendingin ruangan di rumah.

Peel Smart Remote hanya dapat digunakan untuk beberapa brand atau merek saja. Untuk mengontrol peranti AC, aplikasi ini dapat digunakan untuk brand Samsung, LG, Panasonic dll.

Fitur Aplikasi Peel Smart Remote

  • Selain digunakan untuk AC, bisa juga untuk kontrol TV, set-top box, DVD player, sistem audio, Blu-ray, Roku, Apple TV, dan peralatan rumah tangga.
  • Memiliki tampilan yang sederhana dan penuh manfaat.

Download Aplikasi Peel Smart Remote

5. AnyMote Universal Remote+WiFi

AnyMote Universal Remote+WiFi

AnyMote Universal Remote+WiFi diklaim sebagai aplikasi remote terbaik untuk perangkat android Samsung Galaxy S5, S6, HTC One, dan beberapa perangkat android lainnya. Aplikasi ini memiliki kesamaan dengan Peel Smart Phone yaitu memanfaatkan sensor infrared untuk mengontrol AC/pendingin ruangan. Tidak semua merk AC bisa di kontrol menggunakan aplikasi ini, hanya merk AC yang memiliki sensor infrared seperti Panasonic, Samsung, Sharp, dll.

Kelebihan lain dari aplikasi ini yaitu bahwa AnyMote Universal Remote+WiFi bisa menggantikan semua perangkat elektronik rumah tanggal yang memancarkan sensor infrared. Tidak hanya pendingin ruangan atau AC, aplikasi ini juga bisa menggantikan remote untuk TV, Set Top Box, DVD, Bluray, VCR, Amplifier, AV Receiver, DSLR dan lain-lain. Selain itu aplikasi ini juga dapat mengontrol beberapa perangkat elektronik rumah secara bersamaan.

Fitur Aplikasi AnyMote Universal Remote+WiFi

  • Tampilan remote bisa disusun ulang, baik untuk tombol, warna, posisi, teks, ikon & lainnya
  • Punya fitur macro untuk menjalankan beberapa perintah pada satu sentuhan
  • gunakan tugas otomatis untuk menjalankan perintah tanpa interaksi (seperti Mute on Call)
  • punya fitur perintah suara melalui Google Now

Download Aplikasi AnyMote Universal Remote+WiFi

6. AC Remote Control

AC Remote Control

Berbeda dengan aplikasi lain yang mengandalkan infrared sebagai pengontrol AC. Sehingga aplikasi AC Remote Control tidak harus di install di perangkat Android yang memiliki sensor infrared. Hanya saja aplikasi ini hanya terkoneksi dengan merk AC yang sudah terdaftar dalam aplikasi ini.

Merk AC yang mendukung aplikasi AC Remote Control yaitu Samsung, Dalkin, Panasonic, LG, Iloyd dan lain-lain. AC Remote Control dilengkapi denga fitur-fitur diantaranya menghidupkan dan mematikan CA, mengatur temperatur, mengganti mode AC: cool, fan, dry or heat, serta mengatur kecepatan kipas.

Fitur Aplikasi AC Remote Control

  • Bisa digunakan untuk mengendalikan banyak AC dalam sekali tekan, bahkan mencapai 20 unit AC di dalam ruangan.
  • Punya fitur pengendali AC yang sangat lengkap, bisa untuk pengoperasian AC; Mobil, , kipas angin, dan lainya.
  • Punya fitur pengaturan suhu kamar dengan dukungan FQDN (Fully Qualified Domain Name) dari akses jarak jauh

Download Aplikasi AC Remote Control

7. Control It – Remotes Unified

Control It – Remotes Unified

Control It – Remotes Unified merupakan aplikasi remote control umum yang dapat digunakan untuk mengendalikan perangkat media elektronik yang membutuhkan remote. Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi ini juga mengandalkan sensor infra red yang ada di smartphone anda untuk bisa mengfungsikannya.

Berikut adalah daftar perangkat Android yang memiliki sensor infra red yaitu Samsung Galaxy S4, S5, S6, Samsung Galaxy Note 3, Note 4, Samsung Galaxy Mega, Samsung Galaxy Zoom, Samsung Galaxy S4 Mini, HTC One M7, HTC One M8, HTC One Max, LG G3, G4 dan G2. Bebarapa perangkat media elektronik yang dapat di kontrol dengan aplikasi Control It – Remotes Unified antara lain AC (Air Conditioner), TV (Satelit atau Kabel), Digital Strereo System, Set Top Box, Blue Ray Player, Projector, Streamer, DVR, DVD, Radio Mobil, Kamera Digital dan Heater.

Fitur Aplikasi Control It – Remotes Unified

  • Selain bisa mengendalaikan AC, aplikasi ini juga bisa untuk TVs, Satellite TV atau TV kabel, Set Top Box, Blue Ray Player, Digital Stereo System, Projector, DVR, DVD, Car Radio, Streamer, Digital Camera dan Heater untuk AC
  • Semua tombol yang ada di aplikasi telajh disusun sedemikian rupa dengan penempatan dan fungsi yang tepat.
  • Punya fitur Timer Function untuk menghidupkan perangkat pada waktu tertentu

Download Aplikasi Control It – Remotes Unified

8. Smart Air Conditioner

Smart Air Conditioner

Dengan aplikasi Smart Air Conditioner ini anda dapat mengontrol pendingin ruangan dengan perangkat andorid anda. Aplikasi Smart Air Conditioner merupakan aplikasi resmi yang dikembangkan oleh vendor Samsung. Meskipun aplikasi ini di rilis oleh Samsung, akan tetapi aplikasi ini bisa diinstall di perangkat android lain yang bukan merk samsung.

Kekurangan dari aplikasi ini bahwa aplikasi ini hanya bisa dipakai untuk AC Samsung yang sudah dibekali dengan mode Wifi, di antaranya adalah AC yang dirilis pada tahun 2012 ke atas. Selain memiliki kekurangan, aplikasi ini juga memiliki kelebihan dibanding aplikasi lain yaitu aplikasi yang satu ini mampu mengendalikan AC Samsung tanpa harus mengarahkan smartphone anda ke depan AC. Sehingga anda bisa mematikan dan menghidupkan AC meskipun anda berada di luar jangkauan dari AC.

Fitur Aplikasi Smart Air Conditioner

  • Di dukung dengan fitur yang sangat menajubkan, salah satunya adalah kemampuan aplikasi ini untuk menghidupkan atau mematikan AC meski pemilik sedang berada di luar rumah. ini adalah perangkat remote yang sangat cerdas.
  • Walau memang, aplikasi ini hanya bisa digunakan pada model WIFI yang telah diterapkan pada model Airconditioner Room yang dirilis tahun 2012 atau yang lebih baru.

Download Aplikasi Smart Air Conditioner

9. AC Freedom

AC Freedom

Aplikasi remote Ac terbaik berikutnya yang bisa kamu gunakan di android kamu adalah AC Freedom. Aplikasi ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan AC remote Control.

Selain AC Remote Control, aplikasi AC Freedom juga tidak membutuhkan sensor infrared untuk mengontrol AC. Bagaimana caranya supaya AC bisa dikontrol oleh aplikasi ini? caranya yaitu dengan men scan kode yang ada di AC denggan menggunakan perangkat android yang anda miliki. Anda juga dapat menghubungkan smartphoen yang anda miliki menggunakan WiFi dengan cara yang sama seperti menggunakan Smart Air Conditioner.

Fitur Aplikasi AC Freedom

  • AC Freedom di dukung dengan fitur cloud computing yang unik. Dimana selain mengendalikan AC, kita bahkan bisa memerikas kondisi dan mengatur waktu mingguan.
  • Aplikasi di dukung dnegan antarmuka sederhana dan friendly bagi pelanggan yang hanya dirancang untuk AC rumahan.

Download Aplikasi AC Freedom

10. Electrolux ControlBox

Electrolux ControlBox

Aplikasi Electrolux ControlBox merupakan salah satu aplikasi remote AC yang mempunyai rating tertinggi di Play Store. Dengan aplikasi ini anda dapat mengontrol AC dari manapun anda berada. Dengan catatan anda harus memasang aplikasi Controlbox pada perangkat android anda.

Aplikasi ini memiliki cara kerja yang sederhana. Tampilanya yang terlihat sederhana mendukung siapa saja untuk langsung bisa memahami cara kerja aplikasi. Apa yang bisa dilakukan aplikasi? Selain remote Ac juga punya fungsi lain.

Fitur Aplikasi Electrolux ControlBox

  • Aplikasi secara otomatis akan menyesuaikan sinyal IR AC berkat keberadaan fitur Auto-identifikasi.
  • Mudah untuk mengatur temperature selection
  • Bisa digunakan untuk mengatur tinggi atau rendah suhu alarm

Download Aplikasi Electrolux ControlBox

11. ZaZa Remote

ZaZa Remote

ZaZa Remote merupakan aplikasi yang berbasis infra red seperti kebanyakan aplikasi lainnya. Tujuannya agar dapat berfungsi untuk mengontrol perangkat media elektronik salah satunya ialah AC. Perangkat android yang dapat di gunakan untuk aplikasi ini ialah yang memiliki sensor infra red.

Jenis peralatan elektronik rumah tangga yang bisa di fungsikan dengan alat ini ialah AC, Televisi, STB/satelit, Proyektor, DVD, Box, Power Aplifier, SLR dan seterusnya. Keuntungan yang anda dapat dari aplikasi ini bahwa ZaZa remote tetap dapat digunakan meski tanpa jaringan internet.

Fitur Aplikasi ZaZa Remote

  • Selain bisa kamu gunak untuk Ac, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk set TV, Set-top box atau satelit, Proyektor, DVD, Kipas listrik, Kamera SLR dan lainya.
  • Ada dukungan database kode kontrol super besar, yang dapat mendukung peralatan lebih dari 6.000 merek dan 250.000 kode kontrol telah tersimpan di database lokalnya.
  • Memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah digunakan

Download Aplikasi ZaZa Remote

12. Castreal Remote

Castreal Remote

Castreal Remote merupakan aplikasi remote control universal yang dapat digunakan untuk berbagai jenis perangkat elektronik dengan menggunakan android. Untuk dapat mengfungsikan aplikasi ini, smartphone anda harus dilengkapi dengan IR Blaster.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengontrol AC, TV, Media Player, Proyektor, Switcher, Kamera, Karaoke dan Audio Aplifier. Selain itu aplikasi ini juga di lengkapi dengan ribuan kode IR infra yang di dukung oleh beberapa merek terkenal Samsung, Sonny, LG, Panasonic, Sharp dan Toshiba. Saat ini aplikasi Castreal Remote hanya bisa digunakan oleh parangkat android seperti Samsung Galaxy Note 3, S4, S5 atau smartphone lainnya yang dilengkapi dengan IR Blaster untuk mengirimkan sinyal infra merah.

Fitur Aplikasi Castreal Remote

  • Aplikasi ini memiliki database inframerah dengan kode IR untuk banyak merek remote TV terkenal seperti Samsung, SONY, LG, Panasonic, Denon, Marantz, Sharp, Toshiba, JVC, Philips, Hitachi dan banyak lagi.
  • Aplikasi memiliki tampilan yang tepat, sederhana dan intuitif.

Download Aplikasi Castreal Remote

13. AC Mobile Control

AC Mobile Control

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu ialah menginstal AC Mobile Control di Play Store. AC Mobile Control merupakan sebuah aplikasi remote AC yang terpasang di android. Melalui aplikasi ini anda tidak akan khawatir jika kehilangan remote konvensional anda.

Aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu bisa mengontrol AC meskipu anda tidak berada di rumah, tempat kerja, di jalan dan lain-lain. Fitur yang di tawarkan dari aplikasi ini juga menarik anyata lain mampun mengontrol 20 unit dalam ruangan, dapat mengubah modus operasi AC, mengatur kecepatan kipas, mengatur suhu ruangan dan lain sebagainya.

Fitur Aplikasi AC Mobile Control

  • Bisa digunakan untuk mengendalikan lebih dari 20 unit AC dalam satu ruangan;
  • Bisa kamu gunakan untuk mengubah mode operasi AC, baik itu Auto, cool, fan, dry, heat
  • Bisa kamu gunakan untuk mangatur jadwal AC

Download Aplikasi AC Mobile Control

14. Remote CT-Smart Remote

Remote CT-Smart Remote

Remote CT-Smart Remote merupakan aplikasi pengontrol perangkat elektronik yang di desain untuk smartphone anda. Aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh perangkat android yang memiliki sensor infra red sebagai penghubung antara smartphone dengan perangkat elektronik yang ada. Smartphone yang mendukung aplikasi ini antara lain Samsung Galaxy, HTC, LG dan lain sebagainya.

Aplikasi Smart Remote ini dapat anda gunakan untuk mengontrol beberapa perangkat elektronik yaitu AC, TV, Set Up Box, Kamera DSLR, DVD/Bluray Player, Proyektor, Sreaming Boxdan lain-lain. Untuk itu anda tidak perlu membeli remote untuk setiap perangkat elektronik, cukup dengan aplikasi ini anda dapat mengontrol perangkat elektronik yang ada.

Fitur Aplikasi Remote CT-Smart Remote

  • Selain digunakan untuk Ac, aplikasi remote Ac ini juga bisakamu gunakan untuk TV, Settop Box, DSLR Camera, DVD/Bluray Player, Projector, Streaming Box dan masih banyak lagi.

Download Aplikasi Remote CT-Smart Remote

15. AirPatrol-Smart AC Control

AirPatrol

Aplikasi AirPatrol memungkinkan penggunanya untuk dapat mengendalikan AC. AirPatrol ialah sebuah aplikasi yang kompatible untuk semua merk AC. Aplikasi ini memiliki banyak keunikan yaitu selain mengubah modus, mengatur suhu kamar dan mengatur kecepatan kipas angin.

AirPatrol juga dapat menginformasikan tentang suhu kamar rendah, gangguan service dan lain. Sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk anda yang ingin menghemat pengeluaran dan tenaga, karena aplikasi ini dapat mengendalikan AC dimanapun anda berada.

Fitur Aplikasi AirPatrol

  • Memiliki dukungan yang sangat tepat, terutama jika digunakan untuk AC
  • Aplikasi bisa mencari IR sendiri sehingga tak perlu mengatur pada AC apa aplikasi remote ini akan digunakan.

Download Aplikasi AirPatrol

Akhir Kata

Teknologi memang membuat hidup kita jauh lebih mudah. Bahkan membuat kita seolah-olah hidup dengan sangat sederhana. Kehadiran aplikasi remote AC, selain membatu kita jika kehilangan remote AC sebenarnya, ternyata juga bisa membuat kita semakin malas untuk bergerak.