Tips Menggunakan Aplikasi Edit Foto Prisma Untuk Hasil Terbaik

0
53

Jika kamu mampu mengoptimalkan aplikasi edit foto prisma, kamu bakal bisa membuat karya seni yang sejati dengan begitu menyenangkan. Dalam tulisan ini, kamu bisa memahami bagaimana mengoptimalkan aplikasi prisma untuk membuat foto lukisan yang ikonik.  Ada 6 cara dan langkah yang bisa kamu terapkan.

Cara Menggunakan Aplikasi Edit Foto Prisma

Kalau coba kita telisik keberadaan aplikasi edit foto menjadi lukisan, prisma bukanlah satu-satunya aplikasi yang memiliki kemampuan demikian. Ia juga bukanlah aplikasi pertama yang hadir dengan konsep star up seperti itu. Tetapi kemampuan yang dimiliki Prisma menjadikannya salah satu aplikasi terbaik yang akan terus berkembang baik untuk iOS maupun untuk Android. Apalagi kalau kamu memahami beberapa aturan di bawah ini:

1) Hilangkan Watermark

Aplikasi edit foto Prisma

Watermark atau tanda yang melekat pada sebuah karya tertentu. Baik itu foto maupun video. Bisanya digunakan sebagai simbol atau identitas dari asal sesuatu atau pembuat. Nah secara default, Prisma juga menempatkan logo watermark pada bagian bawah sisi kanan pada semua karya seni yang selesai dibuat menggunakan aplikasi edit foto ini. Di satu sisi itu adalah identitas aplikasi tersebut, tetapi disisi lain itu juga mengganggu tau mengurangi nilai seni lukisan yang kamu buat. Rasanya ingin menendangnya jauh dari lukisan.

Jika kamu merasa hal yang sama dengan yang saya rasa, maka ada baiknya kamu hilangkan saja watermark itu. Caranya, buka pengaturan Prisma dengan menekan ikon gigi rantai (gear) untuk kemudian menekan kata Enable Watermarks menjadi off (Setting >Enalble Watermarks ‘off’).

2) Gunakan Foto Favorit Kamu

Aplikasi edit foto Prisma2

Aplikasi edit foto Prisma dilengkapi dengan fungsi kamera built in, meski saya bilang itu cara yang ekstrem jika kamu menggunakannya. Sebab di dalamnya tidak ada fitur HDR, tidak ada kontrol manual. Kamu hanya dapat mengaktifkan lampu flash atau menonaktifkannya. Untungnya, seperti kebanyakan aplikasi  kamu dapat mengimpor foto dari iPhone atau galeri foto iPad, dan juga melalui galeri foto Android. Sehingga kamu dapat masuk dan melihat apa saja yang ada di Play Store kamu. Jadi cara terbaik menggunakan aplikasi prisma adalah menyimpan foto terlebih dahulu di galery.

Sebagai catatan saja, Prisma hanya menggunakan gambar dengan format persegi. Jadi gambar yang kamu simpan dalam bentuk portrait atau landscape harus terlebih dahulu dipotong sebelum kamu import.

3) Jangan Gunakan Prisma Untuk Mengambil Foto Lukisan kamu

Aplikasi edit foto Prisma-3

Seperti yang saya katakan tadi, aplikasi edit foto Prisma memang dilengkapi dengan kamera built in yang bisa kamu gunakan untuk mengambil foto langsung dari aplikasi prisma. Tetapi saya sarankan kamu tidak menggunakannya. Sebab gambar yang dihasilkan aplikasi prisma tidak akan lebih bagus ketimbang kamera bawaan. Kalau kamu ingin hasil yang lebih baik, saya sarankan kamu menggunakan aplikasi khusus untuk kamera baik untuk iOS maupun untuk Android.

Kamu bisa menggunakan aplikasi VSCO jika kamu menggunakan iOS, atau Camera MX dan HD camera jika kamu menggunakan Android. Aplikasi-aplikasi tersebut jauh lebih baik dalam memberikan fokus dan exporuse ketimbang Prisma. Setelah foto terambil, baru kamu improt ke Prisma untuk mengubahnya menjadi karya seni lukisan kamu.

4) Dapatkan efek yang Tepat

Aplikasi Prisma menggunakan algoritma yang dirancang untuk menghasilkan efek seni yang bisa kamu lihat pada tahap akhir. Setelah kamu mulai untuk mengenali bagaimana setiap filter bekerja, kamu akan tahu apa terlihat di sebuah foto dasar.

Tiap-tiap efek yang tersedia itu berbeda, dan cara terbaik untuk menemukan komposisi paling tepat adalah mencoba satu persatu. Tetapi setelah mencoba semua filter yang ada, bagi saya efek ‘contrasy photos’ dengan warna hitam putih yang tajam terbukti cocok untuk semua gambar. Cobalah untuk menghindari efek foto ‘Flat’, sebab akan cenderung menghasilkan sesuatu yang kurang tajam dan hanya akan menghilangkan detail foto.

Juga sebagaimana kebanyakan foto yang harus disusun komposisinya secara hati-hati. Yang pasti, jangan lupa untuk menerapkan teori dasar. Seperti misalnya, cobalah bagi foto menjadi 9 kotak dan cobalah untuk tidak menempatkan foto di tengah, melainkan di mana titik-titik garis 9 kotak itu bertemu. Hal ini jauh lebih menyenangkan untuk dilihat.

5) Pahami Filter Yang Kamu Butuhkan

Aplikasi edit foto Prisma-5

Saya baru tahu ini ketika menulis artikel ini, Prisma ternyata dilengkapi dengan filter yang sangat mengesankan – 34. Bahkan setelah saya menggunakannya beberapa kali penggunaan, saya baru menemukan dan mengidentifikasi filter yang saya butuhkan. Jika kamu belum bisa menemukan filter yang kamu butuhkan, kamu tidak akan bisa mengoptimalkan kemampuan aplikasi edit foto prisma.

MIOBI, Curtain dan Electric, contohnya. Semuanya memiliki gaya Impressionist. Tersedia filter brush stroke yang mampu bekerja pada semua foto yang ingin kamu ubah jadi lukisan. Filter Heisenberg juga merupakan filter keren yang mampu menghadirkan filter sketsa berwarna hitam putih mencolok. Filters seperti Mondrian and Impression adalah salah satu filter yang jarang digunakan aplikasi lain.

Seperti yang saya katakan pada nomor 4, cara terbaik untuk menemukan filter terbaik adalah praktek dan praktek. Silakan aplikasikan sendiri. Nah, kamu juga bisa menggunakan aplikasi edit foto lain untuk mengubah foto kamu ke berbagai bentuk di:

6) Jangan Paksa Pakai Intensitas

Aplikasi edit foto Prisma-6

Tips berikutnya untuk aplikasi edit foto prisma, adalah kenyataan bahwa tiap-tiap intensitas yang ada di filter Prisma dapat kamu atur dengan mengeser ke kanan dan ke kiri. Filter paling baik adalah dengan menerapkan intensitas yang tinggi, tetapi pada beberapa foto seperti pada Roland dan Flame Flower, lebih menguntungkan jika kamu pilih tingkat intensitas yang sedikit lebih rendah. Tak usah khawatir bila terlihat halus.

Kesimpulan

Kunci terbaik untuk menggunakan aplikasi edit foto Prisma menghasilkan karya seni yang monumental adalah praktek dan praktek. Tidak ada hal yang lebih baik untuk memahami sesuatu selain praktek. Dan jangan lupa, bagikan karya-karya kamu melalui media sosial atau melalui Flickr.