3 Cara Mengembalikan File, Foto Dan Data Penting Yang Terhapus Di Android

0
140

3 Cara Mengembalikan File Foto Dan Data Penting Yang Terhapus Di Android -Kadangkala, tanpa pikir panjang kamu menghapus sesuatu yang penting di smartphone-mu. Entah karena tak sengaja atau memang pada saat itu kamu berpikir file itu tak penting. Di lain waktu, ternyata kamu membutuhkannya.

Kejadian ini tentu sering dialami oleh pengguna Android secara umum. Karena kondisi yang tak nyaman pada saat tertentu, kamu menghapus sebuah file. Foto, rekaman video, atau bahkan file-file lainnya. Yang lebih bahaya, kamu salah menghapus file.

Apabila hal tersebut terjadi, maka ada baiknya segera mematikan koneksi internet. Hal ini bertujuan agar tidak da data baru yang masuk atau bahkan dikirm ke server. Yang perlu digaris bawahi, file yang kamu hapus tidak benar-benar hilang di dalam Android.

Bilamana sudah kamu lakukan, maka kamu ikuti beberapa panduan berikut ini:

Recuva

Bagaimana Cara Mengembalikan File Foto Dan Data Penting Yang Terhapus Di Android

Aplikasi ini merupakan pilihan pertama untuk mengembalikan data di Android yang terhapus. Recuva bukan merupakan aplikasi Android. Ia merupakan aplikasi khusus untuk PC. Artinya, kamu butuh yang namanya PC.

Selain itu, apabila Androidmu belum pernah di-root, maka cara ini sangat cocok sekali. Untuk memulainya, silahkan:

  • Download aplikasi di sini.
  • Pilih mana yang kamu butuhkan, berbayar atau gratis.
  • Setelah itu, instal dan jalankan program Recuva.
  • Hubungkan Android dengan PC. Hubungkan menggunakan kabel USB dengan jenis koneksi
  • Mass Storage Device. Catatan, apabila file yang terhapus ada pada SD card, maka ada baiknya hubungkan saja SD Card menggunakan adapter, tanpa smartphone.
  • Lanjut, buka Recuva. Silahkan pilih jenis file yang sudah kamu rindukan. Bisa berupa file itu, kamu pun bisa menyelematkan file yang terhapus berdasarkan lokasi atau folder penyimpanan. Apabila sudah, maka aplikasi Recuva akan mulai mencarinya.
  • Apabila file sudah ditemukan, silahkan simpan file ke lokasi yang berbeda dengan lokasi sebelumnya. Akan lebih baik bilamana kamu menyimpannya di hard disk PC. Hal ini guna menjauhkan file dari kerusakan apabila SD Card dikembalikan ke smartphone.
  • Kembalikan SD Card ke smartphone. Apabila semua sudah seperti biasanya, barulah pindahkan atau salin file ke perangkat Android.

Yodot Recovery

cara mengembalikan file yang terhapus di memory internal android

Aplikasi kedua dari 3 Cara Mengembalikan File Foto Dan Data Penting Yang Terhapus Di Android, yaitu Yodot Recovery. Meski sederhana, jangan remehkan kemampuan program yang satu ini.

Sama seperti program sebelumnya, Yodot akan menampilkan preview beberapa file. Mulai dari foto, video, dan lagu. Hal ini sangat cocok guna mengetahui situasi dan kondisi file yang terhapus. Apakah bisa diselamatkan atau tidak.

Apabila sudah tak tahan ingin menggunakan Yodot, caranya yaitu mulailah dengan:

  • Download aplikasi Yodot Recovery di sini. Yodot bukanlah aplikasi smartphone, melainkan aplikasi untuk PC. So, kamu membutuhkan bantuan PC.
  • Apabila proses download selesai, silahkan instal program langsung ke PC.
  • Sebelumnya, aktifkan mode USB Debugging di Android. Apabila sudah, mulai hubungkan dengan PC menggunakan kabel USB.
  • Selesai menghubungkan, buka aplikasi Yodot Recovery. Pilih opsi Deleted file recovery atau Lost file recovery.
  • Pilih lokasi penyimpanan file yang terhapus. Bisa di memori internal atau di SD card.
  • Apabila sudah, Yodot akan melakukan pencarian.
  • Bilamana proses ini sudah selesai, maka hasil pencarian akan ditampilkan di layar.
  • Pilih mana file yang ingin kamu selamatkan.
  • Selesai memilah dan memilih, Yodot Recovery akan mengembalikan file tersebut ke tempat asalnya. Tidak jarang aplikasi ini membutuhkan waktu, tergantung ukuran file yang dikembalikan.

Cara Mengembalikan File Foto Dan Data Penting Yang Terhapus Di Android: Dumpster

cara mengembalikan file, foto dan data-data yang terhapus di android

Namanya memang tak asing. Dumpster merupakan program selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembalikan file yang hilang atau bahkan terhapus. Bahkan, aplikasi yang kamu hapus pun bisa diselamatkan oleh program ini.

Satu keunggulan Dumbster lainnya, program ini mampu mencegah terjadinya kesalahan menghapus. Caranya, dengan menyediakan lokasi penghapusan sementara.

Fungsinya hampir mirip dengan Recycle Bin di PC Windows ataupun Trash Can di Mac. Ketika kamu menghapus sebuah file, program ini akan menempatkan file tersebut ke sebuah folder. Folder tersebut khusus dibuat oleh Dumpster.

Yang menyenangkan lagi, semua jenis file sudah didukung Dumpster. Mulai dari gambar, video, audio, dokumen, file APK, file VCF, halaman web HTML, dan lain-lain. Tertarik menggunakannya? Silahkan download langsung melalui Google Playstore atau melalui link ini.

Itu tadi 3 Cara Mengembalikan File Foto Dan Data Penting Yang Terhapus Di Android. Mana yang menarik untuk dicoba?